Pasaraya Blok M Tribute to Batik Indonesia Untuk Generasi Muda

12.15 Evi Fadliah 0 Comments

Me at Pasaraya Blok M
Halo teman-teman apa kabarnya?

Siapa yang senang menggunakan batik? Saya, meskipun sering menggunakannya disaat acara formal saja. Hal tersebut karena memang menyesuaikan acara, atau koleksi batik saya yang tidak banyak. Heheh

Saat ini model dan corak batik sudah semakin beragam, saya sendiri mengenal 3 jenis batik yang ada di Indonesia berdasarkan teknik, yaitu :

1. Batik Tulis, pembuatan batik diatas kain ini menggunakan tangan dan biasanya memakan waktu yang cukup lama, sekitar 2-3 bulan dan merupakan jenis batik yang pertama kali di Indonesia. Kita mengetahui teknik proses pembuatan batik ini dengan menggunakan perlengkapan berupa Canting (alat khusus membatik), lilin cair, dan tungku pemanas.

2. Batik Cap, biasanya kain atau corak batik yang dibentuk dengan cap (terbuat dari tembaga), proses pembuatan batik ini terbilang cepat yaitu 2-3 hari.

3. Batik Printing, proses pembuatan batik ini dibuat dengan sistem sablon. Sehingga diantara ketiga jenis batik berdasarkan teknik pembuatannya, batik printing-lah yang harganya paling terjangkau. 

Kalau teman-teman lebih suka jenis batik dengan teknik yang mana niy? 

Apapun pilihan batik yang kita gunakan, tujuannya adalah selain suka dan mencintai produk dalam negeri, tentu saja hal ini sebagai bentuk kita turut melestarikan budaya batik di Indonesia. Yess Hidup Batik Indonesia..!!

2 Oktober

Ada apa dengan tanggal 2 Oktober? Yup, setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional, hal tersebut bertepatan dengan ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusian untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Itulah sebabnya tanggal 2 Oktober setiap tahun ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional

Pasaraya

Pasaraya hadir pertama kali dengan nama Sarinah Jaya pada tanggal 27 Maret 1974 yang memiliki tujuan untuk menjadi departemen store terkemuka di Indonesia yang fokus untuk menyediakan produk seni tradisioanl dan kerajinan.

Pasaraya terus melakukan kreasi dan inovasi, selain menyediakan barang untuk kebutuhan sehari-hari, batik dan kerajinan. Pasaraya juga telah menambahkan beberapa fasilitas seperti restoran, cafe dengan tema tradisional seperti Pasaraya.

Selanjutnya untuk memperluas bisnis, pada tahun 1980 toko dipindahkan ke Blok M. Sarinah Jaya mengalami pergantian nama menjadi Pasaraya, lalu menjadi Pasaraya Big & Beautiful, selanjutnya menjadi Pasaraya Grande, dan yang terakhir menjadi Pasaraya the Pride Of Indonesia

Pada kesempatan ini Pasaraya sebagai salah satu department store terkemuka dan terbesar di Indonesia, memberikan dukungannya untuk meningkatkan hasil produksi dari dalam negeri dengan menghadirkan keragaman batik yang bisa digunakan oleh berbagai kalangan, dari usia muda hingga orang dewasa.

Pasaraya yang telah berdiri lebih dari 43 tahun sangat dikenal dengan seni tradisional dan kerajinan. Pasaraya juga menjadi salah satu mitra terbaik pemerintah Indonesia dalam upaya memajukan industri kecil kerajinan batik.

Bersama Ibu-Ibu Wajah Bunda Indonesia
Tanggal 2 Oktober yang lalu, saya ikut menjadi bagian dalam acara Opening Ceremony- Tribute to Batik, di Pasaraya Blok M Jakarta Selatan. Kegiatan ini berlangsung selama 7 hari, tepatnya dari tanggal 2-8 Oktober. Lalu ada apa saja ya dalam acara kemaren tersebut?

Undangan yang hadir dalam acara ini, yang diwakili oleh Komunitas Wajah Bunda Indonesia dan para Blogger Bunda Indonesia hadir dengan menggunakan pakaian yang bernuansa Batik.

Khsus tanggal 2 Oktober kemaren fokus kepada koleksi Batik Kontemporer, namun dalam acara ini bukan hanya ada bazar batik kontemporer saja, tapi juga ada bazar makanan, ada berbagai macam workshop dan perlombaan yang berkaitan dengan batik, ada acara fashion dan tidak ketinggalan pula acara musik.

Batik Kontemporer

Mengapa dalam acara Tribute to Batik 2017 di Pasaraya kemaren memiliki koleksi batik Kontemporer yang ditonjolkan? Hal ini karena ingin lebih memperkenalkan jenis batik kontemporer ini kepada masyarakat luas pada pasar milenials. 

Apa sih Batik Kontemporer itu? Kontemporer memiliki arti "terkini" maka jika dikaitkan dengan batik, pengertian Batik Kontemporer berarti memiliki makna batik masa kini yang proses penciptaanya lebih banyak dibuat para seniman batik atau para desainer batik.

Batik Kontemporer ini cenderung memiliki pola yang bebas, biasanya motif bisa berupa bentuk patung manusia, hewan, berbagai tumbuhan, dan bentuk-bentuk abstrak lainnya. Ternyata dalam beberapa bulan terakhir ini, jenis Batik Kontemporer ini termasuk yang paling banyak diminati. Jadi tidak salah jika dalam kesempatan ini pihak Pasaraya mengangkat Batik Kontemporer.

Tarian tradisional tampil sebagai pembuka acara ini, yang kemudian dilanjutkan dengan rangkaian fashion show koleksi pakaian Batik Kontemporer. Melihat dari keselurah Batik yang dipergakan oleh para model di siang hari itu, koleksi model yang ditampilkan memang unik dan pastinya sangat kekinian. Koleksi yang ditampilkan ini juga bisa digunakan buat teman-teman yang menggunakan hijup lho! Pokoknya lengkap dech koleksinya..

Koleksi Batik by Agnes (Dok Mpo Ratna, mporatna.com)
Ada beberapa koleksi yang saya taksir dalam acara fashion show ini, nggak heran siy? Karna memang fashion show yang menampilkan koleksi by Agnes ini sangat mengikuti trend busana yang banyak diminati oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Jadi wajar saja, kita para undangan yang hadir terbawa hanyut untuk menikmati fashion show batik selama 7 hari berturut-turut ini. Ibu Lisa Wijaya sebagai Asisten Floor Manager Pasaraya dalam kesempatan ini juga berharap dengan adanya kegiatan ini di Tribute to Batik, akan semakin mengangkat kecintaan masyarakat terhadap Batik, karya anak bangsa.

All Narasumber Tribute to Batik Indonesia
(Dok.Mporatna.com)
Selain itu, rancangan dari Batik Kontemorer bukan hanya koleksi pakaian saja yang banyak diminiti, tetapi koleksi untuk tas, baju kasual, topi, sepatu dan sandal juga sudah banyak dilirik oleh para pecinta batik. Sehingga pada tahun ini Pasaraya mengemas acara Tribute to Batik ini dengan semenarik mungkin, buktinya dengan menghadirkan acara BATIKUSTIK, yang menghadirkan sejumlah band ternama seperti Imela Kei Ten2Five, Bunga, Shore, Orind dan Foxa.

Bukan hanya orang dewasa saja yang dapat menikmati acara ini, melainkan anak-anak juga mendapatkan keseruan dengan ikut berpartisipasi mengikuti perlombaan menyanyi anak dan fashion show. 

Semoga kedepannya acara seperti ini semakin banyak diselenggarakan di Indonesia, sehingga banyak masyarakat yang akan semakin tertarik untuk turut serta melestarikan budaya Batik Indonesia. Aamin
Karena saat ini, Pasaraya bukanlah toko yang hanya menyediakan batik dan kerajinan tradisional saja, melainkan pusat perbelanjaan dan hiburan yang lengkap untuk seluruh anggota keluarga.

Kalian punya keseruan acara atau pengalaman dengan batik, boleh dunk share di coment..


0 komentar:

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.