Thursday, December 14, 2017

Bagaimana Cara Membuat Artikel Menjadi Nomor 1 di Google, Berikut Tipsnya

Belajar Tentang SEO
Awal menulis di Blog, tadinya ingin menuangkan rasa, pikiran dan agar tetap produktif setelah memutuskan untuk resign. Ternyata setelah mengenal blog lebih jauh banyak manfaat lain yang bisa saya dapatkan, selain berbagi informasi ke orang lain.
Setelah menulis beberapa tulisan di blog pribadi saya, selanjutnya adalah mempercantik tampilannya. Sampai sekarang masih PR niy!!
Tak berhenti sampai disitu ternyata saya harus berkenalan dengan yang namanya SEO, bagaimana caranya agar tulisan kita tampil di halaman pertama Google.

Karena belum terlalu paham dengan SEO ini, tadinya mencoba untuk cuek saja, eh tapi setelah mengetahui bahwa SEO berpengaruh dengan jumlah trafik pembaca blog kita, disitulah saya mulai tersadarkan. Mengapa demikian?

Ternyata hampir seluruh pengguna internet akan mengandalkan mesin telesur tersebut untuk mencari berbagai artikel dari berbagai web. So, dalam dunia blogging ini kita harus berkenalan dengan SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, kalau diartikan dalam bahasa Indonesia adalah optimasi mesin pencari.

Ada yang mengatakan agar artikel kita berada di halaman 1 Google tidaklah sulit, hanya saja perlu ketekunan dan kerja keras. Masa siy!
Rasanya agak sulit dipercaya, apalagi kita harus bersaing dengan jutaan blogger lainnya yang memiliki tujuan sama.

Tibalah undangan acara CNI Blog Gathering, kali ini temanya "Content Writter dan Content Marketing Edisi 2, hadir sebagai pembicara Mas Niko Riansyah, Digital Marketing Specialist dan Teh Ani Berta, Founder ISB. Ini merupakan gathering lanjutan,yang sebelumnya membahas Workshop Content Writer pada tanggal tanggal 20 Oktober 2017 yang lalu.

Baca Juga : Tips Menjadi Content Writer

Acara ini bertempat di Burger King, Plaza Festival Jalan HR. Rasuna Said No.22 Kuningan Jakarta Selatan, pada hari minggu, tanggal 10 Desember 2017. Meskipun diguyur hujan, tapi para peserta workshop tetap bersemangat untuk mendapatkan informasi mengenai SEO.


Mas Niko Riansyah
Digital Marketing Specialist
Hadir sebagai pembicara pertama Mas Niko sharing kepada kita semua manfaat dari SEO dan SEM untuk bisnis. Wahh SEM apa lagi ini?
Siapa siy yang nggak mau tulisannya muncul di pencarian pertama Google.

SEO vs SEM

Kalau SEO itu Organik, gratis, hasil pencarian muncul berdasarkan ranking website yang berkualitas kontent dan update kontent website.
Sedangkan SEM merupakan iklan berbayar, seperti Google Adwords, Google Display Netwok, Bing Ads (yahoo), dsb.

Jadi SEM (Search Engine Marketing) adalah bentuk pemasaran  internet yang melibatkan promosi situs web dengan meningkatkan visibilitas mereka di laman hasil penelusuran melalui pengoptimalan dan periklanan. Nah SEM ini juga mencakup taktik SEO, serta beberapa taktik pemasaran penelusuran lainnya.


Mengenal SEO
Dalam aktivitasnya SEO terdiri dari On-Page yaitu langkah yang dapat kita lakukan di situs web kita agar hasil penelusuran meningkat, yang kedua Off-Page yaitu, langkah yang biasa kita lakukan di luar situs kita.

Lantas langkah apa saja agar tulisan kita masuk ke halaman pertama di Google? Berikut ini beberapa tahap agar kita bisa secara maksimal membangun situs yang akan kita kembangkan sesuai dengan SEO :


BE #1 on Google


Be #1 On Google


1. Tentukan Konten


Untuk menentukan Konten ini wajib dilakukan oleh setiap orang, karena jika kita fokus 1 kata kunci akan jauh lebih baik jika kita membangun blog dengan kata kunci yang beragam, karena sudah pasti kita harus bersaing dengan yang hanya berkutat pada kata kunci itu-itu saja.


Content is Important
Tentukan tujuan konten kita untuk apa? Jika untuk muncul di halaman pertama Google menulislah konten yang lebih informatif, sedangkan supaya dibaca di media sosial, biasanya tulisan yang ringan dan dalam bentuk story telling ini lebih diutamakan.

Selanjutnya kita harus memperbarui konten secara teratur, hal ini penting dilakukan alasannya untuk optimasi SEO, karena hampir setiap tahun Google juga akan memperbarui system mereka, selain itu juga untuk menjaga trafic pengunjung blog kita, supaya tidak menurun maka akan lebih baik harus selalu dijaga dan merubah beberapa tampilan agar semakin menarik.

Jika kita sering update konten, hal ini juga sebagai salah satu bentuk untuk melatih diri kita untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kita dalam menulis.

2. Template

Ternyata ini menjadi bagian penting pada tampilan dari website yang kita miliki, karena template akan mempengaruhi website kita agar bisa muncul di halaman pertama Google. Template yang sederhana dan memiliki kecepatan loading yang tidak lebih dari 5 detik setiap kali di akses, ini yang perlu diperhatikan. Jangan sampai karna terlalu lama loadingnya, alhasil pembaca sudah pindah ke tulisan yang lain.


Dalam Template ini ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, sebagai berikut :

➮ Title tag
Title tag atau bisa kita katakan tag judul suatu dokumen atau lebih mudah kita pahami sebagai judul blog atau website. Dalam SEO title tag memiliki peranan penting karena merupakan dasar search engine untuk mengukur relevansi dari keyword yang akan dicari oleh pengguna.

➮ Meta description
Meta tag biasanya tidak pernah tampil di postingan karena berbentuk kode-kode yang ada dalam bagian halaman sebuah situs. Penggunaan meta description ini sangat dianjurkan oleh google, sebagai salah satu sarana untuk melihat relevansi halaman web kita.

Namun, akan lebih bagus lagi jika meta description ini berisikan ringkasan dari blog kita dengan jelas dan tidak membingungkan search engine, sehingga akan mendorong pengguna google akan membaca keseluruhan konten yang telah kita buat.

➮ Heading tag
Heading tag ini merupkan salah satu elemen yang perlu kita atur dengan benar dalam mengoptimalkan SEO OnPage pada sebuah blog atau website kita. Heading tag sendiri memiliki 6 tingkatan atau susunan yang dimulai dari <H1> sampai <H6>. <H1> merupakan tingkatan yang paling besar atau penting, sedangkan <H6> merupakan tingkatan paling rendah. 

Namun, pada umumnya penggunaan heading tag pada sebuah blog, hanya digunakan sampai di heading <H4> saja. Lantas apa pengaruhnya heading tag ini dalam SEO? Ternyata jawabannya, ketika mesin pencari google mengindeks sebuah blog atau website, baik di halaman homepage atau halaman artikel, maka robot pencari akan terlebih dahulu menandai heading tag pada halaman tersebut.

Selain dari segi script, ada pendukung faktor lainnya yang perlu kita perhatikan adalah masalah gambar atau foto, karena dalam blog biasanya kita menggunakan lebih dari satu foto. Upayakan foto yang kita upload tersebut tidak lebih dari 1 MB supaya cepat dibuka.

Supaya pembaca kita nggak pindah ke lain hati, ehh, nggak pindah ke website yang lain.


3. Backlink


Backlink biasanya kita kenal juga dengan sebutan link masuk, inbound link dan link balik dalam halaman web. Dari segi SEO backlink memiliki peranan penting dan mempunyai manfaat besar, meskipun demikian banyak pula backlink yang tidak menjamin website atau blog kita yang masuk sepuluh besar pada hasil pencarian.

So, guys kita juga harus tetap berhati-hati dalam menanam atau mencari backlink, karena tidak semua backlink itu baik dan bagus. Secara umum backlink dibedakan menjadi dua, yaitu nofollow dan dofollow.

Setelah kita mengetahui 3 hal tersebut, pastikan apapun yang kita lakukan harus disiplin dan tekun, semakin kita disiplin maka akan semakin cepat dilihat hasilnya.

Ehmm.. Belajar tentang SEO ini memang bikin mumet ya guys tapi kuncinya setelah mengetahui dan mendapatkan ilmunya langsung diterapkan terlebih dahulu saja, nanti lambat laun tanpa disadari pengetahuan kita akan terus bertambah.

Tak berhenti sampai disini saja, sesi selanjutnya kita belajar tentang Content Writer bersama Teh Ani Berta, untuk prestasi dan jam terbang dari seorang Teh Ani memang tak perlu diragukan lagi. Jadi simak yuuk guys pembahasan selanjutnya.


Teh Ani Berta Founder ISB
Dok. Mas Ono
Menurut Teh Ani mengapa content writer itu penting? Hal ini karena kita melihat pertumbuhan era digital sudah semakin maju dan berkembang, kebutuhan akan informasi terus meningkat dan setiap perusahaan atau organisasi perlu informasi dan publikasi kegiatannya.

Lalu, bagaimana dengan peluangnya? Don't worry, media online dan website sudah semakin menjamur, jadi peluang untuk menjadi freelance media cetak atau online terbuka lebar, asalkan kita memiliki keterampilan menulis yang baik.

Bukan hanya media cetak saja, tetapi peluang tersebut bisa kita dapatkan dari web perusahaan, organisasi, instansi pemerintah bahkan dari tokoh politik maupun selebritis.

Oleh karena itu agar kita bisa menjadi content writer ada beberapa tips yang harus kita perhatikan :

Do

➮ Dalam membuat artikel sebaiknya minimal 500 kata dan maksimal 1000 kata, supaya yang baca tidak terlalu boring jika terlalu panjang.
➮ Sesuaikan gaya penulisan kita dengan ciri khas dari sebuah website atau portal tempat kita bernaung.
➮ Tulisan reportase harus merujuk pada 5 W (Who, What, Where, When dan Why)
➮ Atur jadwal postingan tulisan kita sesuai dengan kesepakatan kerjasama
➮ Masukan Key words yang tepat
➮ Baca kembali tulisan kita dan biasakan untuk menjadi self edit
➮ Foto yang kita masukan juga harus mendukung dan usahakan high resolution

Don'T

➮ Hindari plagiat alias copy paste dari artikel milik orang lain
➮ Jangan menggunakan bahasa yang alay, atau banyak singkatan
➮ Jangan egois dalam tulisan kita, yang selalu memasukan opini terlalu personal
➮ Jauhkan unsur pribadi
➮ Menyebutkan brand secara hard selling tanpa persetujuan dari pemilik website atau portal
➮ Jangan mendiskreditkan orang lain
➮ usahakan keluar dari idealisme
➮ Menuliskan berita atau opini tidak sesuai fakta atau tidak terverifikasi.

Enaknya itu kalau kita menjadi content writer terasa sedang main-main, nggak perlu bermacet-macetan di jalan, kerjanya juga bisa dimana saja asalkan nyaman dan jaringan wi-finya harus kenceng.

Oiya, biasanya segala sesuatu yang direncanakan itu jauh lebih baik dan teratur. Begitu juga halnya dalam content writer di suatu website harus ada plan yang kita perhatikan, diantaranya :

➮  Atur sesuai ritme yang diminta oleh klien
➮ Untuk memudahkan kita dapat memanfaatkan Worksheet Excell untuk jadwalnya, biar nggak ada yang terlewat
➮ Banyak membaca materi dari berbagai sumber ini juga penting lho!
➮ Sebaiknya kita membuat kerangka dari setiap artikel yang akan kita buat
➮ Harus ada narasumber yang terpercaya
➮ Harus siap menjadi self editing

Nah, guys ilmu tentang content plan ini bisa dipakai untuk bekerja sebagai sosial media manager, admin media sosial di perusahaan, content creator, content planner, dan social media strategist.

Satu hal lagi pesan dari Teh Ani, meski beliau memiliki banyak pengalaman di dunia menulis. Ia selalu belajar dan tetap mengikuti workshop, prinsipnya selalu kosongkan gelas sebelum belajar. Noted!!

Yess Never Stop Learning guys.

Terima kasih untuk CNI Indonesia untuk workshop yang sangat bermanfaat ini. Untuk teman-teman semua jangan lupa untuk bangga menggunakan produk dalam negri sendiri, karena produk-produk yang ada di CNI senantiasa menjaga kualitas produk-produknya demi kepuasan pelanggan. Untuk yang kepo maksimal boleh langsung cek di geraicni.com yaa!

Pada akhirnya apapun yang kita kerjakan, harus dijalani dengan senang hati, ketekunan dan kerja keras yang dibarengi dengan konsistensi. Jangan menyerah jika gagal, lakukan terus hingga kita bisa.


Sesion Foto Setelah Acara Dok. Mas Ono

6 comments:

  1. SEO..oh..SEO
    Rumit dipahami kaya si Dia (hehehe)
    Sambil berjalan. Pinginnya Memperbaiki konten tulisan dulu..utk lebih berfaedah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assikk.. Siapa tuch Dia.
      Bener banged Mba Siti belajarnya pelan-pelan ajah biar bisa kita mengerti, yang penting konsisten yakk..

      Delete
  2. Dulu tuh ada artikelku yang muncul di page on Google padahal aku ga ngerti SEO. Ternyata karena konten-nya unik, jarang yang nulis. Sekarang harus bersaing memperbaiki artikel supaya makin banyak yang muncul di page one.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehmm.. DiriMu mah keren Mba Helena, jadi percaya dech kalau tulisannya nongkrong dihalaman pertama Google. Yuukk belajar terus Mba, Fighting.

      Delete
  3. Musti konsisten belajar SEO ini tapi harus dipaksakan soalnya penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Teh, benar-benar harus sabar, konsisten dan belajar terus intinya.

      Delete

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, semoga bermanfaat.
Tunggu kunjungan balik saya di Blog kalian.

Salam hangat