Thursday, April 5, 2018

Tidur Sehat Berkualitas dengan Matras Serta

Matras Serta Always Comfortable

Tidur menjadi kebutuhan setiap orang, namun tak semua menyadari pentingnya tidur yang baik. Masih sedikit orang yang perduli pada waktu tidur yang sehat dan berkualitas. Padahal tidur adalah salah satu aktifitas yang penting untuk kesehatan. Tidur yang cukup dapat membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan.

Bagaimana supaya kita bisa mendapatkan tidur yang berkualitas? Tidur yang sehat dan berkualitas bukan dari berapa lama kita tidur. Melainkan manfaat tidur secara sehat dan berkualitas dimulai dari pukul 9 malam, ini adalah waktu yang sangat ideal untuk beristirahat. 

Secara garis besar, tidur pada manusia dibagi menjadi 2 tipe, yaitu tidur REM (Rapid Eye Movement) dan tidur non-REM (NREM), berikut tahapan-tahapan dalam fase tidur :

Fase Tidur Non Rem (NREM)

Non rapid eye movement terbagi menjadi 4 tahapan, yaitu N1-N4  

  • N1 - dimulai saat kita mulai tidur dan berlangsung dalam waktu yang sangat singkat, sekitar 5 menit. Pada fase ini mata bergerak sangat lambat di bawah kelopak, aktifitas otot menurun, dan pada tahap ini kita sangat mudah terbangun.
  • N2 - tahap ini bisa dikatakan sebagai tahap awal saat kita benar-benar tidur, dan berlangsung antara 10-30 menit. Pada tahap ini otot tubuh menjadi sangat rileks, aktifitas otak lebih lambat, gerakan mata berhenti, detak jantung melambat dan temparatur tubuh menurun.  Pada tahap ini seseorang agak susah untuk terbangun.
  • N3 dan N4 - kedua tahap ini merupakan tahap paling dalam dalam tidur NREM. Biasanya akan sangat sulit terbangun pada fase ini, apabila terbangun kita akan mengalami disorientasi serta membutuhkan penyesuaian selama beberapa menit. 
Nah, selama tahap tidur lelap (deep sleep) pada fase NREM, tubuh akan meregenerasi dan memperbaiki sel-sel tubuh, serta memperkuat sistem imun tubuh.

Fase Tidur REM

Fase REM biasanya terjadi 70-90 menit setelah kita tertidur, fase tidur ini lebih dalam dari NREM. Selama fase REM ini, biasanya mata bergerak-gerak dan napas menjadi lebih tidak teratur, aktifitas otak dan ritme detak jantung juga meningkat. Kalau kalian sering bermimpi, biasanya terjadi pada fase ini. Namun, otak melumpuhkan otot-otot tubuh, khususnya tangan dan kaki, sehingga badan kita tidak ikut bergerak saat bermimpi.

Supaya kita bisa tidur nyenyak dan mimpi indah, ternyata ada cara-caranya kok yang bisa kita lakukan, yang penting kita jangan asal tidur. Maksudnya tidur asal yaitu tidur dalam posisi kecapean, karena dalam posisi kecapean biasanya otak masih bekerja keras untuk mengembalikan kondisi tubuh ke tingkat relaks. 

Selain itu posisi tidur yang benar juga ikut menentukan lho, alih-alih bangun tidur bukan merasa segar, justru tubuh malah merasa lelah dan sakit. Oleh karena itu berikut posisi tidur yang benar supaya kita terhindar dari berbagai keluhan sakit :

  • Sakit Leher, posisi terbaik yaitu letakkan bantal di bawah leher, tidur terlentang atau balikkan badan ke samping
  • Sakit Bahu, posisi terbaik, tidur telentang dan letakkan bantal peyangga di bahu
  • Sakit Pinggang, ini yang sering saya alami juga, jadi posisi yang bagus untuk yang sering mengalami ini yaitu tidur telentang dan lettakkan bantal di belakang lutut
  • Sakit Sendi Rahang atau Pusing, jika sering merasakan pusing, sebaiknya posisi tidur telentang dengan tangan di sebelah kiri dan kanan tubuh, dan letakkan bantal yang pas untuk menopang area rahang
  • Sakit Pinggul, salah satu yang sering dialami juga oleh banyak orang, nah posisi terbaik yaitu tidur miring dengan menjepit bantal di antara kedua lutut.

Yukk, agar tidur kita lebih berkualitas, salah satu solusinya yaitu dengan matras terbaik untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman. Posisi tidur yang nyaman bisa kita peroleh dengan kasur, bantal, dan guling yang nyaman pula. Jika saat ini tempat tidur kita kurang nyaman, coba dech matras Serta.

Mengapa Serta

Serta memberikan lebih dari apa yang kita harapkan, jadi nggak heran Serta berhasil meraih posisi paling bergengsi sebagai merek matras no. 1 di Amerika Serikat. Ketika saya melihat dan merasakan sendiri matras Serta, di acara Blogger Gathering yang mengangkat tema The Essentials of Healthy Lifestyle, yang berlokasi di Living Soul Butik Plaza Indonesia Jakarta, pada hari rabu tanggal 21Maret 2018.

Selain pentingnya tidur, asupan makanan yang bernutrisi serta relaksasi tubuh juga ikut mendukung agar tidur kita menjadi sehat dan berkualitas. So, dalam acara ini hadir para pembicara yang ahli di bidangnya masing-masing, yaitu : Bapak Mukti, Argo-Group Brand Manager Pt. Duta Abadi Primantara (DAP), Alvin hartanto, Nutritionist dan Mba Diana Elsa, Yoga Expert dan Hypnotherapist.

All Narasumber
The Essentials of Healthy Lifestyle

Tujuan kita tidur pastinya selain melepas rasa lelah, tidur juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan mental emosional dan kesehatan. Tidur juga merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang secara berulang-ulang, oleh karena itu hadirnya Matras Serta akan membuat kita merasakan tingkat kenyamanan yang belum pernah kita rasakan.

Ketika saya melihat bagaimana lembut dan cantiknya tekstur permukaan kain pada Serta, kita akan menyadari bahwa ini bukanlah sekedar produk, melainkan sebuah tempat, sebuah sarana yang ideal dimana kita dapat merebahkan tubuh setelah lelah beraktifitas seharian. Jadi ketika kita bangun esok hari maka kita akan kembali menikmati segala kebaikan dalam hidup ini dengan penuh semangat.

"Karena matras Serta bukanlah tentang seberapa banyak fitur yang ada di dalamnya, melainkan semua ini tentang diri kita. Apa yang kita rasakan ketika beristirahat di atasnya, dan apa yang kita rasakan ketika kita bangun di pagi hari..."

Keunggulan Matras Serta

Serta merupakan merk spring bed yang sangat populer di Amerika Serikat, dan merupakan salah satu pemimpin pasar (market leader) untuk kategori matras premium. Dalam perjalanannya, Serta telah berhasil mendapatkan beberapa pengakuan bergengsi, antara lain :

Matras Nomor 1 di Amerika Serikat, Most Recommended dari Women's Choice Award, Best Buy (Consumers Digest). Penghargaan sebagai produsen matras Nomer 1 di Amerika Serikat merupakan suatu bukti atas unggulnya seluruh jajaran  produk Serta dibandingkan dengan merk-merk premium lainnya.

Desain Serta yang Minimalis, Modern
dan Elegan

Material yang dipilih dan dipakai untuk membuat kasur Serta adalah bahan yang terbaik dan di buat dengan sangat detail. Oleh karena itu Serta dapat menjanjikan tidur kita menjadi lebih lelap dan pulas setiap malamnya.


Desain

Dibuat dengan desain minimalis dan modern, dengan lekuk yang elegan, tidak berlebihan namun tetap memancarkan aura kenyamanannya. Selain itu juga matras Serta dibalut dengan kain yang sangat lembut, memiliki banyak ventilasi dengan tekstur yang sangat memukau.

Sehingga kasur Serta selain terlihat mewah, dan menarik saja tapi benar-benar enak untuk tidur.


Fitur-Fitur Unggulan Matras Serta

1. Teknologi Cool Comfort
Pada permukaannya, Serta dilapisi oleh busa yang disebut Visco Elastic Comfort Layer. Dimana busa ini merupakan busa yang pada awalnya dibuat oleh NASA (badan Antariksa Amerika Serikat) untuk memberikan kenyamanan paling sempurna untuk bagian tempat duduk kokpit

Manfaatnya, tidur kita akan lebih nyaman, karena busa ini dapat mengikuti setiap sudut dan lekuk tubuh kita dengan lebih sempurna dibandingkan dengan busa manapun. 

2. Pocketed Spring System
Susuna pegas yang memiliki fungsi utama untuk menopang tubuh kita dibuat dengan adanya teknologi pocket. Pada teknologi ini, seluruh pegas dibungkus secara individual dalam suatu kantong khusus yang fleksibel.

Manfaatnya, karena masing-masing pegas ini dibungkus, maka pegas dapat bekerja secara mandiri sesuai dengan tekanan yang ada. Jadi kalau biasanya matras yang lain ketika ada orang lain yang tidur disebelah kita maka kita akan ikut merasakan gerakannya juga. Namun, pegas pada matras Serta membuat kita tidak akan merasakan gerakan pegas-pegas pada sekelilingnya.

  • Susunan pegas memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengikuti lekuk tubuh kita
  • Pegas lebih responsif dalam mengikuti perubahan posisi tidur dan memberikan respon sesuai yang diperlukan oleh tubuh kita
  • Permukaan tempat tidur menjadi lebih stabil dan bebas getaran

3. Smart Foam Guard + Foam Encasement
Pada sekeliling matras Serta dilapisi oleh busa keras yang memiliki daya tahan tinggi.

Manfaatnya, lapisan ini berfungsi sebagai rangka untuk memperkokoh bagian pinggir pada matras. Jika dilihat dari segi kenyamanan, fitur ini juga membuat spring bed Serta lebih nyaman ketika kita duduk di bagian permukaan bagian pinggir.


Jika pada matras lain tanpa fitur ini maka ketika kita duduk di bagian pinggirnya maka akan membuat permukaan matras melandai ke bawah, karena tidak ada penyokong pada bagian tepiannya.

4. Airflow Technology

Teknologi ini spesial diciptakan untuk memampukan matras kita kemampuan "bernapas", saat kita tidur, suhu atau temperatur tubuh kita juga turun, sehingga selama proses ini tubuh kita akan menjadi lebih lembab.

5. Natural FIT Technology

Setiap matras Serta di desain secara unik dengan pola-pola jahitan yang disebut dengan Natural Fit, sehingga memiliki sifat yang elastis dan mampu untuk melebar dan mengerut mengikuti lekuk tubuh dan gerakan kita.

Manfaatnya, dengan teknologi ini akan membungkus tubuh kita dengan harmoni yang tepat pada setiap lekuk tubuh.

Fitur-Fitur Keunggulan Matras Serta

Fitur-fitur yang ada pada Serta bukan hanya ingin membuat kalian terkesan di atas tulisan saja, tetapi juga kita benar-benar bisa menghabiskan setiap malam untuk beristirahat di atasnya. So, Wake Up Feeling Fresh Ready for Everything


Pentingnya Tidur Bagi Nutrisi 
dan Kesehatan Tubuh

Tidur tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik saja, tetapi juga mempengaruhi mental, kejiwaan dan suasana hati. Biasanya orang yang cukup tidur terlihat lebih fresh, semangat, fokus, sehat dan bertenaga ketika melakukan aktifitas. Berbeda dengan orang yang kurang tidur akan terlihat lesu, lemas, sering menguap, tidak fokus dalam bekerja.

Alvin Hartanto Seorang Nutritions

Bagi orang dewasa, waktu yang normal untuk tidur adalah 7 sampai 8 jam sehari. Alvin Hartanto sebagai seorang nutritions sekaligus penulis buku diet juga memberikan penjelesan bahwa tidur, makanan dan olahraga penting untuk menjaga pola hidup sehat kita. Menurutnya orang yang cukup tidur dengan orang yang kurang tidur sangat kentara dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Berikut beberapa manfaat tidur bagi kesehatan :

  • Meningkatkan Kreatifitas dan Inspirasi, biasanya bagi orang yang sudah berpikir keras dan dihadapi dengan buntu bahkan tidak memiliki solusi, maka tidur yang cukup membuat pikiran menjadi lebih fresh, segar dan juga jernih jadi bisa membantu mengurangi depresi.
  • Mencegah Stress, Bagi orang yang kurang tidur seringkali stress karena pikiran tidak jernih dan dipaksa untuk selalu fokus. Oleh karena itu dengan pola tidur yang baik dan cukup dapat mencegah kita dari rasa stress.
  • Istirahat Fisik (otot,sendi dan tulang), ketika kita tidur maka otak akan melumpuhkan otot-otot tubuh kita khususnya tangan dan kaki.
  • Istirahat Organ, ketika tidur adalah waktu yang tepat untuk organ-organ dalam tubuh kita untuk beristirahat.
  • Meningkatkan hormon pada tubuh
  • Meremajakn sel-sel di tubuh
  • Memberikan efek Self Healing
Bagi kalian yang sering bergadang dan kurang tidur jangan anggap remeh hal tersebut, karena tentu saja kebiasaan ini akan membahayakan untuk kesehatan tubuh kita, mulai dari mata merah, kurang energi, dan sering merasa sakit kepala, selain itu juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan dapat mempengaruhi prokdutivitas sex akibat penurunan hormon.

Tips Tidur Cepat di Malam Hari

Terkadang saat mata begitu ingin terpejam, seringkali pikiran mengembara dan menyebabkan kita menjadi susah tidur. Oleh karena itu, sebaiknya kita melakukan beberapa tips dibawah ini :

- Hindari kafein di atas jam 4 sore
- Mandi dengan menggunakan air hangat
- Suhu ruangan kamar yang tepat
- Hindari olahraga di malam hari
- Hindari cahaya atau blue light
- Saat tidur pastikan 100% lampu kamar padam

Bagi kalian yang mengidap insomnia dan jika kondisi ini terjadi terus menerus akan berpotensi melemahkan daya tahan tubuh kita. Untuk menghilangkan kebiasaan ini Mba Diana seorang Yoga Expert dan Hypnoterapist mengajak seluruh undangan yang hadir pada hari itu untuk melakukan hypnoterapi yang dilakukan pada diri sendiri dengan menggunakan pendulum atau yang lebih dikenal dengan bandul.

Diana Elsa Yoga Expert
dan Hypnotherapist

Bandul yang diberikan oleh Mba Diana ini ukurannya kecil dan lumayan ringan, cara kerja dari bandul ini sendiri hanya bisa bergerak ke arah kanan atau kiri dan berputar baik cepat atau pelan sesuai dengan komunikasi pikiran bawah sadar kita.

Mba Diana mengatakan hypnoterapi sebenarnya teknik menghipnotis diri sendiri, ketika kita ingin melakukan self-hypnosis ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, sebaiknya lakukan untuk satu tujuan, karena kita akan menanamkan sugesti pada alam bawah sadar dengan melakukan pengulangan. 

Setiap orang dapat melakukan hipnoterapi sendiri asalkan tahu caranya, yang penting buatlah  diri kita senyaman mungkin, terutama menjelang tidur dan saat bangun tidur. Bayangkan hal-hal yang menyenangkan atau afirmasi yang positif.

Buat kamu yang sering merasakan sulit tidur, cobalah melakukan self-hypnosis dimulai dengan duduk atau berbaring di atas kasur dengan posisi yang nyaman sampai tidak ada ketegangan pada otot-otot tubuh kita. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung lalu buang atau hembuskan melalui mulut, lakukan hingga beberapa kali.

Tenangkan diri dan bernapas biasa kembali tanpa harus diatur, buat nyaman setiap bagian tubuh kita mulai dari kaki sampai ke kepala, kemudian dari kepala sampai ke kaki. Lakukan relaksasi ini terus sampai tubuh betul-betul santai.

Setelah terasa rileks, lakukan visualisasi (membayangkan atau mengingat hal yang menyenangkan) dengan menggunakan bendul, menurut Mba Diana, bendul ini hanya sebagai perantara saja, sambil menggerakan bandul sesuai dengan intruksi alam sadar kita, lepaskanlah rasa kecemasan dan ketakutan yang ada dalam diri kita.

Lakukanlah self talk bisa diucapkan secara perlahan-lahan atau dalam hati saja,  "saya akan tidur nyenyak sepanjang malam ini dan terbangun esok pagi dalam keadaan segar" secara berulang-ulang semampu kita, hingga kita jatuh tertidur tanpa sadar lagi.

Siapa sangka ternyata hypnoterapi pada diri sendiri dengan menggunakan bandul ini pertama kalinya saya lakukan, dan tak meyangka ternyata si bandul benar-benar bergerak sesuai dengan perintah alam bawah sadar kita. Sungguh pengalaman yang seru dan menyenangkan. 

Terima kasih untuk undangannya Serta, ilmu yang diberikan sangat banyak dan bermanfaat. 

Tidur adalah Awal untuk Memulai Hari


17 comments:

  1. Self talk membuat alam bawah sadar mengikuti setiap kata yang kita ucapkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupp Mpo, asal kita konsentrasi dan rileks dech.

      Delete
  2. Tidur dan k bangun tidur membuat kita semangat menjalani aktivis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi semangat beraktivitas kalau tidurnya berkualitas ya Mpo.

      Delete
  3. kalo udah sakit leher akibat salah tidur tuh memang gak enak ya. Perlu matras yg empuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba, aktifitas kita juga jadi terganggu dech! Nah, salah satu solusinya pilih matras yang tepat ya Mbaa.

      Delete
  4. baca postingannya sambil ngebayangin tidur di SERTA. Andai punya matras seperti ini jadi tidur bisa nyenyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nabung dulu ya Mba buat punya matras ini, Aku pun kepengen punya, modelnya minimalis, modern dan yang paling penting bagus buat kesehatan tubuh kita.

      Delete
  5. Aku sering ga bisa tidur mbak... Kalau tidur di serta ini bisa nyaman kali ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh, coba terapin hypnoterapy sebelum tidur dech Mba, biar bisa tidur yang nyenyak dan berkualitas.

      Iya, makin nyenyak euy kalau tidurnya di matras Serta ini.

      Delete
  6. Tiduran bentar aj udah berasa enaknya matras serta. Hehee. Sementara pakai bantal serta dulu. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai bantalnya ajah udah nyenyak ya Mba, apalagi kalau punya matrasnya, duchh makin males bangun tidur dechh.. Heheheh

      Delete
  7. teknologi cool comfortnya menarik nih. jadi pengen cobaaaa huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuu Mbaa, dicoba-dicoba biar tidurnya semakin berkualitas.

      Delete
  8. Kasurnya mahal,, jadinya nyaman :)
    Pasti nyenyak ya bobo di sini, jadi kepengen punya juga saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada harga, ada kualitas pastinya ya Mba.

      Hayuukk Mba Nisaa dibeli, sementara ini aku baru punya bantalnya dulu, semoga matrasnya menyusul. Aamin

      Delete
  9. Wahh harganya bikin nabung dulu berapa tahun nih, tapi sesuai dgn kualitasnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat