Philips : Tantangan Orangtua Modern Dalam Memberikan Makanan Pendamping ASI

04.03 Evi Fadliah 0 Comments

Solusi untuk Menjawab Kebutuhan Nutrisi Anak

 Halo Moms apa kabarnya?

Sebagai seorang Ibu yang juga memiliki jabatan sebagai ibu pekerja, tentulah bukan hal mudah untuk dijalani. Perlu perjuangan dan dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekat. Yupp, saya pernah merasakan hal tersebut, ketika putri kecil saya lahir, saya berstatus masih menjadi salah satu pegawai di salah satu Bank Swasta di Jakarta.


Ternyata tak mudah menjalani 2 peran sekaligus, meskipun rasa lelah menghantui, tapi ketika melihat senyum anak rasa lelah tersebut mulai terkikis dan tergantikan dengan rasa bahagia. Ternyata saya hanya bertahan selama 6 bulan lebih saja, untuk menyandang 2 status sekaligus, karena pada akhirnya saya harus memutuskan untuk resign.

Kala itu, setelah cuti melahirkan dan sibuk dengan rutinitas kantor, air ASI saya tak sebanyak sebelumnya, dan saya cukup merasa sedih akan hal itu, Saya hanya lulus 6 bulan untuk memberikan Full ASI kepada si kecil. Setelah itu putri kecil saya dibantu dengan sufor, ini memang sebuah pilihan yang harus saya ambil, demi memberikan nutrisi yang terbaik bagi anak saya.

Beberapa waktu lalu, bersama Philips AVENT saya menghadiri acara talk show dengan tema "Solusi untuk menjawab kebutuhan nutrisi anak"
Philips AVENT sebagai pemimpin produk ibu dan anak, yang merupakan bagian dari Royal Philips mengadakan acara ini dengan tujuan memberikan dukungan kepada para orangtua untuk memahami nutrisi apa yang dibutuhkan anak dalam masa tumbuh kembang atau periode emas mereka.

Philips Avent sangat menyadari bahwa pentingnya nutrisi termasuk ASI dan makanan pendamping (MP-ASI) selama pertumbuhan anak. Sehingga melalui rangkaian produk elektrik inovatif Philips AVENT, dapat memberikan kemudahan kepada para orangtua.

Apalagi data dari BPS pada tahun 2016 Indonesia berada pada posisi ke 6 sebagai negara yang memberikan kesempatan kepada wanita untuk memimpin di sebuah perusahaan. Hal tersebut membuktikan bahwa pekerja wanita hampir setara dengan pekerja pria yaitu sebesar 40 % dari seluruh angkatan kerja.

Melihat dari data tersebut jumlah ibu bekerja terus meningkat berarti sangat memerlukan hadirnya produk yang dapat menunjang kewajiban sebagai ibu yang menyesuai sekaligus sebagai seorang karyawan. Agar kedua hal tersebut dapat berjalan dengan baik dan dapat memenuhi pemberian ASI dan  nutrisi yang baik.

Philips AVENT dengan bangga menghadirkan produk Philips AVENT Comfort Electric Breast Pump dengan bantalan khusus untuk membantu ibu. Produk ini pastinya akan sangat membantu para ibu pekerja khususnya untuk menghemat tenaga dan waktu saat memompa ASI di kantor.

Tak bisa dipungkiri dengan menggunakan alat pemompa ASI yang memiliki kualitas oke, sangat membantu agar ASI keluar dengan deras. Apalagi saat berada di kantor, kita tak memiliki banyak waktu untuk memompa ASI dan hal tersebut yang saya rasakan.

Belom lagi keropatan yang lainnya, terkadang hal tersebut membuat kita menjadi tidak rileks saat harus memompa ASI. Sudah susah payah untuk memompa ternyata hasilnya tidak banyak. Padahal kebutuhan ASI si kecil harus terus kita penuhi.

Ada pula di jaman sekarang ini, tak sedikit para ibu pekerja yang mengandalkan jasa antar ASI, semua ini dilakukan semata-mata untuk sang buah hati. Seakan tantangan terjawab dengan hadirnya produk Philips AVENT 3-in-1 Electric Steam Strelizier yang di desain untuk dapat mensterilkan 5 hingga 6 botol.

Bukan hanya itu, sekaligus dengan produk ini dapat membunuh 99,9% kuman berbahaya. Nah, Moms ada juga AVENT fast Bottle Warmer yang berfungsi untuk menghangatkan susu secara merata hanya dalam waktu 3 menit saja.

Tentu saja semua produk ini sangat membantu para ibu dan anggota keluarga yang lainnya dalam rangka memberikan ASI bagi buah hati. Pengalaman yang saya rasakan dulu, kesulitan yang dialami saat harus menghangatkan ASI yang telah disimpan dalam freezer juga dirasakan oleh keluarga saat menjaga si kecil dirumah.

Tapi sayang saat itu saya belum memiliki alat yang mempunyai banyak manfaat ini, sepertinya untuk anak yang kedua nanti, harus punya dech, supaya kesulitan yang saya alami pada anak pertama terdahulu tidak terjadi lagi dengan anak yang kedua nanti. Aamin

Tak hanya berhenti sampai disitu saja, ada juga Philips AVENT 4-in-1 Healthy Baby Food Maker yang menggabungkan fungsi kukus, blender, defrost dan reheat di dalam satu produk. Tentu saja hal ini sangat membantu para Moms untuk memudahkan dalam menyiapkan makanan pendamping ASI.

Kebersihan dan kualitas dari makanan pendamping ASI untuk si kecil sudah seharusnya menjadi perhatian, pasalnya pemberian MPASI yang tidak tepat pada bayi akan menimbulkan masalah. Saat 6 bulan kehidupan bayi, ASI merupakan asupan satu-satunya yang didapatkan bayi, jadi kita tidak terlalu khawatir ya Moms.

Namun, setelah usai masa ASI Ekslusif enam bualn, kita dihadapkan dengan masa pengenalan makanan selain ASI pada buah hati tercinta. Tidak mudah memang dalam mengenalkan makanan pendamping ASI, tapi harus dilakukan dengan baik dan benar.

AMenurut WHO, masa transisi dari ASI eksklusif ke makanan pendamping ASI (MPASI) umumnya berlangsung saat bayi berusia enam bulang hingga 18-24 bulan, dan periode ini merupakan masa yang sangat krusial bagi anak.

DR. dr. Damayanti R Sjarif Sp.A(K)
Pada kesempatan itu DR. dr. Damayanti R Sjarif Sp.A(K), dokter spesialis anaksub-spesialisasi nutrisi dan penyakit metabolik, mengatakan "Kualitas kesehatan manusia jangka pendek dan jangka panjang akan ditentukan oleh asupan nutrisi selama periode emas, 270 hari pralahir yaitu masa janin dan 720 hari pasca lahir.

Mengenai asupan MPASI ini juga menurut dr, Damayanti  masih banyak terjadi kesalahpahaman di antara para orangtua tentang pengenalan sayur dan buah yang lebih diutamakan, dibandingkan melengkapi kekurangan ASI terhadap energi, protein, lemak serta vitamin dan mineral. 

Semua itu yang paling dibutuhkan oleh anak untuk tumbuh kembang terutama otak. Rekomendasi pemberian makan bayi yang benar menurut data WHO yaitu : 
➧ Inisiasi menyusui dini kurang lebih 1 jam setelah bayi lahir
➧ ASI eksklusif selama 6 bulan
➧ Makanan pendamping ASI diberikan paling lambat pada usia 6 bulan sambil melanjutkan pemberian ASI
➧ Memberikan makanan pendamping ASI; tepat waktu, kandungan nutrisi cukup baik makro maupun mikro seimbang, aman dan diberikan dengan cara yang benar.

Sebenarnya ya Moms, tidak ada urutan jenis makanan apa yang harus dikonsumsi terlebih dahulu oleh si kecil. Karena pada dasarnya bayi sudah diperkenalkan pelbagai rasa makanan yang dikonsumsi ibu melalui air ketuban dan ASI.

Jadi ketika si kecil telah diperkenalkan dengan MPASI boleh-boleh saja memberikan tambahan bumbu masak kepada makanan anak dengan jumlah dan takaran yang sedikit. Karena cenderung bayi akan menyukai dan menghabiskan makananya jika ada rasa bumbu dalam makanan mereka.

Jangan pernah menganggap sepele akan hal ini ya Moms, permasalahan MPASI biasanya akan menimbulkan beberapa masalah sebagai berikut :

➧ Masalah pemberian MPASI yang tidak tepat alergi

Pemberian makanan yang tidak memperhatikan riwayat alergi anak justru akan membuat anak mengalami alergi berkepanjangan. Dalam memberikan makanan pendamping ASI, penting bagi orangtua untuk selalu memperhatikan tanda-tanda alergi pada buah hatinya.

➧ Bayi mengalami luka pada usus

Luka ini biasanya diakibatkan karena berbagai keadaan sebagai berkut :

Sayuran bersifat tinggi : Pemberian sayuran berserat tinggi pada masa awal pengenalan makanan pendamping ASI akan membuat usus bayi menjadi terluka, bahkan bisa mengalami diare pada bayi yang berkepanjangan.

Usia : Tidak sedikit orangtua yang memberikan makanan pendamping pada bayinya terlalu dini atau belum pada waktunya. 

➧ Makanan terlalu keras

Pada masa awal-awal perkenalan MPASI, Moms harus memperhatikan tekstur makanan yang akan diberikan. Sebaiknya makanan harus berstekstur lembut dan mudah dicerna oleh si kecil. 

➧ Bayi mengalami masalah makan

Pemberian MPASI harus dilakukan dengan bertahap dan hati-hati, sebagai langkah awal dapat menyususn jadwal pemberian ASI dan MPASI.

➧ Infeksi saluran pencernaan

Aspek kemanan MPASI juga harus diperhatikan oleh kita sebagai orangtua ya Moms, aspek keamanan tersebut meliputi cara pemberian makanan yang tepat, waktu pemberian makanan itu sendiri, jenis makanan yang dipilih dan kebersihan dari makanan.

➧ Anak hanya menyukai satu jenis makanan

Moms, ketika kita melihat anak menyantap satu jenis makanan dengan lahap, sehingga kita lupa memberikan jenis makanan yang lain, dan terus memberikan makanan berulang pada bayi tanpa adanya variasi maka hal tersebut tidak disarankan. 

Inilah jawaban Philips AVENT dengan hadirnya 4-in-1 Healthy Baby Food Maker yang menggabungkan fungsi kukus, blender, defrost dan reheat di dalam satu produk. Jadi ini sangat membantu untuk para Moms dalam menyiapkan makanan pendamping ASI untuk si kecil.

Dengan menggunakan alat ini bahan makanan bayi dikukus dengan tingkat kematangan yang merata meski tanpa harus didihkan terlebih dahulu lho Moms. Setelah selesai kita tinggal angkat kemudian putar posisi wadah 180 derajat dari atas ke bawah untuk melumatkan bahan-bahan makanan yang dikukus agar menjadi lembut dan mudah dikonsumsi bayi.

Produk Philips AVENT
Keseruan pada hari itu, 6 peserta talk show yang hadir diajak untuk membuat MPASI dengan menggunakan Healthy Baby Food Maker ini, jadi ilmu yang telah didapatkan dari dr. Damayanti langsung dipraktekan.

Terbukti dengan menggunakan produk dari Philips AVENT menjadi lebih mudah dan cepat.

Philips AVENT

So, Moms selama lebih dari 30 tahun, Philips AVENT terus melakukan inovasi untuk memberikan yang terbaik bagi ibu dan bayi, yang disesuaikan dengan perubahan jaman yang semakin modern dan serba instan. 

Bapak Yongky Sentosa, Head of Personal Health Philips Indonesia mengatakan melalui rangkaian produknya sangat memahami tantangan dan kebutuhan orangtua modern dalam memenuhi nutrisi anak-anak mereka.

All Narasumber
Dalam mengembangkan produknya Philips AVENT juga melibatkan para ahli termasuk Dokter anak, Psikolog dan para orangtua. Jadi tak salah jika banyak yang merasa sangat terbantu dan mengakui kualitas dari produk-produk Philips AVENT ini.

Moms prinsipnya, kenalkanlah makanan Indonesia yang sehat sesuai dengan ketersedian bahan makanan lokal agar anak-anak kita tumbuh dengan baik dan optimal.

For More Information : Produk Philips AVENT dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko retail modern, seperti Mother Care, dan toko peralatan bayi di kota masing-masing. Selain itu Moms juga bisa mendapatkan promo secara online di JD.id

0 komentar:

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.