Rumah Sakit Awal Bros Siap Melayani Warga Bekasi Timur

08.06 Evi Fadliah 14 Comments

Belum lama, bapak mertua cerita jika Bosnya tanggal 11 November 2017 nanti akan berangkat ke Cina untuk berobat. Ternyata minat warga negara Indonesia untuk berobat keluar negeri masih cukup tinggi, untuk mencari dokter yang lebih berkompeten sering kali menjadi alasan mereka.

Spot Foto  yang Disediakan untuk Para Undangan
Selain itu pasien yang mencari pengobatan medis ke luar negeri, mulai dari standar pelayanan yang dianggap lebih baik, fasilitas lebih canggih, bisa juga ingin berobat sambil pelesir yang menjadi alasan lain mereka.
 
Pada akhirnya beberapa negara di Asia saat ini tengah berlomba-lomba menarik sebanyak mungkin pasien internasional untuk datang ke rumah sakitnya. Pasien yang sering disebut juga dengan nama turis medis ini, memang mencari hal yang tidak mereka dapatkan di negerinya sendiri.

Berdasarkan data Medical Travel Quality Alliance (MTQUA) 7 dari 10 rumah sakit turisme medis terbaik ada di Asia. Keseluruhan dari rumah sakit tersebut melayani ribuan turis medis dari berbagai negara.

Lantas, apakah negara Indonesia termasuk didalamnya?

Bisnis di bidang kesehatan di Indonesia terlihat memang terus mengalami peningkatan, diantaranya adalah rumah sakit, peralatan kesehatan, obat-obatan dan juga asuransi kesehatan. Rumah sakit sebagai salah satu layanan yang banyak diakses oleh masyrakat juga terus mengalami peningkatan, baik dari segi populasi rumah sakit, jumlah tempat tidur ataupun tingkat pelayanannya.

Tentu saja hal tersebut bisa kita lihat dari perkembangan jumlah pasien dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan, yang akhirnya membuat pasien ingin merasakan kualitas perawatan yang lebih prima dan lengkap. Nggak cuma bayar mahal saja, tapi pelayanan yang didapatkan haruslah baik juga.

Tapi seberapa pun nyamannya pelayanan di rumah sakit, mana ada siy yang mau berlama-lama disana. Iya Khan!!

menurut data Dinas Kesehatan DKI Jakarta, baru sekitar 91 rumah sakit yang bermitra dengan BPJS Kesehatan. Jika dilihat dari total tersebut rumah sakit swasta yang beroperasi di Ibu kota ada 160 RS. Sementara itu, baru 64 rumah sakit swasta yang tercatat sebagai mitra BPJS Kesehatan.

Rumah sakit swasta seharusnya juga bermitra dengan BPJS Kesehatan karena adanya target kesehatan cakupan semesta (Universal Health Coverage) pada tahun 2019 nanti, sehingga diharapkan rumah sakit swasta tetap mau menerima pasien dari berbagai kalangan, baik peserta BPJS maupun non-BPJS.

Salah satu rumah sakit swasta yang menerima layanan BPJS Kesehatan adalah rumah sakit Awal Bros. Pada tahun 29 Agustus 1998 berdiri rumah sakit Awal Bros pertama di Pekanbaru. Sejak saat itulah, group Awal Bros semakin serius mengembangkan bisnis RS hingga saat ini ada 11 rumah sakit yang telah tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Rumah Sakit Awal Bros Resmi Hadir di Bekasi Timur

Rabu, tanggal 1 November 2017 kemaren saya bersama rekan-rekan blogger lainnya menjadi saksi dalam acara grand opening rumah sakit Awal Bros di Bekasi Timur, tepatnya berada di jalan HM. Joyomartono Rt.003 Rw.21 Kota Bekasi Timur, letaknya sangat strategis karena tidak jauh dari Exit Tol Bekasi Timur kira-kira sekitar 100 meter dan berada di samping Mall BTC.

Kenapa memilih Bekasi? Karena kota ini adalah peyangga ibukota

Ngomong-ngomomg soal Bekasi, ini pertama kalinya saya menghadiri event Blogger di kawasan ini lho! Heheheh

Sebelumnya di Bekasi sudah ada rumah sakit Awal Bros di Bekasi Barat, namun untuk dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi didirikanlah di Bekasi Timur ini. Bukan hanya di Bekasi saja, rumah sakit Awal Bros sudah berada di Batam, Makassar, Pekanbaru, Tangerang, Riau dan juga di Jakarta.

Selain itu jaringan rumah sakit Awal Bros juga memiliki layanan klinik yang berada di kawasan industri Cikarang dan Karawang. Belum cukup dengan itu semua, jaringan rumah sakit Awal Bros juga meliputi rumah bersalin, klinik estetika, laboratorium, dan jasa evakuasi medis. 

Bapak Walikota Bekasi beserta
Jajaran Manajerial Rumah Sakit Awal Bros (Dok.Mas Dede)
Hadir dalam acara grand opening ceremony ini Founder sekaligus Komisaris rumah sakit Awal Bros Bapak Arfan Awaloedin yang memberikan kata sambutannya. Beliau mengatakan awal mula berdirinya rumah sakit Awal Bros di Bekasi ini ingin membantu warga Bekasi agar mendapatkan fasilitas kesehatan yang sama bagusnya dengan rumah sakit yang ada di Jakarta.

Rumah sakit Awal Bros memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berstandar internasional, tambah Bapak Awaloedin. Kehadiran rumah sakit Awal Bros ini juga bisa dikatakan sebagai dukungan mereka terhadap pemerintah dalam meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan untuk masyarakat khususnya di wilayah Bekasi Timur.

Perlu kita ketahui RS Awal Bros sudah Terakreditasi Joint Comission International (JCI), di Indonesia sendiri hanya terdapat 14 rumah sakit swasta yang telah mendapatkan akreditasi JCI dan 4 diantaranya dimiliki oleh RS Awal Bros. Menjadikan rumah sakit Awal Bros dengan jumlah akreditasi JCI terbanyak di Indonesia.

Meskipun telah meraih akreditasi terebut, rumah sakit Awal Bros tidak akan berhenti untuk meningkatkan mutu pelayanan bagi pasien dan juga masyarakat harus terus ditingkatkan.

Kehadiran Walikota Bekasi

Walikota Bekasi turut mengapresiasi keberadaan dari rumah sakit Awal Bros di Bekasi. Bapak Walikota Bekasi DR. Rahmat Effendi dalam kesempatan tersebut juga memberikan kata sambutan dan meresmikan RS Awal Bros. 

Bapak Rahmat menyampaikan jika rumah sakit Awal Bros akan membuka cabang baru di daerah Bekasi yang lain maka akan dipermudah izinnya, karena beliau sadar betul kehadiran rumah sakit swasta sangat membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat, khususnya warga Bekasi.

Bukti kongkrit dari rumah sakit Awal Bros dalam mendukung pemerintah yaitu dimana RS ini menyediakan fasilitas kartu sehat untuk masyarakat. Karena saat ini warga Bekasi sudah memiliki Kartu Sehat yang bisa dipakai di rumah sakit swasta termasuk di RS Awal Bros ini.

Pemotongan Pita (Dok.Mas Dede)

Penandatangann Prasasti oleh Bapak Walikota Bekasi
 (Dok. Mas Dede)
Bapak walikota menambahkan, pemerintah Bekasi akan menjamin dibayarkan semua untuk biaya masyarakat yang menggunakan kartu sehat, sehingga masyarakat dapat memilih dimana mereka bisa dengan mudah dapat mengakses kesehatan.

Dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bapak Walikota Bekasi beserta jajaran manajerial rumah sakit Awal Bros maka RS Awal Bros Bekasi Timur resmi dibuka.

Talk Show Kesehatan

Acara masih berlanjut dengan talk show kesehatan yang mengangkat tema 'Pergeseran Lifestyle dan Risiko Penyakit Jantung' bersama dengan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Manoefris Kasim Sp.JP(K), Sp.KN, lalu hadir pula Marcelino Lefrant, aktor yang sekaligus menjadi Duta Yayasan Jantung Indonesia.

All Narasumber (Dok. Mas Dede)
Berbicara mengenai hal kesehatan, penyakit jantung dan pembuluh darah menjadi penyebab utama kematian di dunia, oleh karena itu topik kali ini akan difokuskan untuk membahas jantung koroner.

Penyakit Jantung Koroner, merupakan jenis penyakit yang paling umum dari penyakit jantung dan penyebab kematian tertinggi bagi pria maupun wanita. Penyakit jantung koroner terjadi ketika pembuluh arteri yang memasok darah ke jantung mengeras dan menyempit akibat penumpukan kolesterol dan zat lainnya.

Padahal pembuluh darah itu sekitar 3-4 meter tapi kalau tersumbat bisa berbahaya. 

Biasanya tanda dari penyakit jantung koroner itu sendiri meliputi, nyeri dada (angina), sesak napas dan serangan jantung. Kematian yang disebabkan akibat PJK ini, ternyata paling tinggi di Rusia dan yang terendah di Jepang (data pada tahun 1998).

Setiap orang pasti ingin dirinya sehat, oleh karena itu berikut beberapa faktor risiko penyakit jantung koroner :

➮ Faktor genetik/riwayat keluarga
➮ Usia
➮ Gender, 3:1 pria lebih berisiko penyakit jantung
➮ Merokok
➮ Dislipidemia (gangguan lipid)
➮ Hipertensi (darah tinggi), penyakit ini silent killer, tidak terasa tiba-tiba pembuluh darah pecah
➮ Diabetes (kencing manis)

Perlu kesadaran dari seluruh lapisan masyarakat bahwa 80% penyakit jantung koroner karena genetis, sedangkan hipertensi, merokok dan kolesterol high risk. Apabila kita ingin terhindar atau bagi Anda yang menderita penyakit jantung koroner bersegeralah untuk mengubah gaya hidup, seperti :

➮ Berhenti merokok
➮ Makan makanan yang sehat
➮ Berolahraga secara teratur
➮ Menurunkan berat badan
➮ mengurangi/hindari Stres

Dalam beberapa kasus penyakit jantung koroner memerlukan penanganan khusus seperti pemasangan ring pada arteri koroner atau operasi bypass arteri yang tentunya membutuhkan biaya yang sangat banyak.

Ternyata seorang Marcelino yang dulu juga dikenal sebagai seorang atlet dan memiliki kesibukan syuting, rutin melakukan olahraga selama 1-2 jam dalam seminggu sebanyak 5 kali. Namun, orang tua dari Marcelino justru mengingatkan kepada beliau agar tidak terlalu capek.

Marcel juga sempat mengalami kenaikan berat badan hingga 85kg, dan menyadari hal tersebut dia merubah untuk memperbaiki pola makan yang sehat, olahraga teratur dan istirahat yang cukup, hasilnya selama 1 tahun berat badannya turun sekitar 10kg.

Suatu hari saat sedang melakukan treadmill terjadi gejala yang tidak biasa, karena Marcel merasa selama ini telah menjalani pola hidup sehat. Akhirnya Marcel melakukan tes kesehatan, melakukan tes echo yang ternyata hasilnya oke, dilanjutkan dengan tes MRI dan diketahui adanya penyumbatan pembuluh darah sekitar 2cm pada bagian jantung sebelah kiri.

Tanggal 1 Februari 2016, Marcel menjalani operasi untuk pemasangan ring (kateter), Ia pun menerima hal tersebut demi kesehatannya, tapi yang terjadi dokter memutuskan tidak jadi untuk memasang ring, karena pembuluh darah yang dialami olehnya terjepit dan sifatnya genetik.

Artinya pembuluh darahnya akan terjepit jika Ia terlalu capek atau stres, untungnya beliau melakukan Check Up.

Selain membiasakan untuk pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan dini juga sangat penting agar kita dapat mencegah terjadinya komplikasi penyakit jantung koroner.

Stimulasi Pertolongan Pertama
Orang Yang Terkena Serangan Jantung ( Dok. Mas Dede)
Pernah nggak siy, punya pengalaman melihat orang yang tiba-tiba saja jatuh dan tidak sadarkan diri di area publik? Pertolongan pertama apa siy yang harus kita berikan jika melihat kejadian tersebut? Acara talk show hari itu, kita juga diberikan stimulasi menolong orang yang terkena serangan jantung, berikut stimulasinya :

➮ Pindahkan orang tersebut ke tempat yang datar dan teduh
➮ Pastikan orang tersebut benar-benar sudah pingsan dengan melakukan penepukan pada bahu atau memanggil nama orang tersebut.
➮ Lakukan pemeriksaan denyut nadi dengan meletakkan 3 jari pada bagian leher atau pergelangan tangan, serta tempelkan pula telinga ke hidung orang tersebut.
➮ Rasakan apakah orang tersebut masih bernapas, jika masih bernapas artinya orang tersebut pingsan dan tidak mengalami serangan jantung, namun jika tidak bernapas maka bisa dipastikan orang tersebut terkena serangan jantung.
➮ Luruskan tangan dan letakan di bagian tengah dada orang yang pingsan tersebut, lalu tekan atau kompresi kuat-kuat, kemudian berikan bantuan napas buatan dengan meniupkan udara ke mulut atau hidung orang tersebut.
➮ Ulangi kompresi hingga pertolongan datang dan orang tersebut ditangani petugas kesehatan dan dibawa ke rumah sakit, ingat waktunya hanya 4 menit jadi harus cepat-cepat ditolong

Tour Singkat Rumah Sakit Awal Bros

Setelah acara talk show kesehatan selesai, kami para undangan yang hadir di ajak tour singkat untuk melihat lebih dekat ruangan dan fasilitas apa saja yang ada di rumah sakit Awal Bros ini.

Bisa dibilang rumah sakit Awal Bros yang bernuansa hijau ini, lumayan luas dan fasilitas yang ada juga cukup lengkap, diantaranya ada Center of Excellence, Polikklinik Eksekutif, Hermodialisa, Electromyography, NICU/PICU, USG 4D, CT-Scan 128 Slice dan masih banyak fasilitas lainnya.

Rumah sakit Awal Bros memiliki fasilitas tempat tidur umum terdiri dari ruang SVIP, VIP, Kelas 1,2 dan 3 dan semuanya dibuat senyaman mungkin untuk para pasien. Saat ini sendiri total dari tempat tidur yang tersedia ada 100 tempat tidur.

The Last, Selamat atas beroperasinya rumah sakit Awal Bros Bekasi Timur, semoga kehadirannya tidak hanya berorientasi pada profit semata, namun ada sisi yang tidak kalah penting yaitu, bagaimana masyarakat dapat terpenuhi pelayanan kesehatannya dengan baik.

Alat CT-Scan 128 Slice yang Mampu Menyinari
 hingga Lapisan paling Tipis

Ruang IGD Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Timur

Salah Satu Fasilitas Ruangan pemeriksaan Pasien,
Lengkap dengan Alat Treadmill



14 komentar:

  1. Makan makanan sehat nih kak yang kadang aku susah ngaturnya, tapi kalau olahraga sih, ya jalan kali aku pilih, biar gerak fisik terus tiap hari wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bener Ka Aris pola makan yang PR banged. Kalau olahraga masih rajinlah jalan pagi yang penting aktif bergerak ya Ka.

      Hapus
  2. Lengkap banget fasilitas rumah sakitnya ya. Gak berasa di rumah sakit, tapi jangan sampai kita juga di rawat karena sakit yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga fasilitas yang lengkap diimbangi dengan pelayanan yang baik dan prima ya Mba.

      Hapus
  3. Pada prakteknya saat ada yang kena serangan jantung banyak yang memilih ngumpul di dekat korban sehingga asupan oksigen juga terbatas. Harusnya ada yang bagian ngusir ngusir warga yang menonton ya agar pertoongan lebih maksimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenyataanya masih banyak seperti itu ya Mba, pada ngumpul di dekat korban.
      SEmoga kalau sampai menemukan orang yang tiba-tiba pingsan dijalan, bisa mempraktekan ilmu yang sudah di dapat kemaren.

      Hapus
  4. Kirain malah Mbak Evi udah sering banget ke event di bekasi hehe.
    Jadi pengen belajar bantuan hidup dasar abis talkshow kmrn mbak. Kalau liat drama2 luar gtu pd bisa bantuin, kalau di kita seringnya panik duluan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh.. Ini yang pertama Mba April
      Ehh qo sama ya, Aku pun selama ini cuma liat bantuan hidup dasar di film-film ajah. Jadi pas kemaren dapet ilmunya, bersyukur banged, semoga bisa mempraktekannya.

      Hapus
  5. Aku bersyukur bisa ikut acara ini. Banyak ilmu yg didapat, kalo konsultasi ke dokter pasti mahal bayarnya. 🙊😂

    BalasHapus
  6. Walau cukup banyak juga yang mesti kita benahi, biar terhindar dari penyakit jantung, tapi pelan2 memang mesti diterapkan pola hidup sehat kayak kakak Marcel. Moga kita selalu sehat2 ya.

    BalasHapus
  7. Ternyata obesitas juga berbahaya buat jantung :(

    BalasHapus
  8. Iya ya orang sampai berobat ke Cina, Malaysia, dll karena fasilitas rumah sakit di sana. Semoga dengan hadirnya Awal Bros menjadi pilihan berobat yang lebih terjangkau

    BalasHapus
  9. Sekarang warga Bekasi ga perlu jauh2 ke ibukota Jakarta ya kalau mau berobat maupun kondiai gawat darurat. Pelayanan dan fasilitas RS Awal Bros sudah internasional mantaap.

    BalasHapus
  10. Aku gagal fokus sama Marcelino :)))
    Btw ternyata gaya hidup sehat tak menjamin kalo seseorang bisa terkena PTM ya Mbaa

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.