Sentuhan Ibu adalah Bentuk Kasih Sayang yang Memiliki Ribuan Makna Meskipun Tanpa Kata-Kata

16.26 Evi Fadliah 17 Comments

Halo semuanya apa kabar?

Hampir semua manusia pernah merasakan yang namanya sentuhan ibu, ya sejak kita dilahirkan ke dunia ini, yang pertama kali memberikan belaian kasih sayangnya kita dapatkan dari ibu.


Corner Cantik dari Produk NIVEA Creme
Special Edition
Tidak ada yang lebih menyenangkan dari aktifitas berpelukan dengan ibunda dirumah setelah kita mengalami hal yang kurang menyenangkan. Selain merupakan ekspresi kasih sayang, pelukan seorang ibu kepada buah hatinya dapat menciptakan perasaan nyaman, aman dan tenang.
Jangan pernah meremehkan arti sebuah sentuhan, kalian tau nggak siy, setiap sentuhan tangan kita akan memberikan dampak langsung bagi orang yang kita sentuh lho! Bersentuhan merupakan salah satu bentuk bahasa tubuh dan merupakan hal pertama yang dipelajari oleh manusia.

Terbukti dalam dunia ilmiah, sentuhan merupakan bagian dari komunikasi dan dapat menunjang kesehatan. Terutama sentuhan kasih sayang seorang ibu kepada anak-anaknya.

Ketika saya mendapatkan kesempatan untuk hadir di acara Press Conference NIVEA #SentuhanIbu pada hari Senin, tanggal 27 November 2017, bertempat di Main Atrium Senayan City, Jl. asia Afrika Lot 19 jakarta pusat.


Stage Acara Press Conference Peluncuran
NIVEA Crema Special Edition
Acara ini sebagai bentuk apresiasi NIVEA CREME dalam menyambut hari ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember nanti, sekaligus NIVEA memperkenalkan rangkaian NIVEA CREME Special Edition untuk meningkatkan kualitas ibu dan anak.

Menurut Tomasz Schwarz, Marketing Director PT Belersdorf Indonesia, "Nivea sangat bangga telah menjadi bagian dari keluarga di seluruh Indonesia selama lebih dari 100 tahun. Wahh, ternyata memang tanpa kita sadari NIVEA merupakan produk yang turun-menurun sebagai perlindungan terpercaya berdasarkan referensi ibu.


Mr. Tomasz Schwarz,
Marketing Director PT. Balersdorf Indonesia
Oleh karena itu NIVEA sangat mengapresiasi peranan seorang ibu melalui sentuhan kasih sayang yang tidak mengenal batas kepada buah hatinya, kelak memiliki manfaat membangun hubungan yang mendalam dan mengembangkan karakter anak saat dewasa nanti.

Bentuk sentuhan yang kita dapatkan dari seorang ibu itu bermacam-macam, mulai dari memeluk, mengusap, mencium atau sekedar menepuk pundak kepada anak yang sudah beranjak dewasa. Mengenai makna dari sentuhan ibu kepada anak-anaknya dipaparkan oleh Ibu Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, yang hadir sebagai narasumber.

Sebenarnya apa siy manfaat dari sentuhan ibu itu?

Faktanya atau hasil dari penelitian :


Fakta dari #SentuhanIbu
Bonding

Sentuhan kasih sayang akan melepaskan hormon oksitosin. Hormon inilah yang mempunyai peranan penting untuk mempererat hubungan ibu dan anak. Efek yang ditimbulkan yaitu akan menenangkan dari sentuhan ibu sehingga menghasilkan oksitosin, membuat anak menjadi sangat terikat dengan ibunya.

Hormon oksitosin ini juga dapat menurunkan hormon stress yang disebabkan adanya sentuhan dari indra peraba antara ibu dan anak dan yang turut andil dalam membangun daya tahan stress pada anak-anak.

Learning

Sentuhan positif yang sering diberikan pada anak akan membuat anak merasa dekat dengan orang yang ada di sekitarnya, sehingga menunjang anak dalam proses belajar, membantunya mengatur emosi dan menjalin interaksi sosial.

Sentuhan kasih sayang ini mampu melepaskan hormon penting, termasuk oksitosin, serotonin dan dopamin. Oksitosin ini akan menurunkan hormon stress  yaitu Kortisol, yang akan membantu anak menjadi lebih relaks.

Menurut Ibu Vera juga, kita dianjurkan untuk memeluk atau memberikan #SentuhanIbu sebanyak 12x dalam sehari (selam 20 detik), jadi bisa tercipta bonding antara ibu dan anak.

Wahh, saya rasanya belum sebanyak itu niyy!!

tapi biasanya, untuk anak-anak yang sudah meranjak dewasa akan merasa malu jika dipeluk sama ibunya, nah, oleh karena itu kita sebagai seorang ibu harus memiliki pendekatan yang berbeda dan mencari moment yang pas sambil bercerita tentang keseharian mereka. Menghadapi anak zaman now kita sebagai seorang ibu memang harus ada trik khusus niyy biar anak-anak tetap mau dipeluk sama ibunya.

Selain itu, ada bentuk sentuhan lain yang sangat familiar di masyarakat Indonesia yaitu sentuhan dengan membacakan cerita. Biasanya kita bercerita saat menjelang tidur, padahal tidak juga lho!

Kita bisa bercerita kapanpun saat ada kesempatan bersama anak, karena yang terpenting adalah kualitas hubungan ibu dan anak, bukan materi cerita. Noted!

Kita ketahui dengan bercerita banyak manfaat yang di dapatkan oleh anak-anak, diantaranya :

➮ Sejak usia dini kegiatan mendengarkan cerita menarik, yang dekat dengan lingkungannya merupakan kegiatan yang mengasyikan.
➮ Dalam bercerita dapat menanamkan kejujuran, keberanian, ketulusan, dan sikap positif lainnya dalam kehidupan di keluarga.
➮ Memberikan sejumlah pengetahuan sosial, nilai-nilai moral lingkungan sekitar dan juga agama.
➮ Membiasakan anak untuk belajar pengalaman dan berlatih mendengarkan orang lain.
➮ Menjadikan anak untuk berkembang secara kognitif, dan efektif.
➮ Memberikan informasi atau kehidupan sosial anak dengan orang-orang yang ada di sekitar lingkungannya.


All Narasumber dan MC Indi Barends
Sejalan dengan itu semua Panji Cakrasantana, selaku Brand Manager NIVEA Creme PT. Belersdorf Indonesia menjelaskan, dalam peluncuran NIVEA Creme Special Edition ini merupakan bentuk komitmen dari Nivea dalam meningkatkan kualitas keluarga melalui peningkatan kemampuan anak, dan pemberdayaan ibu serta waktu kebersamaan keluarga.

Koleksi terbatas ini, dilengkapi dengan tiga buku cerita kecil, yaitu :"Bimbin dan kebun binatang rahasianya", "Ayu sang idola hutan", dan "Koko rangkong yang pandai mengayun". 

Semua cerita tersebut bisa kita dapatkan di edisi NIVEA Creme Special Edition ini, yang memiliki landasan budi pekerti dan harapan agar dapat membentuk dan harapan dapat membentuk karakter positif bagi anak-anak.

NIVEA juga telah menggelar roadshow ke sejumlah Taman Kanak-Kanak di area Jabodetabek dengan melakukan kegiatan mendongeng interaktif yang menghadirkan Paman Gery dan Bubu Mini. Sebagai puncak acara, NIVEA mengadakan Big Bang Event pada tanggal 27 November-3 Desember 2017 yang lalu di Main Atrium Senayan City, dengan berbagai aktifitas menarik khusus untuk ibu dan anak.

Sebenarnya kegiatan mendongeng ini tidak memerlukan waktu yang lama qo, seperti yang saya katakan sebelumnya, yang terpenting kita bisa menghabiskan waktu bersama anak, waktu yang diperlukan biasanya sekitar 15-30 menit. Upayakan dalam rentang waktu tersebut buat anak-anak tetap fokus dan antusias dengan cerita yang kita bawakan.

Sebagai produk yang sudah lama menjadi bagian keluarga di dunia, NIVEA dalam acara ini juga mengapresiasikan peranan ibu melalui video inspiratif dan NIVEA Creme Special Edition. Lewat video ini diharapkan bisa menjadi inspiratif yang mengungkap pesan kasih sayang ibu kepada anak-anak di seluruh wilayah Indonesia.

Karena kita sama-sama ketahui, Indonesia merupakan Bhineka, dan ibu adalah figur yang sangat kita hormati dan memiliki peran besar sejak kita berada dalam kandungan hingga anak melepas ke jenjang pernikahan. Semua bentuk tradisi tradisi tersebut erat kaitannya dalam kehidupan dengan sentuhan "kasih sayang ibu", ungkap Ibu Notty J Mahdi, yang kita kenal sebagai Antropolog Pemerhati Budaya.

NIVEA Creme

So, untuk menunjang sentuhan seorang ibu kepada anak-anaknya, produk NIVEA Creme sangat memperhatikan hal tersebut. Jadi tak ada salahnya jika kita memilih perawatan yang tepat  untuk tipe kulit kita agar bisa mendapatkan kulit lembut dan cantik, alhasil anak-anak akan semakin nempel dengan kita. Heheheh

NIVEA Creme merupakan salah satu produk dari PT. Beiersdorf Indonesia yang terkemuka dengan produk perawatan kulit yang inovatif, berkualitas tinggi dan memiliki lebih dari 130 tahun pengalaman di segmen pasar ini.

Berbasis di Hamburg, Jerman saat ini telah memiliki lebih dari 16.500 karyawan di seluruh dunia dan telah terdaftar di bursa efek Jerman DAX sejak bulan Desember 2008. Produk yang ditawarkan selalu berinovasi dan terpercaya diantaranya : Nivea body lotion, Nivea deodoran, Nivea face care, Nivea sun, Nivea lip care, Nivea soft, Nivea men, hansaplast dan NIVEA Creme Special Edition ini.


NIVEA Creme Berbahan dasar Almond

NIVEA Crema Berbahan dasar Olive Oil

NIVEA Creme Berbahan Dasar Coffee

NIVEA Creme Berbahan Dasar Buah Apel
NIVEA Creme ini pelembab untuk seluruh anggota keluarga, karena produk ini diperkaya dengan Eucerit yang akan memberikan perlindungan yang dibutuhkan oleh kulit dan menjadikannya tetap lembut dan kenyal. 

NIVEA Creme ini juga cocok digunakan sehari-hari, dont worry guys terbukti tetap aman bagi kulit kita qo.

Faktanya tentang NIVEA Creme ini, yaitu :

➮ Perlindungan terbaik untuk kulit kering
➮ Pelembab kulit wajah dan tubuh
➮ Cocok untuk digunakan sehari-hari untuk memenuhi nutrisi kulit
➮ Teruji secara dermatologis
➮ Cocok dan aman digunakan untuk kulita anakanak dan dewasa.

Kegiatan yang bisa kita lakukan secara bersamaan sebagai seorang ibu yaitu dengan membacakan cerita sekaligus merawat kulit anak-anak kita dengan produk dari VIVEA Creme ini. Bisa banged lho kita mengaplikasikan produk NIVEA Creme ini di sela-sela rutinitas kita :

1. Aplikasikan secara merata pada kulit wajah, tangan, dan tubuh
2. Gunakan Nivea soft sebagai bagian dari rutinitas harian kita di pagi hari
3. Oleskan kembali untuk selalu melembabkan kulit kita di bagian kulit tubuh yang cenderung kering.
4. Cocok untuk digunakan pada kulit wajah, dan tubuh dan telah teruji secara dermatologis yang aman untuk anggota keluarga kita.

Kemasannya yang simple, membuat NIVEA Creme ini bisa kita bawa kemanapun, dan buku ceritanya juga menempel pada kemasan jadi benar-benar mengerti apa yang ibu butuhkan untuk buah hati mereka melalui sentuhan.

Apalagi yang kalian tunggu, saatnya kita mulai membiasakan membaca cerita dan meluangkan waktu bersama keluarga tercinta dirumah. Karena kebahagian itu tidak datang dengan sendirinya tapi harus kita ciptakan.

So, sudahkah memeluk buah hati kita hari ini? 


All Narasumber dan All Pendukung Acara 

All Blogger Mengabadikan On Frame


17 komentar:

  1. Duh, judulnya bikin meleleh.

    Hiks...iya mbak, saya juga belum sebanyak itu memeluk anak. Semoga setelah ini lebih intens lagi. Apalagi anak sulung saya, sudah masuk fase ngeyel melulu, usia 8 tahun.

    Nivea Creme produk baru ya mbak? Kalo zaman kuliah dulu saya suka pake Nivea Soft.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hikshiks.. Akupun sama Mba belum memeluk sebanyak itu, selepas hadir di acara ini aku konsisten dech sering2 meluk anak, mumpung masih 3 tahun.. Yukk Mba semangat!!

      Nivea Creme sudah ada Mba cuma Special Edition ada buku cerita anaknya ajah, dalam rangka menyambut hari Ibu nanti.

      Thanks sudah mampir ya Mba

      Hapus
  2. Waktu masih Single aku rajin merawat kelembapan kulit, salah satunya Nivea ini. Mengapa sekarang males ya. Padahal Nivea memang terbukti ampuh melembabkan kulit. Harus mulai rajin lagi nih biar ga cepat keriput. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh Mba Ria sudah pakai Nivea yaa!

      aku tau produk ini juga sudah lama siy, aku juga lagi pakai NIVEA niy, semoga cocok dan bikin kulit cerah ya Mbaa. Aamin

      Hapus
  3. bagus juga ya nivea, dari kecil sering lihat kaakak saya pakai ini termaksud saya pun ikutan, tapi emamng bagus sih produknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa betul Mba dan aman pula buat anak, berarti NIVEA memang produk yang turun menurun yaa..

      Hapus
  4. Sentuhan kasih sayang seorang ibu memang tiada duanya pokoknya. Nivea berhasil membuktikannya y... Sekarang anak aq yg pake nivea dan dia cocok

    BalasHapus
  5. Belakangan ini kulitku juga agak lebih kering dari biasanya... Mau coba nivea ini ah biar kelembaban kulit bisa tetep terjaga dengan baik...

    BalasHapus
  6. 12kali sehari peluk anak? Hmm berarti selama ini aku masih kurang ya.
    btw menarik deh pergeseran segmen Nivea. Dulu kan identik dengan remaja, sekarang merambah ke ibu muda.

    BalasHapus
  7. Satu produk utk seluruh keluarga.efisien dan multi.fungsi, Berarti ini cukup aman ya digunakan anak2

    BalasHapus
  8. Wah keren nih jadi kalo beli Nivea bisa dapat buku dongeng ya.

    BalasHapus
  9. Asik dong ya, beli paket perawatan tubuh ibu bisa dapat buku mendongen buat anak. Cus beli ah

    BalasHapus
  10. Aku suka banget hand&body Nivea. Cocok dikulit dan cepat menyerapnya.

    BalasHapus
  11. Aku pemakai nivea, asyiiiik dpt buku dongeng nih.. Dan nivea ini produk yg sudah jelas mutunya dipasaran..

    BalasHapus
  12. sentuhan ibu emang paling menenangkan ya.. di rumahku banyak produk nivea, boleh dapat dari hampers cuma sebagian aku kasih ke teman.

    BalasHapus
  13. Nivea produk andalanku dirumah kak, bener bener ampuh atasin masalah kulit. secara aku dan keluarga emang punya lulit sensitif.makasih sharingnya ya

    BalasHapus
  14. Aku mewek loh mba lihat videonya kemarin... Asli inget mama aku banget jadinya. Punya mertua tapi mertua jahat ����

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat