Sarihusada : Bentuk Dukungan SGM Eksplor Kepada Para Orang Tua di Seluruh Indonesia

23.47 Evi Fadliah 21 Comments

SGM Eksplor
"Anak-anak harus memiliki satu persamaan hak. Setiap anak harus memiliki hak untuk bertahan hidup dan melangsungkan kehidupannya. Hak untuk menerima pendidikan, hak untuk bebas dari kekerasan dan pelecehan, hak untuk diterima dan didengarkan" 

Sekretaris Jendral PBB, Ban Ki-moon

Hai Bunda-Bunda Hebat apa kabarnya?

 Jika kita menalaah, banyak orang tua yang tega untuk menyakiti bahkan membuang darah dagingnya sendiri, dengan alasan faktor ekonomi, anak yang tidak diharapkan kehadirannya dan masih banyak lagi alasan yang beredar di luar sana. Apapun alasannya itu, tetap tidak bisa diterima dan tidak dibenarkan, sedangkan disisi lain mereka harus menunggu bahkan puluhan tahun untuk mendapatkan buah hati dari hasil ikatan perkawinan.

Mereka pun rela melakukan dan mengeluarkan biaya demi kehadiran seorang anak dalam kehidupan rumah tangga mereka. Sejatinya setiap pasangan suami istri mendambakan, dan kelak berharap memiliki keturunan yang baik. Meskipun dapat dikatakan tak sedikit yang menyia-nyiakan, namun orang tua yang sayang, yang menjaga, akan melakukan dan memberikan apapun yang terbaik untuk anak-anak mereka lebih banyak jumlahnya.

Tidak mudah memang menjadi orang tua, karena orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan si kecil untuk menyiapkan mental mereka di saat menghadapi dunia luar saat dewasa nanti. Dimulai sejak usia nol sampai usia tiga tahun adalah waktu yang sangat berharga bagi anak untuk terus mengembangkan kemampuan sosial, kemandiriannya dan kemampuan yang lainnya.

 Demi menciptakan Anak Generasi Maju yang Supel, Kreatif dan Mandiri, orang tua harus memiliki pengetahuan yang tepat untuk menunjang pertumbuhan anak sejak dini. Hal itu pun yang kerap saya lakukan, mencari informasi, pengalaman  dan tidak malu untuk bertanya tentang nutrisi dan pola asuh mendidik anak. Apalagi dengan kemajuan teknologi dan di era digital ini, sangat memudahkan kita untuk mendapatkan informasi seputar pertumbuhan anak.

Salah satunya saya masuk ke dalam group Fanpage Aku Anak SGM, kenapa saya mau bergabung? Alasannya adalah melalui fanpage ini tempat kita mendapatkan tips dan informasi seputar tumbuh kembang si kecil dengan tujuan agar si kecil meraih prestasi setiap hari. Tentu saja sebelum bergabung dalam fanpage Aku Anak SGM ini saya mencari tahu terlebih dahulu mengenai produknya, seperti kata pepatah "tak kenal maka tak sayang

Tentang SGM

 PT. Sarihusada Generasi Mahardika (Sarihusada) adalah perusahaan yang memproduksi berbagai produk nutrisi untuk ibu hamil & menyusui dan anak dengan rasa enak, terjangkau serta berstandar internasional seperti SGM Eksplor, SGM Eksplor Buah & Sayur, SGM Bunda dan Lactamil. Sarihusada merupakan bagian dari Danone Nutricia Early Life Nutrition. Kita semua pasti sudah mengetahui bahwa Danone merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang dan beroperasi di 160 negara.

Sarihusada telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1954 sebagai wujud nyata Program Kecukupan Protein  Nasional yang diselenggarakan pemerintah Indonesia bersama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sarihusada percaya bahwa dengan memberikan nutrisi yang tepat di awal kehidupan manusia akan memberikan efek positif di masa sekarang dan di masa mendatang.

Oleh karena itu bersama Bunda di seluruh Indonesia 
akan menyongsong kehidupan baru 
melalui nutrisi dan pendidikan yang terdepan dan terjangkau

 Sebagai orang tua, saya sendiri memiliki kekhawatiran tersendiri, khawatir tidak dapat mendidik anak dengan baik, khawatir tidak bisa memberikan nutrisi untuk tumbuh kembangnya dan masih banyak kekhawatiran lain yang saya miliki. Mungkin di luar sana Bunda-bunda hebat juga memiliki kekhawatiran yang sama seperti yang saya rasakan? 

Mengenai hal ini SGM Eksplor sangat memahaminya, salah satu bentuk nyata yang diberikan oleh Sarihusada yaitu dengan menyelenggarakan acara pada hari sabtu, tanggal 29 Juli 2017, bertempat di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta. Acara ini juga sebagai bentuk komitmen yang diberikan Sarihusada kepada seluruh orang tua di Indonesia dengan mempersembahkan rangkaian acara Parenting seminar bertajuk " Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kemampuan si Kecil menjadi Anak Generasi Maju" dan sekaligus peluncuran website www.akuanaksgm.co.id.

Seketika ruangan dalam hotel tersebut dibanjiri oleh ibu-ibu beserta anak-anak mereka dengan nuansa warna merah, tidak ketinggalan para bapak-bapak pun ikut hadir dalam acara ini. Pada kesempatan ini Ibu Astrid Prasetyo selaku Marketing Manager SGM Eksplor hadir untuk memberikan kata sambutannya, hadir sebagai pembicara Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi dan tak tertinggal MC kondang Cici Panda.

Agar si kecil mampu bersosialisasi dengan baik, sebagai orang tua kita harus perhatikan hal berikut :

  Tubuh Sehat

Asupan makanan yang bergizi sangat penting untuk kesehatan si kecil, agar bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Oleh karena itu pastikan kebutuhan nutrisi anak tercukupi setiap harinya,

Cerdas

Tumbuh kembang setiap anak berbeda-beda, dapat kita lihat dari keterampilan sosial anak yang sesuai dengan usianya 


Keterampilan Sosial Anak Berdasarkan
dengan Usianya 1-3 tahun dan 4-6 tahun
Begitu pula dengan imajinasi, tidak akan tumbuh sama pada setiap anak. Perlu upaya untuk membangun imajinasi anak agar tumbuh secara optimal.

Bagaimana caranya?


Meningkatkan Imajinasi Anak
Emosi yang Baik

Usia dini anak merupakan tahapan awal dalam mencapai kepribadian yang stabil sehingga dengan kata lain bahwa perkembangan emosi, perilaku dan sikap anak harus mendapatkan perhatian yang optimal untuk menunjang aspek kehidupannya. Sehingga anak yang memiliki kemampuan emosi yang optimal akan berpengaruh pada kecerdasan emosi yang tinggi.

Setelah kita mengetahui kemampuan bersosialisasi anak, bunda juga harus mengetahui hal-hal yang diperlukan untuk mengembangkan keterampilan sosial anak.

Apa saja ya? Kita simak yuuk, penjelasan dibawah ini..!

Tahap Awal

1. Attachment/kedekatan dengan orang tua

Ikatan kasih sayang antara si kecil dengan ayah dan bunda, nah, parents bagaimana kedekatan antara orang tua dan anak berkembang?

⥤ Semua itu bisa kita dapatkan dengan cara :

Cara Membangun Kedekatan Orangtua dengan Anak
2. Rasa percaya kepada orang tua

Setiap orang tua pasti ingin anak-anak kita bisa pandai bergaul, mandiri, dan percaya diri kepada lingkungannya yag harus kita kembangkan sejak dini

3. Mandiri

Anak mandiri biasanya mampu mengatasi masalah yang menghadangnya. Kemandirian itu tentunya harus dilatih sejak dini. Sebagai orangtua jangan gampang berteriak "tidak" atau "jangan" jika menginginkan anak cerdas dan penuh percaya diri.

Kemandirian apa saja siy yang kita harapkan dari si kecil?

Usia 1 Tahun :

  1. - Menyebut nama sendiri
  2. - Makan sendiri makanan yang dipegang jarinya
  3. - Memilih mainan sendiri

Usia 2 Tahun :

  1. - Mengatakan ingin buang air besar 
  2. - Makan dengan sendok (belum rapi)
  3. - Mulai bisa membereskan mainan

 Berikut cara mendukung si Kecil agar menjadi Mandiri :

Cara Mendukung si Kecil Mandiri
Tahap Lanjutan

4. Emosi

Pada dasarnya emosi itu banyak, tidak hanya marah saja, ketika sedang mengasuh anak, kita sebagai prang tua harus sensitif terhadap wajah anak. Biasanya anak di atas usia 3 tahun sudah bisa menyembunyikan emosi, jadi orang tua harus pintar-pintar mengenali emosi anak.

5. Menjaga diri sendiri

Sayangnya sebagai orangtua kita mempunyai keterbatasan, kita tidak bisa setiap saat untuk menjaga anak-anak. Banyak hal yang perlu dikomunikasikan dengan anak, jadi kita perlu memberikan edukasi secara terus-menerus tentang bagaimana cara menjaga diri sendiri sejak kecil.

6. Memiliki kemampuan komunikasi

⥤ Berikut beberapa kemampuan komunikasi anak


Kemampuan Komunikasi Anak

⥤ Selanjutnya tahap komunikasi anak


Tahapan Komunikasi Anak
7. Memiliki daya konsentrasi dan imajinasi

Yuuk, bunda kita latih si kecil untuk memiliki daya konsentrasi dan imajinasi dengan cara sebagai berikut :

Melatih Konsentrasi dan Imajinasi Anak
8. Empati

Empati adalah salah satu sifat baik yang bisa menjamin bahwa anak akan menjadi pribadi yang disukai orang disekelilingnya. Kita dapat menanamkan empati pada anak sejak dini untuk memastikan bahwa dia tumbuh menjadi pribadi yang peduli pada orang lain.

 Setelah mengetahui kemampuan bersosialisasi anak, kita juga harus memperhatikan keterampilan sosial anak sejak dini. Apa saja yahh keterampilannya?

  1.  Berteman dan bekerja sama
  2.  Berkompetisi sehat
  3. Sabar menunggu atau mengantri
  4. Sopan santun
  5.  Mendamaikan pertengkaran
  6. Marah tanpa ganggu orang lain
  7.  Belajar ikut aturan
 Selain dari kegiatan parenthing seminar ini, SGM Eksplor juga menyiapkan video edukasi bagi orangtua yang akan disebarkan melalui aset digital SGM Eksplor, yaitu www.akuanaksgm.co.id dan facebook Aku Anak SGM. Seiring berkembangnya dunia digital dan dengan semakin banyaknya jumlah komunitas yang tergabung dalam akun facebook Aku Anak SGM.

Sehingga SGM Eksplor merasa perlu untuk menghadirkan website yang dapat menjadi sumber informasi tentang Parenting, Nutrisi dan Edukasi bagi para orangtua untuk menjadikan anaknya #GenerasiMaju

So, bagi orangtua yang belum sempat menghadiri rangkaian Parenting Seminar Anak Generasi Maju, SGM Eksplor secara bertahap melakukan optimasi website tersebut, agar dapat menjadi wadah para orangtua untuk mendapatkan ilmu dan tips terkait dengan nutrisi dan pola asuh Generasi Anak Maju.

 Fyi niy bunda, untuk masuk ke website ini bunda tidak perlu login atau mendaftar terlebih dahulu.

Ada info apa aja siy?

Website Aku Anak SGM
Produk

Pada bagian produk semua informasi tentang Produk SGM ada di halaman ini, disini kita juga diinformasikan mengenai Petunjuk Penggunaan, bagaimana Aturan Pemberian, informasi kandungan Nutrisi yang terdapat pada susu SGM, informasi Kredibilitas sampai Pelayanan akun sosmed SGM dan layanan bebas pulsa bisa kita dapatkan disini.

#GenerasiMaju

Disini kita akan mendapatkan panduan Generasi Maju, baik tentang Pendidikan Anak, Parenting, dan kandungan Nutrisi makanan dan minuman si kecil. Selain itu ada juga Cerita Bunda yang merupakan harapan di setiap hati bunda untuk buah hatinya dan juga komitmennya untuk menjadikan #GenerasiMaju


#GenerasiMaju
Tentang SGM

Segala informasi tentang berdirinya Sarihusada, Visi & Misi, Nilai-Nilai Perusahaan, Kemanusian, Keterbukaan, Kedekatan dan Antusias bisa kita temukan di halaman ini.

Hubungi SGM Eksplor

Jika bunda-bunda hebat memiliki pertanyaan, dapat mengisi formulir yang sudah tersedia atau menghubungi di nomor tlp 0-800-1-505-505 (Layanan Bebas Pulsa) bisa juga melalui email customerservice@sarihusada.co.id

Semoga review mengenai seminar Parenting SGM Eksplor ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan untuk menjadikan anak-anak kita menjadi Generasi Maju


Thanks for Reading Bunda-Bunda Hebat

All Narasumber dan MC Cici Panda















21 komentar:

  1. Seru ya jadi peserta acara seminar ini. Mombassador daerah kaya saya yg ga bisa ikut merasa terbantu bisa dapat info detail acaranya. Terimakasih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadir dalam rangkaian SGM Eksplor kemaren, menambah ilmu tentang bagaimana menjadikan anak kita menjadi Genarasi Maju, dan pastinya dapat bertemu dengan bunda2 hebat lainnya.

      Semoga tulisan ini bermanfaat untuk bunda2 lainnya yang belum sempat hadir ya Mba.

      Hapus
  2. Aku selalu salut sama SGM. Terlihat sekali kalau SGM peduli pada tumbuh kembang anak lewat SGM Eksplor.
    Terima kasih infonya ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba Dian, SGM termasuk yang konsisten untuk perduli akan nutrisi dan tumbuh kembang anak di Indonesia. Jadi semakin banyak bunda2 hebat yang terus aktif dalam fanpage Aku Anak SGM.

      Terima kasih juga Mba sudah mampir

      Hapus
  3. Tips2 nya bagus semuanya Pas bngt buat membantu tumbuh kembanga anak noted mba,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga melalui tulisan ini, dapat membantu memberikan informasi kepada bunda2 hebat lainnya yang belum bisa hadir dalam acara SGM Eksplor Parenting, untuk menjadikan anak2 mereka menjadi Generasi Maju.

      Hapus
  4. Wah ntar aku share ke adik ipar yang punya anak kecil. Thanks sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali Mba Liany, semoga informasinya bermanfaat dan bisa diterapkan ya Mba.

      Hapus
  5. wah ternyata acaranya bisa bawa anak yaa, huhuhu, aku gak jadi ikut. Padahal bagus banget materinya ya, aku masih galau dalam pengasuhan anak soalnya, untung udah ada panduannya ya dari SGM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, dalam acara ini para bunda diperbolehkan untuk membawa anak2 mereka, karena sudah dipersiapkan pula area bermain untuk anak2.

      Semoga tulisan ini bisa bermanfaat juga, meskipun Mba Lia belum berkesempatan untuk hadir di acara SGM Eksplor Parenting kemaren.

      Hapus
  6. Kebetulan sy juga like fpnya aku anak sgm. Beberapa kali juga komunikasi dg pihak sgm. Dan sy suka. CSnya ramah ramah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh.. Kita sama ya Mba Eni, iya betul ketika kita berinteraksi dengan pihak Aku Anak SGM tanggapanya selalu cepat dan ramah, makanya nggak heran ya Mba banyak yang join dengan fanpage Aku Anak SGM.

      Hapus
  7. Anak2 udah kubiasakan makan sendiri sejak usia setahun lebih. Skrng terbiasa makan sendiri, tapi ya gtu lama hahaha. SUka gemeess. Tapi gmn lg demi kemandirian ya :D
    Palingan kalau udah kelamaan akhirnya kalau gk tahan aku lanjutin dgn nyuapin :))
    TFS infonya mbak, seru ya acaranya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh.. Seneng ya Mba kalau anak kita bisa duduk manis trus makan sendiri, meskipun gemes karna lama dan berantakan pastinya, tapi itu bukan masalah yang penting anak bisa belajar mandiri yaa.

      Iyaa, kemaren acaranya seru Mba April, banyak ilmu yang didapat plus bertemu banyak bunda hebat lainnya.

      Hapus
  8. Aah, aku mau belajar dr web nya, krn gk smpet ikut aeminarnya lngsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh2 Mba, monggo meluncur ke websitenya banyak informasi yang akan kita dapat disana, jangan lupa untuk gabung di fanpagenya juga Mba Noe.. Heheheh

      Hapus
  9. Aku juga suka dapat info menarik dan bermanfaat nih di fanpage Aku Anak SGM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeayyy.. assik banyak yang sudah pada gabung di fanpage Aku Anak SGM.
      Toss kita Mba Lina..

      Hapus
  10. oh lactamil dr sgm juga y mba?

    BalasHapus
  11. Masih satu rumpun dari sarihusada Mba.. Jadi masih satu family dengan SGM.

    BalasHapus
  12. wah seneng banget mampir ke tulisan ini. Dapat ilmu baru untuk tumbuh kembang anakku. Iya nih SID masih suka berebut bila bermain dengan temannya. Memang seumuran dia seperti itu ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.