Apa Sebenarnya Blog Itu? Yuuk, Belajar Menulis di Blog

22.54 Evi Fadliah 24 Comments

Narasumber dan Peserta Workshop (Dok.RepzoneID)

Sekarang Kamu kesibukannya apa? Kerja Dimana?
Sering banged saya mendengar pertanyaan tersebut, karena hampir 1 tahun lebih saya memutuskan untuk resign dan full menjadi Ibu Rumah Tangga. Bosen dengan pertanyaan tersebut? Sebel dengan pertanyaan tersebut? Sama sekali tidak, meskipun sempet bete juga siyy sedikit. Heheheh

Soalnya sehari-hari setelah kelahiran anak pertama, saya masih disibukkan menjadi pekerja kantoran di salah satu Bank Swasta. Ketika saya memutuskan untuk keluar dari kantor yang notabennya status saya sudah di level yang nyaman, otomatis kesibukan saya jadi berubah dari kegiatan sebelumnya. Satu bulan pertama saya merasa bosan dengan rutinitas baru, namun hal tersebut tak belangsung lama, karena saya mulai mencari kesibukan lagi tapi tetap bisa mengurus si buah hati dan suami.

Awalnya saya rajin mengikuiti seminar yang berhubungan dengan parenthing, sampai akhirnya saya melihat teman-teman yang aktif menulis di media Blog. Saya rajin membaca tulisan-tulisan blog mereka hingga membuat saya tertarik untuk terjun dan belajar lebih jauh mengenai dunia ngeblog. Dimulai dari banyak bergabung di komunitas blogger, lalu saya aktif daftar event-event Blogger, mulai dari acara yang tidak ada fee transport hingga event yang berbayar.

Tapi bukan karena hal tersebut saya tertarik menulis di blog, lebih karena dengan menulis di blog saya tetap bisa produktif, saya bisa menuangkan rasa, pikiran dan dapat berbagi informasi dari acara-acara yang saya hadiri. Karena saya sangat yakin umur dari tulisan kita usianya bisa lebih panjang dari umur kita sendiri. Selain itu, yang membuat saya tambah semangat untuk menulis, juga dari salah satu Quote yang saya baca bahwa "Menulis itu 1% adalah bakat dan 99% adalah latihan".

Alhasil jika ada kesempatan untuk belajar memperdalam tentang dunia ngeblog, pastilah saya tak akan melewatkannya, seperti kesempatan yang saya dapatkan mengikuti Workshop "Blogging : Hobi dan Profesi bersama RepzoneID dari Harian Republika dan Komunitas ISB. Apalagi yang menjadi pembicara adalah Teh Ani Berta, akrab dipanggil dengan sebutan Teh Ani, yang pastinya di kalangan Blogger beliau sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Pembicara Teh Ani Berta (Founder Kominutas ISB)
Dok.RepzoneID

Acara ini bertempat di Gedung Republika Jalan Warung Buncit No. 37 Jakarta Selatan pada hari minggu, tanggal 16 Juli 2017. Yupp, meskipun hari minggu tapi harus tetap produktif dunk. Pada kesempatan itu, peserta workshop yang hadir cukup banyak, ada sekitar 60 orang lebih, baik mereka yang baru belajar di dunia ngeblog maupun teman-teman yang sudah berpengalaman di dunia ngeblog. Hebatnya lagi ada peserta yang jauh-jauh hadir dari Garut, beliau menempuh perjalanan dengan menggunakan tranportasi kereta, keren yaa semangatnya.

Membuat Blog

Dalam workshop kali ini, di sesi pertama Teh Ani memberikan materi tentang cara bagaimana membuat akun blog? Di sini Teh Ani menjelaskan pastikan kita sudah mempunyai akun email Gmail. Langkah selanjutnya sebagai berikut :

Langkah-langkah Membuat Akun Blog

Tak hanya penjelasan mengenai langkah membuat blog bagi pemula saja, Teh Ani juga menjelaskan pengertian yang ada di dalam blog tersebut :

Pengertian yang Terdapat Dalam Platform Blog Pribadi

Pesan yang Teh Ani sampaikan, setelah kita mempublikasikan tulisan blog kita, jangan lupa untuk di share ke media sosial yang kita miliki dan untuk hal ini tak ada batasannya. Nah, selain itu jangan lupa untuk setting blog kita agar dapat dikomentari oleh siapapun yang membaca blog kita, soalnya sayang khan jika tulisan kita sudah di share dan dibaca banyak orang tapi tidak bisa memberikan coment di blog kita.

Dalam kesempatan ini Teh Ani tak hanya berbagi ilmu saja, tetapi beliau juga berbagi cerita dan pengalamannya yang sudah  lebih dari 8 tahun menekuni dunia ngeblog. Kagum? Mupeng? Pastinya, tapi ada yang harus digaris bawahi, bahwa tujuan dari kita menulis Blog itu apa? Karena jika sudah menyukai dan menulis dari hati, maka materi dan berkah dari kita ngeblog akan mengikuti.

Ternyata, dari pengalaman saya menulis blog selama ini memberikan manfaat sendiri, diantaranya : Menuangkan rasa, pikiran yang ada kedalam tulisan. Menjadi jembatan informasi kepada orang lain, menjadi arsip dan sejarah kehidupan pribadi. Bersyukur jika tulisan kita dapat bermanfaat, dan menginspirasi banyak orang. Selain itu melalui ngeblog dapat bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang, hingga akhirnya membuka peluang untuk mendapatkan materi.

Dalam menulis blog sebenarnya bisa kita dapatkan dari mana saja, seperti Lingkungan sekitar, Kejadian yang kita temui di suatu tempat, bisa berupa pengalaman pribadi maupun dari pengalaman orang lain dan bisa berupa Penelitian Ilmiah. Lantas, setelah kita memiliki akun blog pribadi, jangan sampai kita membiarkan akun tersebut sampai lumutan ya, sebisa mungkin usahakan rutin update tulisan, paling tidak mulai dari seminggu sekali. Jika memungkinkan sering hadir workshop, talkshow dan event-event blogger. Perbanyak juga membaca untuk modal dalam menulis dan tak lupa pentingnya untuk memperluas networking.

Sumber Tulisan Blog

Dalam menulis di Blog bisa kita mulai dengan hal-hal yang kita sukai yaitu :

➧ Hobi

Setiap orang pasti memiliki hobi yang berbeda, dan berawal dari hobi bisa kita jadikan sebagai bahan penulisan di blog, misalnya saja kita senang membaca buku, maka kita bisa review dari buka yang kita baca. Boleh jadi untuk yang memiliki hobi nonton, pasti akan mengalir untuk meriview film tersebut dalam bentuk tulisan. Untuk yang hobi makan, bisa banged untuk #CekrekUploadNulis di blog dari resep yang baru kita buat kemudian dituangkan di dalam review resep masakan blog kita. Apapun hobi kalian, sangat banyak cerita yang bisa digoreskan di dalam blog pribadi kita.

Curhat

Siapa bilang, curhat hanya bisa dilakukan kepada sahabat atau orang terdekat saja, kenyataannya dalam menulis blog tidak ada larangan untuk mencurahkan isi hati kita lho! Nah, ternyata blog yang bentuknya curhatan kehidupan pribadi atau orang sekitar kita mengundang banyak pembaca. Karena dengan tulisan yang berbentuk curhatan, sebagai pembaca seolah-olah mewakili perasaan banyak orang.

Minat

Buat kita yang berminat atau tertarik dengan suatu bidang, seperti memiliki minat di dunia pendidikan, fashion sampai bakat yang kita miliki sangat bagus untuk kita bagikan dalam blog, syukur-syukur tulisan kita dapat bermanfaat untuk orang lain.

Bapak Irfan Junaidi (Pemred harian Republika)

Keseruan workshop bukan hanya diisi oleh Teh Ani saja, tapi hadir pula Pemimpin Redaksi Harian Republika Bapak Irfan Junaidi yang pada kesempatan itu menyampaikan tentang kegiatan workshop yang sangat disambut baik oleh beliau dan sedikit pemaparannya mengenai RepzoneID yang merupakan bagian dari Harian Republika, jadi RepzoneID terbentuk karena dunia digital yang semakin berkembang, dimana hal tersebut bukan menjadi halangan ataupun saingan untuk Harian Republika, melainkan kemajuan dunia teknologi sebagai penunjang dan menjadi wadah bagi para pecinta dunia sosmed.

Melalui RepzoneID ini diharapkan sebagai media untuk mereka yang ingin menulis dan berbagi informasi kepada pengguna sosmed, dan diharapkan kedepannya RepzoneID akan terus berkembang bersama dengan Harian Republika.

Terima kasih untuk RepzoneID dan Teh Ani Berta atas ilmu dan pengalaman yang telah diberikan. Seperti pesan Teh Ani, semoga dengan adanya workshop ini memberikan pengetahuan dan menambah semangat alias memberikan angin segar untuk terus menulis dan terus meningkatkan kualitas tulisan kita. Keep Writing everyone!











24 komentar:

  1. setuju sama quote-nya, semangat untuk yang 99 persen mbak evi *kibaspompom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess, semangat buat belajar banyak dari Mba Ayya juga niyyy #SemprotMinyakWangi

      Hapus
  2. Saya lebih tertarik sama quotenya mbak Evi.

    "Tulisan kita bisa lebih panjang umurnya daripada kita"

    Jadi bikin semangat nulis. Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuupp.. mari kita terus menulis Mas, buat bacaan anak cucu kita kelak. Aamin
      Thanks sudah mampir Mas Wahyu

      Hapus
  3. Wah sungguh pengalaman yang spektakuler. Berani keluar dari zona nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah.. Semoga niat yang baik, akan mendapatkan kemudahan kedepannya untuk dapat yang lebih baik lagi dan yang penting, tetap produktif ya Mas..

      Hapus
  4. Hebat juga yah teh ani,,, pengen juga hebat kayak teh ani..
    Kalau aku ngeblog tujuannya cuman pengen dapet duit,,, udah gitu ajah hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, semangat dan kemampuan Teh Ani dalam menulis memang patut di contoh.
      Nulis senang di blog yang akhirnya membuahkan hasil ya Mas.. Semoga kita terus bisa memberikan tulisan yang bermanfaat untuk orang banyak yahh..!

      Hapus
  5. Halo, Bun.

    Iput, salam kenal :)

    BalasHapus
  6. Salam kenal juga Mba Iput.. Yuukk kita semangat menulis Mba

    BalasHapus
  7. Dengan Menulis bukan hanya sekedar menyalurkan hobby namun juga berbagi ilmu dan pengalaman, bener tuh kata om wahyu qoute "Tulisan kita bisa lebih panjang umurnya daripada kita" bikin merinding :v

    Salam Kenal ya Mbak dari pendatang baru wkwkk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga yahh.. Terima kasih sudah mampir
      Yess, saling berbagi dan bermanfaat untuk orang banyak dari tulisan kita rasanya akan lebih berbahagiah yaa. Yukk terus belajar dan menulis

      Hapus
  8. Saya ko masih suka bete bin minder klo ditanya kerja apa saat ini. Meski blogger kini udah jd profesi, karna saya msh harus berjuang lbh tekun lagi. Btw pesertanya rame juga ya. Wuahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener siyy, awalnya juga gak PD, tapi karna sudah pilihan mau belajar lebih jauh tentang dunia blog jadi kita tunjukan ajah yuu melalui tulisan dan prestasi, bersyukur tulisan kita bertemu dengan jodohnya. Aamin

      Yess, Siti ini pesertanya lumayan rame, jadi serru bertemu banyak orang baru.

      Hapus
  9. Aku ya sebel juga mba.setiap ditanya apa kerjaan, selalu dipandang sebelah mata. Rasanya cekiitt cekiitt, macam ditusuk jarum. Periiihhh, apalagi itu masih kerabat sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. I Feel You Ka Lili, dan parahnya memang kerabat terdekat yang ngomomng githu. So, ayuu Ka Lili kita semangat menulis, siapa tau saudara2 kelak akan membaca tulisan kita. AAmin

      Jadi mereka gak akan mandang sebelah mata lagi yahh, tapi tersenyum lebar ke kitaa #Assikkk

      Hapus
  10. keren mbanya, bisa dapat ilmu langsung dari orang2 yg bekerja di situs2 besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih tahap belajar dan terus meningkatkan tulisan Mass.

      Thanks sudah mampir ya Mas

      Hapus
  11. Terima kasih sudah hadir Mba Evi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga Teh Ani, untuk berbagi ilmu, pengalaman dan motivasi yang telah diberikan. Semoga semangat menulis terus bisa saya tingkatkan lagi.

      Hapus
  12. Saya kalau di tanya sekarang ngapain teteppppp ibu RT.. Belon sanggup nyebut blogger, isi blog nya masih ecek-ecek xixixixixiiii... Semoga ke depan bisa ikutin mbak Evi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu IRT tapi yang punya banyak kesibukan ya Mba Agatha, Isi blog saya pun masih gado-gado juga Mba, tapi yang penting semangat kita buat nulis dan terus belajar terus berkembang ya

      Sama-sama ikutin langkahnya Teh Ani aja yuuuukk Mba

      Hapus
  13. Akuuu selama ngeblog belum pernah datang di event blogger. Nasih rumah di daerah, hihi. Makanya seneng banget baca liputan blogger macem gini. Jadi meski nggak dateng tetap dapat ilmunya. Makasih sharingnya ya Mba Evi^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senangnya jika tulisan kita bermanfaat untuk orang lain ya Mba, saya juga suka ikut event yang bisa nambah ilmu tentang ngeblog, salah satunya ya acara workshop ini. Selain nambah ilmu, nambah teman baru dan networking juga.

      Semoga kedepannya akan ada event Blogger yang dekat dengan rumahMu ya Mba.. Yukk kita sama2 semangat ngeblognya.

      Terima kasih sudah mampir Mba Rotun

      Hapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.