Inilah Alasan Mengapa Kamu Perlu Mencoba Menulis di Opini.id

23.55 Evi Fadliah 4 Comments

Portal Opini.id

Menulis bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah, bahkan bisa dikatakan merupakan hal yang rumit. Begitu banyak alasannya, salah satunya adalah sulit untuk merangkai kata-kata apa yang ada di dalam pikiran dan perasaan. Justru kebalikannya, bagi mereka yang senang dengan dunia tulis menulis, it's not a big deal.

Mereka akan dengan mudah untuk menuangkan apa yang dirasa dan apa yang ada dipikiran mereka, bahkan hal yang merisaukan mereka. Semua itu akan terasa mudah dan happy, jika apa yang kita tulis berasal dari hati.

Karena dengan menulis banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan dapat memberikan manfaat kepada orang lain. Apalagi apa yang kita tulis dapat memberikan pencerahan, motivasi serta menambah wawasan baru bagi seseorang tentang kehidupan di dunia ini. Menjadi penulis bukan berarti kita harus menghasilkan karya sebuah buku terlebih dahulu.

Tidak semua orang dapat menyampaikan gagasannya secara verbal, sehingga tulisanpun dijadikan alternatif kedua untuk membantu menuangkan gagasan. Bahkan melalui tulisan informasi yang ingin disampaikan bisa dinikmati banyak orang. Ada pula pepatah yang mengatakan, "tulisan-tulisan kita bisa berumur lebih panjang dibandingkan hidup kita sendiri"

Pada dasarnya setiap orang bisa menjadi penulis, menulis bukan hanya milik mereka yang bekerja sebagai jurnalis atau novelis. Menulis hanya dibutuhkan kemauan yang kuat dan usaha yang lebih, berani, tidak takut menerima kritik atau komentar yang pedas, karena menerima kritik juga bagian dari proses belajar. Terlebih lagi jika mau memanfaatkan media online yang sedang marak belakangan ini.

Salah satu media online yang bisa kita gunakan untuk melatih bakat menulis kita, bisa menggunakan aplikasi Opini.id. So apa itu Opini.id?

About Opini.id

Opini adalah portal yang membicarakan tentang kepedulian-kepedulian dan tindakan-tindakan baik orang Indonesia saat ini. Opini.id percaya bahwa orang Indonesia adalah orang yang perduli, bukan orang yang apatis dan egois, seperti yang diasumsikan kebanyakan ini. Sehingga Opini.id merasa terpanggil untuk menyampaikan dan memfasilitasi kepedulian dan kebaikan ini ke masyarakat luas.

Opini.id memiliki komitmen untuk menghadirkan semua konten dalam bungkus yang menarik, kreatif dan modern, karena jika hanya dalam bentuk tulisan saja akan membuat para pembaca merasa bosen dan monoton. Misi dari Opini.id adalah membuat orang menjadi tambah peduli dan tergerak untuk berbuat baik dan memperbaiki yang kurang baik.

Menulis di Opini.id tidak sepanjang dengan kita menulis di blog personal, bahasa dan jumlah karekter yang tersedia lebih terbatas namun informasi yang kita dapatkan singkat dan jelas. Opini.id sangat cocok untuk kalian yang memiliki aktivitas mobile, karena melalui ponsel kita sudah dapat menulis dan membaca topik di aplikasi Opini.id.

Tutorial menulis di Opini.id

Jika ingin menulis di Opini.id pastikan kalian sudah login, dan mengisi biodata tentang diri kalian. Kemudian jika ingin membuat tulisan bisa pilih menu topic dan pilih gambar pena yang berwarna hijau, bisa juga pilih menu gambar orang dibagian bawah dan akan muncul juga pena berwarna hijau.

Menu Create Topic


Selanjutnya akan muncul halaman ini, dan kalian bisa menuliskan judul topic yang diinginkan maximal 40 characters, dilengkapi pula dengan cover image agar lebih menarik.

Judul Topik


kemudian slide dan pilih next, maka halaman kedua akan muncul gambar ini :

Page Untuk Deskripsikan Tulisan


lalu deskripsikan tulisan topik kalian maximal 500 characters tanpa memasukan image atau gambar di halaman ini. Slide ke halaman selanjutnya kalian akan diminta untuk  Add Page dan akan muncul 3 pilihan yaitu :

Menambahkan Halaman


Pilihan Tambahan Menu

Pilihan yang pertama yaitu, Voice Your Opinion maximal 140 characters dan akan muncul layar seperti ini :

Contoh Tulisan

Pilihan yang kedua Create Article, anda bisa menggunakan image atau media, lalu tuliskan judul artikel maximal 40 karekter, selanjutnya tulis opini kalian maximal 140 karekter.

Create Artikel
Pilihan yang ketiga yaitu,  kita bisa melakukan poling dari pembaca Opini.id, dengan menggunakan gambar atau dengan kata, seperti gambar dibawah ini :

Polling Pembaca

Setelah tulisan kita selesai, maka langkah selanjutnya pilih menu post pada bagian ujung kanan atas. Kemudian tulisan kalian akan muncul di menu fresh. Setelah itu kalian bisa membagikan tulisan ini, di media sosial yang kalian miliki, yaitu di Twitter, Facebook dan WhatsappSemoga tulisan ini bermanfaat dan dapat membantu kalian untuk yang pertama kali ingin mencoba menulis di Opini.id, karena sekali Anda menulis di Opini.id maka membuat anda ingin menulisnya lagi.

Jadi, tunggu apalagi, yuk menulis di Opini.id, untuk melatih buat kalian yang ingin menulis dan temukan kelebihan-kelebihan dari opini.id yang tidak akan kalian temukan di portal yang lainnya.





4 komentar:

  1. Menulis di portal online gini memang salah satu cara untuk branding juga. Yang baca akan lebih luas. Opini ini bisa mobile juga ya.

    BalasHapus
  2. Makasih infonya mba Evi, kebetulan belum pernah nulis di opini.id. kadang mikirnya ga sempat. Tapi boleh juga dicoba.

    BalasHapus
  3. Tulisan ku adalah Cara ku mendapatkan Pahala , Cara ku berbagi Dan Cara ku menjadi orang yg bermanfaat

    BalasHapus
  4. asyiknya platform ini mobile friendly
    bagi yg nyaman nulis di smartphone tentu aja akan memberi kemudahan

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.