Mengapa Prodia Women's Health Centre Diperlukan? Karena Setiap Wanita Berhak Mendapatkan Perlakuan yang Lebih Istimewa

07.59 Evi Fadliah 11 Comments

Prodia Women's Health Centtre
Pagi-pagi terima pesan sms dari teman, yang memberikan kabar salah satu teman satu pengajian meninggal dunia. Sempat menjenguk bersama teman-teman saat beliau dirawat di rumah sakit. Kami semua tidak mengira, beliau yang terlihat sehat-sehat saja, ternyata terkena penyakit kanker rahim. Kami saja teman-temannya yang mendengar pemberitahuan seperti itu kaget sekali mendengarnya, bagaimana dengan teman kami yang divonis terkena kanker, tak bisa kami bayangkan.

Wanita mana yang tidak hancur, apabila divonis penyakit yang satu ini. Kerap kali penyakit kanker menjadi ketakutan sendiri untuk para wanita. Apalagi teman kami ini baru membina rumah tangga dan sangat menantikan kehadiran sang buah hati, namun Allah punya rencana lain untuk sahabat kami ini. Sebagai seorang sahabat, saat ini kami hanya bisa mendoakan semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT. Aamin

Melihat situasi seperti ini, pastinya menjadikan saya pribadi sebagai seorang wanita lebih menjaga untuk pola hidup yang lebih sehat. Menjadi pembelajaran, bahwa penyakit ini memang tidak memiliki tanda-tanda yang signifikan. Jadi melakukan pemeriksaan dini sangatlah bermanfaat, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Namun kerap kali kita merasa malas jika harus melakukan medical checkup ke rumah sakit, yang ada qo kita malah jadi seperti sakit benaran yahh!

PWHC yang Terletak di Jl. Wolter Mongonsidi No.77
Mengenai hal ini saya mendapatkan jawabannya, Saya menerima email cantik undangan Blogger Gathering yang diadakan oleh Klinik Prodia tanggal 4 Agustus 2017 kemaren, bertempat di Klinik PWHC Jl. Wolter Mongonsidi No. 77 Kebayoran Baru Jakarta. Wuich, begitu mendengar nama Klinik Prodia, saya langsung teringat tentang Laboratorium Prodia, ya saya mengenal Prodia sebagai tempat untuk mengecek hasil Lab kesehatan.

About Prodia Women's Health Centre atau PWHC

Yupp, Laboratorium Klinik Prodia, didirikan pertama kali di Solo pada 7 Mei 1973, sejak tahun 2012 Prodia merupakan satu-satunya laboratorium dan klinik  di Indonesia dengan akreditasi Collage of American Pathologists (CAP), sehingga kualitas hasil tes dari laboratorium Prodia sejajar dengan laboratorium Internasional. Prodia yang merupakan pelopor laboratorium klinik di Indonesia, akhirnya pada tanggal 8 Maret 2017 telah meresmikan Prodia Women's Health Centre (PWHC) yang saat itu bertepatan dengan International Women's Day.

Ternyata, Prodia saat ini telah tersebar di hampir seluruh tanah air Indonesia, dan jaringannya telah beroperasi sebanyak 273 outlet, yang terdiri dari 131 laboratorium klinik, 1 PHC stand alone, 3 klinik khusus, 12 laboratorium Rumah Sakit dan 126 point of care (POC) service di klinik  dokter yang tersebar di 31 provinsi dan 114 kota di Indonesia.

Ruang Periksa Pasien

Ruang tunggu yang sangat Nyaman
PWHC di desain khusus menyesuaikan gaya dan sentuhan kewanitaan, dimana ketika kita ingin melakukan pemeriksaan disambut oleh ruangan yang lembut dan homey. Kesan dari rumah sakit jauh kita temukan, ruang pelayanan yang nyaman seperti kita mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan di ruang khusus.

Kenapa wanita perlu datang ke PWHC?

Perempuan Sehat, Perempuan Hebat
Pentingnya Pemeriksaan Dini Bagi Perempuan Aktif

Pemeriksaan-pemeriksaan yang ada di PWHC sangat menyesuaikan dengan kebutuhan para wanita agar kesehatannya tetap terjaga. Apalagi kita sebagai seorang wanita biasanya akan lebih sensitif, terutama perihal yang berhubungan dengan masalah kesehatan. Menyadari bahwa populasi perempuan di Indonesia hampir separuh dari total penduduk yang mencapai sekitar 254.9 juta jiwa pada tahun 2015 berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Oleh karena itu PWHC sangat memahami wanita yang memerlukan tempat dan perlakuan khusus yang akan membuatnya merasa leluasa untuk berkonsultasi dengan Dokter seputar kesehatan dan pemeriksaan.

PWHC menjadi pilihan yang tepat untuk para kalian wanita yang ingin melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan tubuh, kenapa? Karena PWHC mempunyai tujuan :

➮ Memberikan kualitas kepedulian yang tinggi bagi kesehatan wanita sesuai dengan strata usia.
➮ Membantu wanita memahami kebutuhan penanganan khusus dan keputusan dalam pengelolaan kesehatan
➮ Menyediakan jasa pemeriksaan laboratorium khusus kesehatan wanita yang lengkap, fokus, privat, nyaman dan pastinya bermutu.
➮ Memiliki tenaga ahli yang menunjang pemeriksaan kesehatan para wanita.
➮ Dilengkapi dengan edukasi dan layanan penelitian untuk meningkatkan kesadaran kesehatan pada wanita.

Perbedaan Prodia dan PWHC

Hadir sebagai pembicara Ibu Rini Budiyati, Project Planner PWHC yang sharing tentang lab khusus wanita ini. Jadi menurut beliau, apa perbedaan antara PWHC dengan prodia yang selama ini kita tahu? Jika Prodia sebagai Lab klinik, sedangkan kalau PWHC adalah klinik, sehingga PWHC itu lebih luas dan lengkap dibandingkan dengan Prodia yang selama ini kita ketahui.

PWHC berkomitmen untuk memberikan jaminan mutu dengan teknologi canggih yang telah dimilikinya, didukung dengan tim yang profesional dan memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Tidak hanya itu, ruangannya pun ditata senyaman mungkin untuk para wanita, salah satu kenyamana yang diberikan yaitu sebagian besar staff di PWHC adalah wanita, tetapi untuk ginekolognya lebih banyak pria.

Mba Dwina saat Menjadi Pasien untuk Pemeriksaan di PWHC
PWHC sendiri berbeda dengan rumah sakit, karena di PWHC sebagai primary prevention untuk memastikan kesehatan, jika pasien yang datang ke rumah sakit rata-rata mereka sudah terkena penyakit, sedangkan di PWHC yang datang adalah para wanita yang sehat. Para Wanita yang ingin melakukan pemeriksaan dini, penyuluhan atau edukasi, melakukan vaksinisasi atau imunisasi.

Karena kesehatan wanita itu luas sekali, maka PWHC fokus kepada Gynecology Oncology Centre yaitu Permasalahan wanita di bidang Ginekologi dan edukasi, informasi dan riset secara menyeluruh. Dimana setiap jenjang usia wanita, perlu penanganan khusus yang menyeluruh. Jadi kenapa perempuan harus memeriksakan diri di klinik kesehatan khusus perempuan?

Karena banyak silence killer yang menyerang wanita, contohnya virus Hpp penyebab penyakit kanker. Dengan adanya klinik khusus wanita akan membuat lebih aman, nyaman dan tidak malu untuk memeriksakan diri mereka. Saking nyaman dan bernuansa cewek banged, klinik PWHC ini malah suka dikira salon wanita lho.

Apa saja pelayanan yang ada di PWHC?

➛ Pemeriksaan laboratorium lengkap
➛ Advanced Ultrasonography
➛ Konsultasi team dokter ahli
➛ Histeroskopi
➛ Kolposkopi
➛ X-Ray

Dr. Raditya Wratsangka Penanggung Jawab Dokter PWHC
Oleh karena itu Dr. Raditya Wratsangka selaku penanggung jawab dokter PWHC mengatakan bahwa yang dihadapi oleh dokter adalah manusia, jadi harus ada treatment khusus kepada pasien dan sudah ada sistem patient management. Yaitu dokter tidak boleh terburu-buru dalam mengidentifikasi penyakit pasien, apalagi sampai gegabah mengambil tindakan. Sebelum mengambil tindakan perlu memeriksa riwayat dan kondisi pasien secara menyeluruh, dilihat berdasarkan latar budaya, pendidikan, jenis kelamin, dll.

Menurut Dr. Raditya sebagai dokter perlu sekali menpertimbangkan semua hal saat mengambil tindakan, nah PWHC memulai pelayanan yang dimulai dari tindakan pencegahan. Sehingga yang menjadi permasalahannya, bagaimana caranya orang yang merasa sehat mau untuk mengecek tubuh mereka? Oleh karena itu PWHC di desain senyaman mungkin dan sangat berbeda dengan rumah sakit, makanya tak heran ruangan yang ada disana dibagi sesuai keluhan yang diderita oleh wanita untuk menjaga privasi mereka.

Ruang Dokter yang Nyaman dan Luas
Jadi tidak salah jika PWHC disebut sebagai diagnostic centre, karena seharusnya klinik itu bukanlah pelayanan pengobatan, melainkan klinik pelayanan pencegahan baik dari tingkat pengetahuan,hingga tingkat pemeriksaan kesehatan. PWHC sendiri banyak menemukan kasus, contohnya saja ternyata saat virus cancer masuk ke tubuh manusia, sampai menjadi kanker itu prosesnya 15-20 tahun, oke ladies noted.

Karena kita ketahui bahwa fungsi dari pemeriksaan kesehatan adalah untuk menjaga diri agar tidak membangunkan virus yang ada di dalam tubuh. Jadi di PWHC tidak hanya sekedar mendapat tindakan saja, seluruhnya diawali dengan konsultasi. Ada 5 pelayanan yang diberikan oleh PWHC :

1. Dengan memberikan informasi
2. Dengan melakukan vaksin
3. Memberikan upaya-upaya untuk mendiaknosa dari awal
4. Melakukan pencegahan agar penyakit tersebut tidak menyebar
5. Memberikan dukungan kepada wanita yang sudah terdeteksi suatu penyakit

PWHC sudah menyediakan paket diskon khusus untuk para wanita yang ingin melakukan pengecekan, namun saat ini PWHC belum bekerja sama dengan BPJS, mungkin kedepannya hal ini akan ditindak lanjuti. Buat para ladies yang ingin melakukan pemeriksaan di PWHC ini, tidak perlu khawatir untuk menghadapi antrian yang panjang, karena kita bisa melihat jadwal Dokter terlebih dahulu dan bisa dikonfirmasikan melalui telepon.

Untuk komunitas perempuan yang ingin mengundang PWHC sangat terbuka sekali untuk mendapatkan edukasi dan informasi tentang kesehatan, dan ternyata PWHC sendiri sudah banyak melakukan acara di lebih dari 100 tempat. Untuk saat ini PWHC hanya baru ada satu di Jakarta yang terletak di Jl. Wolter Mongonsidi No. 77 Kebayoran Baru.

So ladies jangan lupa setiap tahun untuk melakukan pemeriksaan yahh, karena wanita dengan segala keluhannya, PWHC sangat perduli dan hadir karena tahu tentang wanita.











11 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Judulnya aja udah hangat. Check up yuk!

    BalasHapus
  4. Ruang tunggunya nyaman banget. Kalau datang ke sini nggak bakalan kuatir lagi untuk periksa kesehatan ya

    BalasHapus
  5. Sebagai wanita memang harus mawas diri terhadap semua keluhan kesehatan yg sering dirasakan. Kudu mau aware dan tanggap dengan memeriksakan diri sedini mungkin ke pelayananan kesehatan spt PWHC ini.

    BalasHapus
  6. Kebiasaan orang Kalau sakit baru ke dokter. Kalau cek Lebih Awalnya memperpanjang usia apalagi ada Edukasi untuk komunitas Biar makin banyak yg peduli terhadap kesehatan

    BalasHapus
  7. Klinik ini terasa bersahabat banget suasananya ya mba, bikin betah

    BalasHapus
  8. Perempuan adalah makhluk istimewa. Perlu mendapatkan perlakuan yang istimewa juga :)

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah ada klinik yang bagus dan nyaman buat perempuan kayak PWHC ini ta semoga lebih banyak perempuan yang makin sadar kesehatannya

    BalasHapus
  10. cek kesehatan emang perlu. kalo g mau cek ya jaga pola hidup sehat sih.... kudu sadar diri juga.. ahahaha.... pasti kita tahu kok keluhan yg sering kita alami oleh tubuh kita sendiri.. dengan berbekal internet, minimal tahu apa yang kudu dilakuin untuk mengatasinya.. ya meski artikel di internet gak bisa jadi patokan juga sih... sakitnya bisa beda

    BalasHapus
  11. Gejala2 yg ada memang nggak boleh disepelekan, walau tanpa ada adanya gejala pun baiknya periksa aja deh. Diriku waktu nyeri PD beberapa kali langsung ceki2. Bayangan kanker PD udah gentayangan di kepala dan ternyata alergi MSG. Karena udah diperiksa jadi tau masalah dan solusinya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.