Friday, April 13, 2018

Colour to Life : Mewarnai Menjadi Menarik karena Terhubung Dunia Digital dari Faber-Castell

Coloring Boon
dan Connector Pen Set 20

Mewarnai, siapa yang tidak suka dengan kegiatan yang satu ini. Tak hanya disenangi oleh anak-anak saja tetapi kita yang orang dewasa pun menyukainya. Apalagi saat ini teknologi sudah semakin berkembang. Sehingga kegiatan yang konvensional seperti mewarnai dapat digabungkan dengan dunia digital Lho! Wuihh sound great..!

Jika anak-anak generasi 80an masih bisa menikmati permainan yang bersifat di luar ruangan, mungkin di era sekarang ini sudah banyak pergeseran, anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu mereka di dalam rumah dan asik bermain dengan gadget mereka.

Salah satu penyebabnya bisa jadi karena ruang gerak untuk mereka bermain sudah jarang, sudah beralih fungsi menjadi bangunan dan gedung-gedung bertingkat. Meskipun begitu, sebagai seorang ibu, saya tidak ingin putri kami terlalu ketergantungan dengan gadget.

Solusinya, kami harus membatasi penggunaan smartphone dan menemaninya. Kebiasaan anak-anak ini rupanya menjadi perhatian khusus bagi Faber-Castell.


Menggabungkan Seni Konvensional dengan Teknologi Digital Melalui Produk Colour to Life (CTL)

Sebagai salah satu produsen alat tulis terbesar dan tertua, Faber Castell terus melakukan inovasi dalam produk-produk terbaik mereka. Salah satu inovasinya adalah menggabungkan seni konvensional dengan dunia digital melalui Colour to Life, menjadikan kegiatan mewarnai menjadi lebih seru.

Nggak percaya? Pada hari sabtu, tanggal 7 April 2018 saya berkesempatan hadir di acara Launching Colour to Life (CTL) bertempat di Gramedia Central Park, Jakarta Barat. Hadir pada acara launching ini,
  • Bapak Yandramin Halim-Managing Director PT Faber-Castell International Indonesia. 
  • Bapak Richard Panelewen-Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia.
  • Ibu Nia Perwakilan dari Pihak Gramedia Central Park.
Sebenarnya apa Colour to Life? Colour to Life adalah memadukan antara menggambar secara konvensional dengan kemajuan teknologi Augmented Reality (AR) melalui produk Colour to Life (CTL).

         Bapak Yandramin Halim

Lebih jelasnya Bapak Yandramin selaku Managing Director PT Faber-Castell International Indonesia menjelaskan, bahwa penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) ini setelah anak-anak mewarnai dalam buku gambar yang di dalamnya sudah ada beberapa karakter akan bergerak dan menjadi lebih hidup.

Setelah objek diwarnai dengan warna-warna yang cerah, aplikasi Colour to Life ini memiliki kelebihan yaitu, karakter tersebut bisa kita gerakan, bisa diperkecil dan diperbesar, selanjutnya karakter tersebut kita foto dan berselfie ria. Tak hanya itu, kelebihan lainnya karakter yang telah kita warnai tersebut bisa dijadikan objek dalam game. Aihh serunyaa..!

Tentu saja anak-anak zaman now pasti menyukainya, apalagi aplikasi ini menggabungkan dengan dunia digital, yang keberadaannya tidak bisa kita elakan, bahkan kedepannya pasti akan terus dominan dan semakin berkembang. Tapi, tak perlu khawatir meskipun menggabungkan dengan dunia digital, game yang telah disediakan ini justru berfungsi untuk melatih stimulasi dan melatih konsentrasi anak-anak.

Jadi ini bukanlah game yang akan membuat anak-anak menjadi kecanduan, lebih tepatnya mengajak anak-anak untuk menjadi lebih kreatif dan menikmatinya. Saya sudah mencoba mewarnai dan menggabungkannya dengan teknologi, dan benar ternyata orang dewasa saja sangat senang menggunakannya. Maklum zaman saya kecil dulu belum ada yang kaya gini..

Cara Menggunakan Aplikasi Colour to Life

Supaya kegiatan mewarnai tidak monoton dan membosankan, langkah yang harus kita lakukan yaitu, mewarnai seperti biasa selanjutnya download aplikasi Colour to Life ini di Appstore dan Google Playstore. 

Lalu aplikasi Colour to Life tersebut dihubungkan dengan buku gambar yang telah kita warnai, pindai kemudian mainkan. Melaui aplikasi ini anak-anak jadi memiliki kontribusi terhadap game yang dimainkan olehnya. Produk ini benar-benar bisa menjebatani kegiatan analog dan digital, jadi anak-anak bukan hanya sibuk tok main gadget saja.

Produk Colour to Life dari Faber-Castel ini terdiri dari buku gambar sebanyak 15 lembar, dan connector pen sebanyak 20 buah. Perlu diperhatikan juga pada saat mewarnai, bagian bingkai gambar tak perlu diwarnai, karena bingkai tersebut sebagai scan agar foto dapat terbaca pada aplikasi.



Serunya lagi aplikasi ini bisa digunakan secara offline lho! Jadi nggak perlu khawatir untuk memikirkan kuota internet kita, tetep aman qo, hanya dibutuhkan saat mengunduh aplikasinya saja.

Lantas, apa manfaat yang diberikan dari game yang ada dalam aplikasi ini?

Manfaat Game pada Aplikasi Colour to Life

Menurut Bapak Richard, yang merupakan sebagai Product Manager PT Faber-Castel International Indonesia mengatakan dalam aplikasi ini memiliki 5 game, yaitu :
  1. Giddy Up
  2. Pogo Boy
  3. Dress Up Challenge
  4. Balance your Brain, dan
  5. Safe Flight
Bapak Richard Panelewen (kiri)
dan Bapak Yandramin Halim (kanan)

5 game ini ada di dalam buku gambar yang memiliki karakter dan manfaat masing-masing. Misalnya saja pada game Safe Flight, Giddy Up dan Pogo Boy dapat melatih tingkat konsentrasi dan motorik anak-anak. Sedangkan untuk game Dress up Challenge dan Ballance your Brain memiliki keunggulan untuk melatih keseimbangan otak kiri dan kanan. 

So kegiatan mewarnai dengan hadirnya aplikasi dari Faber-Castell ini suatu inovasi yang dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak-anak. Penasaran dan mau mencobanya juga, kalian sudah bisa qo membeli buku Colour to Life ini di semua jaringan Gramedia di seluruh kota Jakarta dan kota-kota besar lainnya, lalu bisa juga membelinya melalui Official Store Faber-Castell di Tokopedia, Buka Lapak dan Blibli.

Coloring Book dan Connector Pen Set
sudah tersedia di Gramedia

Mengenai harga? Cukup terjangkau qo, satu set buku Colour to Life ini dijual dengan harga Rp. 129.000 saja. 

Begitu besar manfaat yang didapatkan dari kegiatan mewarnai ini, oleh karena itu pihak Gramedia juga akan ikut berkontribusi untuk mengadakan kegiatan lomba mewarnai bagi anak-anak dengan menggunakan alat pensil dari Faber-Castel.

Harapan dari pihak Faber-Castel bahwa,  mewarnai ini memiliki keunggulan lebih baik untuk anak-anak dibandingkan  jika mereka hanya disibukkan dengan bermain gawai saja. 

Pada usia dini, mewarnai bahkan mampu melatih kelenturan menggenggam pensil, memperkenalkan warna, melatih kesabaran, hingga mampu mengajarkan anak pada nilai estetika dan mengenalkan mereka pada garis batas dan tepi. 

So, yukk mewarnai karakter favorit kalian dan rasakan petualangan seru bersama Colour to Life. Jangan lupa untuk melihat kegiatan dan produk lainnya dari Faber-Castell follow juga akun sosmed mereka di :

Youtube : Faber-Castell Creative Kids
Facebook : Faber-Castel Creative Kids
IG : @fabercastell_id

12 comments:

  1. Gambar makin hidup dan bisa scan. Kedekatan dengan anak makin lengket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mpoo.. Mewarnai jadi lebih serru. Trus bisa selfie sama gambar yang sudah kita warnai.. 😊

      Delete
  2. Ishhh makin lama makin canggih seiring dengan berkembangnya tekhnologi ya. Bisa digerakkan2 wahh perpaduan inovasi yang pasti disuka bocah dan org dewasa saat mendampinginya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa keren ini Kaa, kita ajah orang dewasa nyoba apkikasi ini jadi ketagihan. Jadi ada perasaan bangga karna gambar yang kita warnai bisa bergerak githu.

      Delete
  3. Egileee, makin canggih ajaaa, makin tinggi dah biaya mewarnai. Hahaha. Tapi, ya, mewarnai itu emang asik sebenernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, bayar lebih dikit nggak apa2 lah ya Kaa. Hasil yang didapatkan juga setimpal qo. Apalagi buat mengasah imajinasi anak2 pula. Pasti kamu yg dewasa jugaa sukaa 😉

      Delete
  4. Pensil warna dari Faber Castell memang keren.Nggak cuma anak-anak yang suka menggambar, dewasa pun juga, Apalagi Colour to Life terhubung dunia digital.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faber-Castell sudah terkenal dari dulu pula ya Kaa, makanya terus berinovasi dech.

      Delete
  5. ga nyangka ya, terobosan baru kayak dunia harry potter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serru ya Makk, jadi semakin kreatif dan inovatif saja niyy.

      Delete
  6. Aku suka banget ama FAbel-Castell karena emang kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Awet pula ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mbaa, produknya awet dan terus melakukan inovasi. Jadi kegiatan mewarnai semakin serru dan assik.

      Delete

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat