Before Your Start Youtube Pelajari Dulu Cara Membuat Content yang Baik

23.51 Evi Fadliah 18 Comments

Bersama Teman-Teman Blogger Sebelum Acara Dimulai
(Dok. Mas Agung Han/www.sapadunia.com)

Haloo teman bagaimana puasanya? Masih lancar khan..!
Apa siy yang kalian lakukan untuk mengisi waktu ngabuburit? Puasa bukan berarti menghalangi kita untuk produktif, justru salah satu cara yang paling asik ngumpul bareng sama teman-teman sambil menimba ilmu.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan ini, belajar di tengah puasa selain mendapatkan pengetahuan baru, silaturahmi terjalin dan pahalanya juga kita dapatkan. Sore hari itu suasana jalan cukup lengan bertempat di Bebek Dower Kuningan Jakarta Selatan, bersama dengan member Komunitas ISB dan CNI Indonesia belajar tentang Search Content Vs Social Content. 


Suasana Bebek Dower Dok. CNI_ID
Mas Gusti Alendra dari CNI memberikan sambutan dan knowledge produk tentang CNI. Apa siy CNI itu? CNI merupakan perusahaan multi level marketing asli Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1986. Teman FYI niy  kalau founder CNI adalah orang Indonesia asli, tepatnya dari kota Bandung. Jadi buat kalian yang bertanya-tanya tentang kabar CNI, dont worry #CNIMasihAda? lho, saat ini usianya sudah memasuki 31 tahun. Ternyata saya seumuran dengan CNI, hehehhe

Masyarakat kerap bertanya tentang kabar keberadaan CNI, pada dasarnya jaringan CNI Indonesia basis bisnis MLM yang memiliki jaringan sudah luas. CNI juga ada di negara Thailand, Brunei, Singapur, Hongkong dan masih banyak lagi kantor CNI yang berada di luar Indonesia. Bahkan saat ini CNI sudah merambah ke bisnis properti.


Mas Gusti Alendra Perwakilan Pihak CNI Indonesia

Teh Ani Berta Founder ISB

Kedepannya CNI nanti akan ada fasilitas mobile version dengan nama M-CNI, yang pasti hal ini untuk menandakan bahwa CNI tetap ada dan dekat dengan masyarakat luas. Teh Ani Berta juga memberikan sambutannya dalam kesempatan acara tersebut, Teh Ani mengatakan bahwa Komunitas ISB sudah bekerjasama dengan CNI sejak lama dan terus berlanjut sampai saat ini.

Mas Niko Riansyah Pemateri Pertama Tentang
 Search Content Vs Social Content
Pembicara selanjutnya ada Mas Niko Riansyah yang akan membagikan ilmunya tentang seacrh content yang penting banged untuk kita para blogger. Apakah kalian tahu bahwa Search Content dan Social Content itu berbeda? Kalau search kontent itu nantinya akan berpengaruh untuk di goole jadi kita harus cari tahu terlebih dahulu, apa yang disukai dari google dari blog atau website kita?

Siapa yang tidak mau kalau content kita terindeks di halaman pertama google, saya mah mau pake banged. Terus sering banged kita bertanya apa yang salah dengan content kita yahh? Qo gak bisa masuk di halaman pertama yahh? Aishhh itu mah pertanyaan yang bergumuruh ada di benak saya selama ini. 

Nah, biasanya orang akan mencari tahu yang mereka butuhkan di search content, jadi kita harus memperhatikan keywords, supaya dapat memudahkan untuk mereka dapat dengan mudah menemukan content yang mereka inginkan. nah disini Mas Niko menginformasikan ada 3 hal yang diperhatikan dalam content strategy, yaitu :



Navigational

Usahakan buat blog kita mudah untuk direspon alias tidak berat alias tidak lola supaya pada saat orang lain ingin masuk mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama, kalau kelamaan nanti orang jadi males trus pindah ke blog orang lain dech. Sayang banged khann..!

Biasanya dari pengalaman saya kalau lola buka web karena template kita yang terlalu ramai, ukurun pixel foto kita yang besar dan pastinya jaringan internet kita harus stabil.

Informational

Supaya pembaca blog kita betah dan bermanfaat, upayakan banyak informasi yang kita berikan. Sehingga orang lain akan sampai selesai membacanya agar informasi yang mereka dapat sempurna dan sesuai dengan yang mereka butuhkan. Biasakan untuk memberikan informasi jelas, detail dan lengkap, pokoknya kita harus memanjakan pembaca blog kita.

Transactional

Buat blog kita ini menarik, harus berbeda dengan blog orang lain sehingga orang akan betah berlama-lama ada dalam blog kita,  jadi kita harus benar- benar dapat mengoptimalkan blog kita, bisa dengan menambahkan foto dan video yang menarik.

Sebenarnya menulis itu bukan hanya karena kita suka saja dan semau kita tapi dalam menulis itu kita juga harus berbagi dengan orang lain. Untuk search content upayakan membuat sesuatu yang menarik, masukan keyword yang berbeda alias unik,  yang dapat menjawab dari pertanyaan seseorang. Pada akhirnya setiap dimuka bumi ini tidak ada yang instant, semuanya butuh waktu dan proses, jangan pernah puas dan untuk mendapatkan search content yang baik harus terus dilatih

Lalu bagaimana dengan kabarnya Sosial Content itu sendiri yahh? Untuk hal ini sosial content memiliki karekteristiknya sendiri dari tiap-tiap sosial media yang kita miliki. Kekuatan dari sosial content itu dimana kita lebih menawarkan informasi yang dilengkapi dengan gambar atau judul yang menarik/provokatif bagi pembaca blog kita.

Kita juga bisa mempelajari peminat blog kita lho.. Bisa juga kita membandingkan antara satu tulisan kita dengan tulisan yang lainnya agar kita bisa tahu tema apa yang lebih diminati dan kita bisa menggunakan google analytic dalam hal ini. Sehingga peran dari judul itu sendiri juga sangat mempengaruhi bagaimana para audience tertarik untuk berkunjung ke blog kita.

Ekspresi Mba Yonna Kairupan When She said :
IF I CAN DO THIS SO CAN U

If Mayo Can DO THIS So Can U

Sesi selanjutnya yang paling kita tunggu yang sudah memiliki ribuan 10K subscribers di channel youtubenya, tak lain dan tak bukan adalah Mba Yonna Kairupan atau yang kita kenal dengan Mayo, beliau akan bagi-bagi subscribernya lho, eh, bukan dech tapi bagi-bagi ilmunya tentang YOUTUBE. Yupp, beliau seorang ibu dari 4 orang anak yang memiliki segudang prestasi dan kegiatan.

Mayo adalah seorang Beauty dan SFX MUA, seorang videographer, seorang content creator, sebagai seleb socmed manager dan Founder dari IFB dan IFV. WOW banyak bangad yaa jabatannya. Melihat aksinya saya selalu suka kalau Mba Yonna sudah hadir dan bicara di depan kita, karena auranya yang positif dan bawaanya yang energik dan selalu bikin kita pusing.. Hehehe
Guest What? Supaya kita pada mengajukan pertanyaan kepada beliau.

Mba Yonna dan segudang profesinya
Perlu kita ketahui kalau Mba Yonna ini tidak pernah belajar tentang videographer lho, dia belajar sendiri guys. Pertanyaan Mba Mayo dimulai dengan kenapa siy kita enggak mau bikin channel youtube? Emang penting yahh?

Pasti yang ada di dalam pikiran kita diluar sana khan youtuber udah banyak banged, jangan sedih di dunia ini ada 3-5 miliar orang yang online dan Youtuber belum sebanyak itu, jadi peluang kita masih terbuka lebar sekali. Jangan bilang kita tidak punya uang, Mba Yonna said, jadi youtuber gak perlu banyak uang qo, dan gak perlu nunggu jadi orang kaya dulu, karena pada dasarnya modal yang kita perlukan cuma akun Youtube dan Smartphone.

Enggak punya bakat? Sama, tapi bakat tersebut bisa diasah asalkan kita memiliki nilai dan harus autentik atau asli, lebih baik jangan suka meniru gaya orang lain. Alasan lain yang harus kita kubur adalah Enggak punya waktu? Jatah waktu kita di dunia ini sama qo, 1 x 24 jam, dari seharian itu kita hanya butuh beberapa jam dalam seminggu, luangkan waktu 2-3 jam sehari untuk kita membuat video, nah manfaatkan dalam waktu tersebut kita bisa membuat beberapa video untuk kita share nantinya.

Ada juga yang bilang Gak punya koneksi? semua itu hanya permasalahan socmed dan jaringan saja, seiring waktu hal tersebut nantinya juga akan bertambah qo, asal kita bisa manage dengan baik. Alasan terakhir yang kita miliki biasanya, ide kita sudah diambil oleh orang lain? Nah, justru disitu kita harus jeli, berarti ada marketnya, kita tinggal mengemasnya dengan cara kita sendiri dengan cara yang berbeda dari orang lain.


Before You Start

Sebelum terjun jadi content creator, kalian harus jawab ini dulu.. Apa yang kamu mau dengan membuat akun Youtube? Apa yang ingin kamu capai dengan membuat Youtube? Apa benefits dari Youtube?

Kalian harus menanyakan hal tersebut pada diri masing-masing, jika sudah mantap langkah selanjutnya adalah Know Yourself. Cari tahu apa yang menjadi kelemahan dan kekutan kita? Untuk mencari tahu hal ini sebaiknya kita tanyakan pada teman kita, tapi yang netral yahh..! Karena nantinya dengan kekuatan dan kekurangan yang ada, kita jadi lebih tahu diri kita sendiri seperti apa.

Setelah itu, kita harus FOCUS/CLARITY, fokus dalam youtube ternyata sama dengan fokus pada blog, kita harus tahu niche kita apa? Tentukan dan fokuskan, kita bisa menentukan niche kita melalui blog, liat dech page view kita paling tinggi dimana. Ushakan video yang kita buat itu harus  jelas dan jangan pakai ribet yahh!

Hal yang perlu kalian hindari dan akan menjadi kesalahan terbesar, ketika sudah mulai fokus jadi youtuber adalah harus tentukan tema apa yang ingin kita bahas dan upayakan jangan sampai nyasar kemana-mana. Biasanya tema yang kita angkat terlalu umum dan tidak jelas, jadi bikin males buat yang lihat.

Langkah yang ketiga adalah Value, Video kita harus memiliki informasi, dapat memberikan inspirasi kepada orang lain, memberikan motivasi, yang tak kalah penting juga harus menghibur. Jangan bikin vlog kita isinya hanya dadah-dadah manjah saja.



START NOW merupakan langkah yang selanjutnya, lakukan sekarang dengan analisa yang baik dan secara perfectionist, tidak usah menunggu orang lain, kita bisa qo melakukannya sendiri. Awal ngevlog Mba Yonna juga hanya menggunakan smartphonnya saja dan She did it, dia juga belajar dari mana saja, biasanya Mba Yonna paling senang belajar edit video dari Youtube.

Sekarang orang-orang banyak mencari segala sesuatu dari Youtube Search, ini merupkan langkah yang kelima yang harus kita ketahui. Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari youtube. Yang ke enam hal yang harus kita lakukan yaitu Consistency alias konsisten. Luangkan waktu 1-2 hari untuk syuting, usahakan jadi beberapa video kemudian upload tapi ingat jangan sekaligus melainkan 1 minggu 1 video. Yang penting kita tetap eksis dan youtube juga akan mensugest apabila kita konsisten.

Kalau sudah ngehits, kita harus Ready for Haters, yess yang tidak suka dan kasih thumbs down pasti ada dan banyak, tidak menutup kemungkinan yang kasih thumbs down tersebut teman dekat kita sendiri, so prepare for that ya guys! Jangan sampai kita patah semangat, justru jadikan hal tersebut sebagai motivasi kita untuk terus berkembang.

Yang terakhir Hustle More yaitu promosiin video kita di sosial media, dan lakukan secara berkali-kali, hindari juga yang namanya malu untuk meminta sedekah like, nah, disini pentingnya group Whats Up yang kita miliki. Lalu menjawab pertanyaan dari audience juga penting, supaya engagement kita terjalin dengan baik.

Wahh, setelah penjabaran dan ilmu yang di dapat dari Mba Yonna, siapa siyy yang gak mau jadi youtuber yang keceh, tapi harus diingat jika kita sudah terjun disini jangan melakukan ini semua semata-mata untuk uang atau materi, itu sudah jadi motivasi yang salah besar.

Semoga kita bisa mempraktekan itu semua yahh, and last Lets Do This Now

















18 komentar:

  1. masih mempelajari untuk bisa praktek youtuban :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun.. Kita semangat belajar yuu Mas, biar makin keceh channel youtube kitahh.

      Hapus
  2. Aku udah punya channel youtube tapi masih bingung menentukan nichenya buehehhe kan ga asik kalau nantinya aku cuma dadah-dadah ga jelas. Mesti riset lagi apa ya konten yang cocok buat blog aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh.. Ayuu Teh upload videonya ke youtube biar bisa meramaikan dunia youtuber. Kalau sudah dapet hasil risetnya, blog Teh Efi yang udah keceh pasti tambah keceh badai dech..

      Can't wait

      Hapus
  3. Duh, beruntung bgt dirimu mba bs ikut workshop sama mayo. Dan makasih ulasannya, aku jd ikut belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mba, kalau sudah liat aksi Mayo, jadi menular semangatnya. Semoga bermanfaat ya Mba and kita sama2 bisa nerapkan ilmunya.

      Hapus
  4. Mbak Yonnaaaaa...
    Huwaaa senangnya bisa belajar dari Mbak Yonna langsung.
    Terima kasih sudah sharing materinya ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess Mba Yonaa, menyenangkan sekali kalau melihat beliau jadi pembicara, semangat dan motivasi yang diberikan biasanya kena banged. Heheheh
      Kembali kasih Mba April, semoga bermanfaat

      Hapus
  5. Wah, ini pembicara2 kece dengan materi yang keen. Aku jadi manggut2 soalnya gaptek tentang yutub, makasih loh sharingnya ya Mba, salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun baru sekedar punya ajah Mba, setelah mendengarkan pennjelasan dari Mba Mayoo sama kita manggut2 mendengarnya. Paling tidak ilmu yang sudah di dapatkan bisa dipraktekan sedikit-sedikit.

      Sama2 Mba semoga bermanfaat.

      Hapus
  6. Semoga bisa jadi youutber ahahha, tapi ak sendiri malu kalo berada di depan kamera mba Ev.
    Jadi lebih seringnya merekam :-D Mba Yonna sama teh Ani keceh semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh.. Aamin
      Sama Aku pun gitu Mba, masih belum PD, lebih seneng bikin video yang rame2 bareng sama temen2, itu pun cuma dadah2 manja ajah. Xixixixi
      Yupp setuju mereka keren sangat.

      Hapus
  7. Saya masih dalam tahap terus belajar, belum berani buat lagi. Paling bisanya yang dadah dadah manjah ajah ..hihihi..
    Lagi nyari yang sesuai dengan minat.Supaya konsisten dengan niche kita,kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat belajar yuu Mbaa, dadah2 manja emang jadi gaya andalan siapapun ya Mba Nurul, saya pun juga. Heheheh

      Iyaa Mba kalau sudah ketemu sama Niche, fokus, disiplin dan konsisten dechh.. Semoga hasilnya videonya tambah keceh ya Mbaa.

      Hapus
  8. trimski banget mba evi. rangkumannya kece. Jadi belajar banyak hal lagi,, Sudah lama suka sama mba yonna. Youtubenya berisi banget, Oke siap. Mari belajar bikin content berbobot... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kembali kasih Mba Ira, setuju Mba Yonna keceh banged dech, suka banged kalau beliau sudah cuap2, semangatnya menular banged dan humble pula orangnya. Sayaa jugaa sukaa banged sama tulisan2 Mba Ira, salah satu inspirasi dan guru saya..

      Yuukk biar sucribernya makin banyak dan videonya makin Ok ya Mbaak

      Hapus
  9. Ayooo udah bikin belum video nya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin siy udah Teh, tapi belum di upload niyyy. Hehehehh

      Hapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.