Ternyata Asuransi Banyak Melakukan Revolusi untuk Kebutuhan Masyarakat lho! Simak Hal Berikut ini..!!

01.54 Evi Fadliah 0 Comments

Asuransi Jiwa
Halo teman-teman apa kabarnya?

Sebagian kesalahan yang hampir dihadapi oleh orang dalam memberi asuransi, ternyata mereka tidak mengetahui manfaat dari premi yang dibeli. Banyak diantara mereka yang hanya membayarkan premi asuransinya setiap bulan, namun ketika ditanya manfaat dari produk asurasi yang mereka bayarkan, tak sepenuhnya mereka mengetahuinya. Sungguh miris sekali jika kita menemukan hal seperti ini.

Pastikan kita memahami terlebih dahulu manfaat dari suatu produk asuransi jiwa sebelum kita memutuskan untuk membeli produk asuransi tersebut. Kita harus pahami bahwa tujuan utama dari asuransi adalah untuk memberikan perlindungan untuk diri kita sebagai pemilik polis dan keluarga serta untuk membangun proteksi keuangan jika suatu hal yang tidak diinginkan telah terjadi.

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan jika memiliki polis asuransi jiwa  yaitu untuk membantu kita membangun perlindungan keuangan, menyediakan waktu pensiun yang nyaman, bahkan untuk mengurus tagihan medis. Seiring berkembangnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan asuransi yang saat ini terus meningkat seiring dengan meningkatnya edukasi dan sosialisasi yang ditunjukan sekarang ini.

Kita ketahui bahwa hidup di dunia ini dipenuhi dengan hal-hal yang tidak pasti, termasuk resiko yang ada kaitannya dengan penyakit (sakit), kecelakaan, terjadinya musibah bencana alam sampai meninggal dunia.

Sejarah Asuransi dan Manfaatnya


Quote Asuransi
Asuransi sendiri memiliki pengertian yang berarti pertanggungan atau perjanjian atas suatu obyek dari ancaman bahaya yang menimbulkan kerugian. Asuransi merupakan perjanjian antara dua belah pihak atau lebih, dengan menerima premi-premi asuransi untuk memberi penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung karena suatu peristiwa yang tidak pasti.

Jika kita menengok sejarah dan perkembangannya asuransi di Indonesia saat ini, tentunya banyak manfaat dan kemudahan yang kita dapatkan saat ini. Mempelajari sejarah asuransi kemungkinan besar akan dengan mudah memilih asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhan kita. Mengetahui sejarah asuransi akan membuat kita lebih jeli, karena belakangan ini banyak bermunculan aneka ragam produk asuransi yang ditawarkan.

Fenomena tersebut menjadi rentan bagi masyarakat awam salah memilih dalam membuat alokasi dana untuk proteksi, investasi atau tabungan biasa. 

Asuransi yang kita kenal saat ini, sudah ada sejak masa kerajaan Romawi pada masa pemerintahan Raja Alexander Agung, dimana konsep yang diterapkan lebih mengarah kepada aktivitas patungan yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk membantu anggotanya ketika terkena musibah sakit atau meninggal dunia.

Sedangakan di Indonesia sendiri asuransi dimulai sejak kedatangan Bangsa Belanda ketika menjajah Indonesia. Asuransi pada saat itu lebih mengarah kepada aktivitas perdagangan pemerintah kolonial pada sektor perkebunan dan perdagangan. Karena pada saat itu Indonesia terkenal dengan komoditas alamnya seperti, kelapa sawit, rempah-rempah, tembakau dan lain sebagainya.

Setelah kita mengenal sekilas tentang asuransi, sebenarnya siapa saja yang harus memiliki polis asuransi ini. Asuransi apa yang paling banyak diminati masyarakat pada umumnya, belum lagi generasi millineal saat ini.

Berikut ada beberapa manfaat penting asuransi yang perlu kita ketahui, antara lain :


1. Menumbuhkan rasa aman dan tenang

Jika suatu hal yang tidak terduga terjadi pada kita, apabila kita sudah terdaftar sebagai anggota asuransi maka kita akan mendapatkan pelayanan, membuat kita merasa lebih aman dan tenang. Bayang-bayang kesulitan menutup biaya kerugian sudah terlepas dari puikiran.

2. Membantu pengelolaan keuangan

Setelah kita terdaftar sebagai program asuransi maka kita harus menyisihkan sebagian pendapatan untuk membayar premi sebelum batas waktunya. Hal tersebut sama saja untuk melatih diri kita untuk lebih cermat dalam menggunakan uang sehingga kebutuhan keuangan keluarga kita dapat tercukupi.

3. Memberikan jaminan perlindungan terhadap resiko kerugian

Masing-masing dari program yang dikeluarkan oleh pihak asuransi memberikan jaminan perlindungan atas kerugian yang dialami oleh nasabahnya. Sehingga program asuransi tersebut membantu kesulitan hidup nasabah di masa yang akan datang.

4. Hidup lebih efisien

karena pada dasarnya melakukan perenacanaan kemanan serta pengawasan secara pribadi dalam bentuk perlindungan, akan memerlukan biaya yang besar, waktu dan tenaga. Sehingga dengan memiliki asuransi, program kehidupan kita dapat diatur dengan lebih efisien.

5. Program asuransi jiwa dapat dijadikan sebagai tabungan

Masyarakat Indonesia, menabung merupakan budaya persiapan untuk masa depan yang lebih baik. Hal ini menjadi menarik untuk perusahaan asuransi untuk menciptakan produk tabungan dengan jaminan asuransi didalamnya.

Lantas siapa saja yang pantas untuk memiliki polis asuransi jiwa ini

Memang keputusan untuk memiliki asuransi jiwa tidak semena-mena jatuh pada semua orang. Terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi oleh calon pemegang polis asuransi jiwa termasuk juga kebutuhan dan kemampuan untuk membayar kewajiban premi setiap bulannya. Sebagai gambaran, setidaknya ada beberapa pihak berikut disarankan untuk memiliki asuransi :

Masih Lajang dan Berusia Muda

Ketika usia kita masih muda, biasanya biaya premi yang akan kita bayarkan relatif lebih murah, karena jika semakin dewasa umur seseorang maka biaya premi yang dibayarkan akan semakin tinggi. 

Pasangan Muda

Untuk Melindungi kita dan pasangan dari kebutuhan di tahun-tahun mendatang yang kemungkinan akan jauh lebih mahal, tak terkecuali dari biaya premi asuransi akan jauh lebih murah dibandingkan dengan tahun-tahun berikutnya

Keluarga Muda dan Mapan

Selain pasangan muda yang belum memiliki anak, keluarga yang muda dan juga mapan disarankan untuk memiliki asuransi, karena hal ini nantinya akan membantu keluarga kita dari penelantaran yang tanggungannya sangat tergantung pada penghasilan kita sebagai kontributor utama.

Pasangan Bekerja Tanpa Anak

Meskipun belum memiliki tanggungan anak, tapi kita tidak ingin nantinya meninggalkan pasangan kita dengan keuangan yang tidak cukup mapan, oleh karena itu asuransi bisa menjadi jawaban yang cukup membantu.

Keluarga Usia Pensiun

Jika kita telah memasuki usia pensiun dan masih memiliki tanggungan, baik itu anak maupun keluarga lainnya, untuk menjamin kehidupan mereka maka sangat disarankan untuk memiliki asuransi.

Well, meskipun saat ini kita merasa muda, sehat, dan selalu berhati-hati dalam kehidupan sifat kehati-hatian untuk meminimalisir atau terhindar kejadian tak terduga yang kemungkinan akan mengharuskan kita merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaiki keadaan tersebut. Nah, disinilah asuraransi memiliki peran pentingnya untuk mengatasi semua hal tersebut.

Jenis-Jenis Asuransi

Ketika kita sudah mengetahui, apakah kita membutuhkan asuransi dan sudah merasa nyaman dengan manfaat yang akan kita dapatkan jika kita memiliki polis asuransi. Berikut bentuk yang paling umum dari kebijakan jenis-jenis asuransi yaitu :

➧ Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memberikan keuntungan finansial kepada orang yang ditunjuk atas kematian tertanggung. Berbagai bentuk asuransi jiwa yang dikeluarkan, beberapa menyediakan pembayaran klaim hanya setelah kematian tertanggung, sebagian lagi dapat diklaim sebelum si tertanggung meninggal.

➧ Asuransi Kesehatan

Asuransi ini merupakan sebuah produk asuransi yang khusus menangani masalah kesehatan akibat suatu penyakit dan menanggung proses perawatan kepada anggota ansuransinya.

➧ Asuransi Kendaraan

Paling populer asuransi mobil, yaitu asuransi terhadap cedera kepada orang lain atau terhadap kerusakan pada kendaraan orang lain yang disebabkan oleh kendaraan tertanggung. Asuransi mobil biasanya juga dapat membayar untuk kehilangan, atau kerusakan kendaraan bermotor tertanggung.

➧ Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

Asuransi ini melindungi pemilik rumah dari kerugian yang berkaitan dengan tempat tinggal mereka. Sedangkan asuransi properti melindungi terhadap kehilangan, kerusakan, barang-barang tertentu milik pribadi.

➧ Asuransi Pendidikan

Ini merupakan salah satu jenis asuransi yang paling populer saat ini, karena merupakan solusi cerdas untuk menjamin kehidupan menjadi lebih baik.

Equity Life Indonesia


Equity Life Indonesia
Salah satu perusahan asuransi jiwa yang ada di Indonesia yaitu PT. Equity Life Indonesia yang berdiri sejak tahun 1987, hayo ada yang seumuran nggak? Equity Life Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industr asuransi jiwa individu dan kumpulan, yang memiliki rangkaian produk yang lengkap mencakup asuransi jiwa, kesehatan hingga dana pensiun.

Equity Life Indonesia memiliki ciri khas dalam pelayanan kepada nasabahnya, yaitu kepercayaan dan terus mengembangkan layanan pelanggan yang informatif serta menjunjung tinggi ketepatan waktu, kemudahan, keakuratan, dan dekat dengan pelanggan. Sehingga tak heran Equity Life Indonesia memiliki pelanggan yang loyal? Apa siy sebenarnya yang telah dilakukan oleh pihak Equity Life? 

Mereka memberikan reward kepada nasabahnya yang loyal dan dengan kekuatan dan dukungan dari karyawan, mitra kerja, maupun stake holders, Equity Life terus berupaya memberikan solusi total dan layanan asuransi jiwa untuk para nasabah mereka.

Memiliki visi menjadi perusahaan asuransi jiwa yang berfokus pada pelanggan dengan memberikan solusi berharga melalui berbagai jaringan distribusi dan produk-produk yang inovatif. Serta memiliki misi memberikan solusi total dan layanan asuransi jiwa untuk pelanggan berharga.

Oleh karena itu, tepatnya pada tanggal 16 September 2017, Equity Life Indonesia telah berusia 30 tahun dan diulang tahunnya mereka mendapatkan kado ulang tahunyaitu meraih 9 penghargaan pada ajang Top Agent Awards yang diselenggarakan oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAIJ) di Palembang pada tanggal 8-9 Agustus 2017.


30 Tahun Equity Life Indonesia
Melalui diraihnya penghargaan tersebut membuktkan bahwa Equity Life Indonesia memiliki agen pemasaran yang terbaik. Hal itu juga dibuktikan dengan kinerja dari tim keuangan Equity Life Indonesia yang kuat pada laporan keuangan pada tahun 2016, dimana tercatat total laba komprehensif sebesar 42,695 miliar. Tingkat solvabilitas Perusahaan (RBC) Equity Life Indonesia pun tercatat 240,93% dan jauh diatas ketentuan minimum persyaratan yang diberikan oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu sebesar 120%.

Melihat perjalanan selama 30 tahun ini, membuat Equity Life Indonesia terus memotivasi untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan terus memberikan kontribusi yang bermanfaat untuk masyarakat. 

Berbicara mengenai perkembangan produk dan kenyamanan layanan perusahaan asuransi kepada nasabahnya, ternyata informasi yang saya terima dari salah satu teman dekat saya, yang juga berkecimpung di dunia asuransi, beliau mengatakan perusahaan asuransi itu akan unggul jika dilihat dari aspek berikut ini :

1. Klaim Mudah

Jika kita melihat beberapa permasalahan yang ramai di media sosial yaitu klaim susah, padahal jika ditinjau lebih jauh ternyata hal tersebut disebabkan pada saat pengisian data nasabah terdapat pemalsuan data atau informasi, sehingga hal tersebut berdampak pada saat ingin melakukan klaim ada data yang tidak sesuai, menjadikan proses klaim memerlukan waktu yang lebih lama.

Berikut prosedur klaim :

➧ Pengajuan dokumen klaim
➧ Pemeriksaan kelengkapan dokumen
➧ Pemberitahuan hasil keputusan klaim 
➧ Pembayaran klaim
➧ Terakhir penerimaan klaim

Jika kelengkapan persyaratan klaim sudah dilengkapi, biasanya pembayaran klaim akan dilakukan maksimal 14 hari setelah seluruh persyaratan tersebut di terima dengan lengkap.

2. Jangkauan Klaim mencakup sampai ke mancanegara

Mengenai klaim ini sudah ada perusahaan asuransi di Indonesia yang melayani hal tersebut. Tentunya hal tersebut sangat membantu nasabah, karna jangkauan negara untuk klaim menjadi bertambah.

3. Produk

Pastinya setiap perusahaan asuransi terus melakukan inovasi terhadap produknya, apabila produk yang mereka tawarkan bagus dan sesuai dengan kebutuhan nasabah, tentu menjadi keuntungan bagi perusahaan itu sendiri.

4. Harga Premi

Setelah produk yang ditawarkan memang bagus, tentu saja harga premi menjadikan persaingan tersendiri bagi para pelaku perusahaan asuransi. Dimana perusahaan asuransi menawarkan produk yang bagus sekaligus dengan harga premi yang terjangkau oleh masyarakat luas.

Apalagi saat ini, masyarakat Indonesia sudah semakin melek dengan dunia asuransi, masyarakat sudah banyak yang merasakan manfaat dari asuransi. Maka dari itu sangat penting di era millineal saat ini, sebuah perusahaan asuransi memiliki layanan secara online, tidak lagi menggunakan yang namanya kertas. 

Hal ini dikarenakan perubahan perilaku masyarakat saat ini, yang sudah masuk ke ranah digital oleh karena itu pihak dari Equity Life Indonesia pun harus mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia digital. Melalui perkembangan digital saat ini, layanan yang diberikan kepada nasabah juga akan lebih mudah diakses, lebih cepat, dan dapat menekan paradigma bahwa produk asuransi itu ribet.


Manfaat memiliki Asuransi
Selain itu lebih cepat, melalui layanan digital dapat memangkas ongkos operasional, seperti biaya kurir, transportasi, dan pencetakan polis hingga 50%, tentu saja hal tersebut nantinya menjadikan biaya premi akan semakin murah. Ehmm pasti hal ini akan disambut baik oleh masyarakat yaa.

Apalagi saat ini pengguna internet di Indonesia, berdasarkan lembaga riset pasar e-marketer memperikan pengguna internet di Indonesia diperkirakan mencapai 112 juta, mengalahkan negara Jepang yang pertumbuhannya lebih lamban. 

Meskipun di dunia asuransi nasabah yang memanfaatkan teknologi digital memang belum terlalu besar, namun melihat data yang ada pemakai internet di Indonesia mencapai 88.1 juta, berarti 48% merupakan pengguna internet harian. Dapat dipastikan nasabah asuransi yang memanfaatkan teknologi digital pasti akan terus bertumbuh.

Pihak Equity Life Indonesia sangat menyadari hal tersebut, kendati demikian layanan melalui telemarketing ataupun agen tetap tidak ditinggalkan. Karena masih banyak masyarakat Indonesia yang lebih senang berbicara atau berinteraksi langsung dengan para agen. Kanal manual akan tetap ada, tinggal bagaimana nasabah bisa beradaptasi.

Produk dan layanan yang kian beragam saat ini, hal terssebut melahirkan tantangan baru untuk Equity Life Indonesia. Untuk itu pihak perusahaan Equity Life Indonesia perlu perubahan pola pengawasan, penyesuaian aspek pengaturan dan peningkatan perlindungan konsumen untuk mendukung stabilitas keuangan.

Lantas apa saja layanan yang harus ditingkatkan untuk nasabah asuransi di era digital saat ini ya?

Bisa dimulai dari hal berikut ini :

➧ Nasabah dapat memilih sendiri agen melalui layanan digital, dimana sudah tidak ada agen-agen asuransi yang mengejar-ngejar nasabah untuk membeli produk mereka. Tetapi dengan kemajuan teknologi saat ini, para nasabah bisa memilih agennya sendiri yang sesuai dengan keinginan dan kriteria yang mereka mau.

➧ Nasabah dapat membeli asuransi secara online, dengan cara ini nasabah tidak perlu lagi melihat tumpukan kertas tentang produk asuransi tersebut, tapi sudah dimudahkan dengan cara online tersebut.

➧ Dapat melakukan klaim asuransi dengan mudah, tentu hal ini akan sangat disukai oleh nasabah karena pastinya perihal klaim akan lebih mudah dan cepat.

Sehingga perbandingan pelayanan yang ditawarkan secara online memberikan beberapa keuntungan, yaitu :

➧ Pelayanan 24 Jam

Jika agen asuransi bekerja dengan terbatas oleh waktu, maka dengan asuransi online ini nasabah dapat mengakses semua kebutuhan asuransi selama 24 jam non-stop. Tidak hanya bisa mengetahui produk asuransinya, nasabah juga bisa diberikan pelayanan.

➧ Cepat dan Efisien

Melalui fasilitas online ini memberikan keuntungan dengan prosesnya yang lebih cepat dan efisien, dimana nasabah tinggal mengunjungi website asuransi yang kita mau untuk mengetahui mengenai produk yang mereka miliki.

 ➧Perbandingan Harga yang Kompetitif

Bukan hanya perusahaan saja yang ingin mencari untung, nasabah juga ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal. Melalui layanan online, nasabah bisa membandingkan harga sebuah premi produk asuransi dari berbagai perusahaan asuransi yang ada. Dengan demikian nasabah dapat mengambil jenis produk yang lebih murah, namun tetap memberikan nasabah perlindungan dan manfaat yang maksimal.

➧ Mudah Mengetahui Citra Perusahaan Asuransi

Jika kita ingin membeli suatu produk asuransi, terlebih dahulu pasti kita mencari tahu tentang citra dari perusahaan asuransi tersebut, khususnya bagaimana cara perusahaan tersebut melayani konsumen dan kemudahan apa saja yang diberikan kepada konsumen.

Jika dilihat selam 30 tahun perjalanan Equity Life Indonesia, mereka yakin dan siap untuk menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia dari seluruh lapisan ekonomidan sosial agar dapat memiliki perlindungan jiwa dan kesehatan dengan mudah melalui jalur distribusi yang dimiliki yaitu : Agency, Group Business, Bancassurance, Retail Insurance, dan Communities.

So, teman-teman punya Revolusi apa niy untuk kemajuan Asuransi di Indonesia, share di kolom cemment yuuk guys..!

All Peserta Blogger


































































































0 komentar:

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.