Berbisnis di Tengah Pandemi? Berikut 4 Tips Mempertahankan Bisnis yang Perlu Kamu Tahu!

Berbisnis di tengah pandemi? Yes or No?

Hampir semua sektor yang bergerak di bidangnya masing-masing tentunya terkena dampak akibat pandemi Covid-19 ini. Bagaimana tidak, banyak pihak yang pada akhirnya mengalami PHK karena tidak mampu untuk bersaing dan mempertahankan bisnisnya.


Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya, sedangkan kebutuhan harus terus terpenuhi. Sebagai pelaku usaha, saya pribadi merasa was-was dan khawatir terhadap kelangsungan usaha yang saya miliki. Pasalnya kondisi saat ini tidak segera membaik, dan entah sampai kapan wabah ini akan berakhir. Namun, kita juga tidak mungkin berdiam diri saja, justru di tengah pandemi seperti sekarang ini kita dituntut untuk lebih kreatif untuk menciptakan peluang bisnis.

Karena banyak karyawan yang dirumahkan, pada akhirnya mereka mencari peruntungan lain dengan memulai buka usaha. Karena kita berada di masa sekarang, berbagai ide diciptakan agar dapat menghasilkan uang demi keberlangsungan hidup yang serba sulit ini. Namun, kita harus memiliki ide yang kreatif untuk bisa bersaing di masa pandemi ini. Begitu juga bagi kita yang sudah memiliki usaha harus terus berinovasi agar bisa bertahan dan berkembang.

Berbisnis di Tengah Pandemi?

Menghadapi situasi seperti sekarang ini, membuka usaha secara mandiri banyak menjadi pilihan bagi kita, namun karena pandemi yang kita tidak pernah tahu kapan akan berakhir, memaksa kita untuk melakukan riset dan analisis bisnis apa yang cocok dengan kita agar bisa bertahan di tengah pandemi ini.

Nah, melihat kondisi ini, beberapa waktu lalu aku nonton instagram Live Home Credit Fun Talk #AyoMajuBersama dengan narasumber host Kondang Omesh dan dipandu oleh Kak Bernard dengan tema "Pertahankan Bisnis di Saat Krisis". Obrolan yang sangat bermanfaat bagaimana agar bisnis usaha kita tetap bertahan di tengah pandemi.


Omesh mengatakan bahwa akibat dari pandemi ini, bisnis usaha yang dijalankannya terkena dampak yang cukup besar. Ternyata Omesh ini, selain jadi publik figur, dia juga punya banyak usaha bisnis lho! Siapa diantara kalian yang baru tahu seperti saya? Ternyata selain di dunia hiburan, seorang Omesh sudah merambah menjadi seorang Enterpreneur, bisnis yang dimilikinya antara lain ada Tigrehood, Kunafe di Bandung yang bergerak di bidang kuliner, bahkan Kak Omesh juga sukses dengan kanal siniar (podcast) Podkesmas (Podcast Kesehatan Masyarakat) yang ditujukan untuk membahas semua hal dibalik layar, baik televisi maupun radio yang dikemas dengan gaya ala tongkrongan.

Sebagai pemilik usaha, tentu saja di tengah pandemi ini bisnis yang dijalani Omesh memiliki dampak. Terutama untuk bisnis pariwisata yang dimilikinya, bahkan usahanya ini sempat tutup selama 2 bulan. Namun, Omesh tak mau menyerah, dia terus berusaha dan bangkit agar bisnis usahanya dapat terus berjalan. 

Dalam menjalankan bisnisnya ini Omesh memang tidak main-main lho! Bahkan dia bersama sang istri sudah memiliki rencana untuk sekolah lagi di bidang bisnis, dan Omesh juga ingin memiliki Tim HRD agar bisa mengelola SDM dengan baik. Karena penting bagi pemilik usaha untuk memikirkan kesejahteraan karyawannya.

Omesh juga bercerita, bahwa di era sekarang ini kita harus benar-benar dapat memanfaatkan platform digital dengan baik. Usahakan agar kita bisa melakukan interaksi dan dapat mempromosikan produk usaha kita. Omesh juga berpesan jika kita menjadi influencer bagi produk kita, maka jadilah influencer yang baik. Agar masyarakat luas banyak yang mengetahui dan akhirnya membeli produk kita.

Baginya menjadi seorang enterpeneur itu bukan hanya memiliki modal, tapi kita harus pelajari, persiapkan dan perhitungkan dengan baik agar usaha kita dapat berjalan dan bersaing dengan pemilik usaha lain. Terlebih lagi di tengah kondisi pandemi sekarang ini, bagaimana seorang Omesh dapat menjalankan usaha bisnisnya di tengan pandemi Covid-19?

Berikut 4 Tips Mempertahankan Bisnis yang Perlu Kamu Tahu!

Bagaimana cara agar bisnis kita dapat berjalan dengan lancar dan berkembang dan bisa meningkatkan perekonomian, berikut ini tipsnya :

1. Jalani Bisnis yang sesuai dengan Passion
2. Pelajari dan persiapkan rencana bisnis dengan sebaik mungkin
3. Cari referensi dan ide-ide baru di Internet 
4. Gunakan media sosial untuk mempromosikan usaha kamu

Jujur, menyaksikan acara Fun Talk Home Credit bersama Kak Omesh ini bener-bener seru lho! Meskipun tema yang dibahas itu cukup berat, tapi dibawakan dengan menarik, dan Omesh juga membagi pengalaman dan ilmunya tentang berbisnis dengan asik. Pokoknya banyak insight baru yang saya dapatkan tentang dunia bisnis. Hemm.. Jadi, nggak sabar pengen ikutan Fun Talk bersama Home Credit lagi minggu depan.!

Nggak cuma itu ajah, Home Credit juga bagi-bagi voucher belanja untuk yang menonton instagram Live Fun Talk #AyoMajuBersama. Trus kamu bisa nanya-nanya langsung seputar tema. Serru nggak tuch, ilmunya dapet, traktiran buat jajan akhir bulan juga dapet!




Tidak ada komentar

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat