Mandiri Edukasi 2017 : Tips Menghabiskan Gaji yang Menyenangkan

15.16 Evi Fadliah 0 Comments

Me di Acara #MandiriEdukasi2017
 Halo teman-teman semua apa kabarnya?

Setiap orang bekerja berharap bisa untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, dan berharap pula untuk memiliki simpanan. Apalagi untuk mereka yang memiliki pendapatan lebih, pasti mengalami yang namanya bingung uang tersebut mau dihabiskan untuk apa? 

Banyak siy rencana yang dimau, mulai dari belanja, liburan, membeli barang mewah dan yang lainnya. Namun jika manajemen keuangan rumah tangga tidak hati-hati nantinya bisa salah urus. Akhirnya yang terjadi uang memang bisa memenuhi kebutuhan hidup, tapi tak bisa memenuhi gaya hidup.

jadi bagaimana menghabiskan uang gaji bulanan yang aman, apa saja yang harus kita lakukan dengan uang gaji tersebut?

Minggu, 22 Oktober 2017 kemaren di weekend yang tetap produktif saya menghadiri undangan Mandiri Edukasi 2017 di Panggung Nusantara-Hall C-Ice BSD. Hadir sebagai pembicara : Ahmad Gozali (Financial Planner) dan artis Ivy Batuta, selain itu ada cooking demo Chef Billy Kalangi.

MC Kemal Membuka Acara #MandiriEdukasi2017
Sebelum saya lanjut untuk membahas masalah keuangan, kita simak terlebih dahulu acara yang dibuka oleh MC Kemal ini. Acara ini sudah dilakukan di 10 wilayah Indonesia mulai dari Aceh sampai Ternate dan pada tanggal 22 Oktober 2017 adalah acara puncak.

Selanjutnya sudah ada Chef Billy yang akan memasak healthy food yaitu healthy burger. Keseruan acara memasak ini melibatkan penonton juga lho! Demo masak dari Chef Billy dalam membuat burger tidak menggunakan roti tapi menggunakan alpukat dan Taraa begini niy hasilnya.

Sesi Demo Cooking Bersama Chef Billy
Pada siang itu Chef Billy demo 2 masakan sehat, untuk menu keduanya Greek Yoghurt Manggo, menu yang sebelumnya menggunakan alpukat, nah menu yang kedua berbahan dasar mangga. Lihat hasil dari menu Chef Billy berhasil bikin peserta merasa ngiler. Hehehe

Setelah masak-masak kita berlanjut membahas keuangan lagi yuu!

Bagaimana cara mengatur keuangan yang baik sehari-hari? Ivy batuta sendiri mengatakan hal pertama yang dia lakukan ketika menerima gaji yaitu untuk membayar hutang-hutangnya, setelah itu beliau menyisihkan uang untuk membayar zakat dan infaq.

Ada kewajiban untuk menyisihkan uang untuk membayar asuransi dengan tabungan khusus yang sudah di koneksikan untuk investasi, tambah Ivy Batuta.
Dia tidak mau saat anak sekolah harus berhutang untuk memenuhi biaya sekolah anaknya, karena berkaca dari pengalaman saat beliau masih kecil dulu, dimana orangtuanya mencari pinjaman untuk membiayai anak-anaknya sekolah.

Untuk mengatur keuangan itu nggak ada yang benar dan nggak ada yang salah kata Ahmad Gozali di acara #mandiriEdukasi2017. Manfaatkan waktu untuk menghabiskan uang tapi dengan cara yang benar, jadi meskipun uang gajian kita habis tapi kita tetap Happy. Emang bisa yaa?

Bisa dunk, tapi perlu diingat ya dalam mengatur keuangan bukan hanya tugas istri saja lho, suami juga harus terlibat. Namun, untuk melakukannya diperlukan mindset yakni jika sebelumnya fokus pada cara meyisakan uang, ubahlah dengan menghabiskan uang dari penghasilan bulanan, tapi tetap menghabiskan dengan cara menyenangkan.

All Narasumber
Karena uang memang untuk dibelanjakan dan gajian untuk dihabiskan, apalagi kalau ada kata-kata "Mah uang gajian bulan ini sudah dihabiskan atau belum" duch pasti bahagia sekali dengarnya.

Menghabiskan uang gajian ala Ahmad Gozali jangan diartikan perilaku konsumtif yang cenderung mengedepankan keinginan (selera) dan bukannya kebutuhan. Untuk itu ada cara mengelola keuangan dengan 4 tahapan prioritas :

➮ Kewajiban agama/sosial 

Kewajiban agama atau sosial seperti zakat berada dalam prioritas pertama dan pengeluaran sifatnya fix 2,5 persen untuk zakat. Besarnya untuk pengeluaran ini biasanya 10% dari penghasilan kita.

 Membayar cicilan hutang

Besarnya yang harus dipersiapkan sekitar 30%, pengeluaran ini sifatnya juga fix dan memilki risiko yang tinggi. Oleh karena itu kita harus memenuhi kewajiban ini setiap bulan saat awal menerima gajian. Seperti cicilan KPR, kendaraan, kartu kredit dan yang lainnya.


➮ Kebutuhan masa depan (saving)

Menabung, berinvestasi, dan membeli asuransi adalah sejumlah bentuk kebutuhan masa depan yang harus dialokasikan dari penghasilan bulanan besarnya sekitar 15%. Kebutuhan ini menjadi penting, karena kondisi keuangan yang selalu dinamis.

➮ Biaya hidup

Besarnya untuk memenuhi kebutuhan ini adalah 30%, setelah kita memenuhi kewajiban diatas, sisakan semua kebutuhan untuk memenuhi biaya rutin bulanan, seperti membayar listrik, keperluan dapur dan sembako serta uang sekolah anak dan sebagainya.

Permasalahannya adalah kebanyakan dari kita, uang cepat habis terpakai begitu menerima gaji. Jadi Ahmad Gozali menegaskan prioritas membelanjakan uang adalah membayar utang, lalu dahulukan saving setelah itu baru shopping yang keinginannya tak pernah bisa dibatasi. Sepertinya kalau saya pribadi terbalik niy, shopping dulu baru saving, hadeuhh.

Nah, perlu diingat prioritas saat memperoleh penghasilan adalah Invest The RIGHT Way. Banyak masyarakat yang beranggapan kalau investasi itu membutuhkan modal yang cukup banyak. Memang investasi nggak ada yang salah, yang salah itu yang nggak berinvestasi. Noted!


Tapi perlu diingat yang namanya investasi tetap ada risikonya. Sebenarnya pilihan investasi itu tergantung tujuan, penghasilan bulanan atau kenaikan harga? Mau investasi jangka panjang, jangka pendek atau liquid? Bank Mandiri memiliki produk investasi yang namanya Mandiri Investasi

Dimana keuntungan dari reksadana ini yaitu :

- Dikelola manajer investasi profesional

Produk ini sangat cocok untuk kita memiliki keterbatasan pengetahuan, keterbatasan waktu dan akses informasi karena nantinya investasi kita akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional berlisensi yang terdaftar di OJK.

- Investasi dengan dana terjangkau

Siapa bilang investasi harus punya modal banyak? Buktinya di Bank Mandiri reksa dana dapat menjadi alternatif investasi yang terjangkau dengan minimal pembelian dan top up mulai dari Rp. 50.000 sesuai ketentuan.

- Liquiditas yang tinggi

Reksadana itu sangat fleksibel, karena kita yang ngatur sendiri, bisa dibeli setiap hari atau dijual setiap hari juga bisa. Jadi investor dapat melakukan penjualan kembali Unit Penyertaannya setiap hari.

- Sarana investasi yang praktis dan mudah

Nasabah dapat melakukan transaksi dengan dana yang ada di RDN (tanpa harus transfer ke rekening lain) dan Manajer Investasi yang akan mengelola investasi sesuai reksa dana pilihan nasabah.

So, Mengapa harus investasi di Bank Mandiri? Karena perusahaan pemerintah dan telah diakui sebagai top 10 investment Manajemen. Menurut Pak Mouldy perwakilan dari pihak Bank Mandiri mengatakan belilah masa depan anda sekarang juga dengan berinvestasi.

Semua kemudahan berinvestasi telah diberikan, mulai dari investasi Rp. 50.000 untuk beragam produk, pembelian dan pencairan investasi dapat dilakukan setiap saat melalui web dan mobile, dan yang paling penting untuk melakukan transaksi tersebut tidak perlu datang ke kantor cabang, semuanya bisa dilakukan secara online.

Satu hal lagi menurut Bapak Mouldy, dalam savng itu harus optimal dan mulailah melakukan investasi sedini mungkin. Selanjutnya kita tinggal memilih cara mengatur keuangan mau yang menyenangkan atau yang tidak menyenangkan. 

Performance Musik by Virzha
Keseruan acara hari itu dimeriahkan pula dengan penampilan dari performance musik by Virzha, yang membawakan beberapa lagu hitsnya dan tentunya yang banyak ditunggu-tunggu doorprize untuk para peserta yang telah hadir. Alhamdulillah, saya beruntung mendapatkan doorprize smartphone.

Terima kasih atas undangannya Bank Mandiri dan Komunitas indonesian Social Blogpreneur. Jangan lupa untuk datang ke acara Mandiri Pekan Raya Indonesia 2017 di ICE-BSD City tanggal 21 Oktober 2017 sampai 5 Novemver 2017, banyak bazzar dan acara-acara seru lainnya.

Yuuk, kita mulai untuk berinvestasi!


0 komentar:

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.