Eataly Resto : Makanan Khas Cita Rasa Italia

05.15 Evi Fadliah 6 Comments


EATALY
Our Pizza, Our Pasta, Our Passion




Banyak orang yang menyukai wisata, karena berwisata itu merupakan hal yang menyenangkan termasuk yang namanya wisata kuliner. Bagi kita yang suka jalan-jalan sudah pasti menyukai kuliner. Di Indonesia sendiri terdapat ratusan kuliner yang lezat dan pastinya setiap daerah memiliki kuliner khasnya sendiri.
Pengertian wisata kuliner itu sendiri dapat diartikan sederhana yaitu : Jalan-jalan ke tempat dimana kita bisa menikmati makanan di tempat tersebut. Sedangkan secara luasnya wisata kuliner adalah berpergian bersama-sama untuk memperluas wawasan mengenai makanan.

Yang perlu kita persiapkan sebelum memulai wisata kuliner ada 3 pokok yaitu ; menentukan lokasi, mencari informasi dan yang paling penting adalah menyiapkan budget. Sekarang ini kuliner yang ada di Ibu kota Jakarta sudah sangat banyak, bukan hanya makanan Indonesia saja tapi makanan dari manca negara juga sudah banyak.

Belum lama ini saya diajak oleh teman untuk datang ke salah satu tempat makan bernama Eataly Resto, yang berlokasi di ruko sentra niaga green lake jl. green lake city boulevard blok h 05, Jakarta Barat. Begitu mendengar namanya yang ada dipikiran saya saat itu adalah ehmm.. Saya suka apa enggak ya sama makanannya..? Soalnya pasti resto ini akan identik dengan makanan khas Itali.


Begitu setibanya saya di lokasi, kita disambut hangat oleh pelayan Eataly resto, selain itu konsep bangunan dan dekorasinya unik dan menyenangkan. I'm feel like home, soalnya kita bisa melihat langsung pembuatan pizza Eataly Resto dari dapur mereka yang terbuka. Jadi setiap pengunjung yang datang dapat melihat dan merasakan masak makanan khas Itali.

Seperti yang dikutip dari pemilik Eataly Resto ini, yaitu Sven M Diekmann dan sang istri Indrawati Murti "kita membangun suasana resto ini agar dekat dengan pengunjung kami dari semua segi dan rasa." Mereka memastikan bahwa dekorasi resto ini adalah tempat yang indah dan menyenangkan untuk tempat makan.

Tempatnya sudah keren dan cozy, lalu bagaimana dengan rasa makanannya yahh? Eataly Resto ini memang menawarkan makanan pizza yang terbaik dan juga pasta yang terbaik. Ukuran pizza yang ada di resto ini lebih besar dari piring pizzanya sendiri lho..
Kebayang khan..!!


Menu Makanan yang ada di Eataly Resto

Menu dan minuman yang ada di Eataly Resto ini meskipun khas dengan cita rasa masakan Itali tapi sangat cocok di lidah orang Indonesia. Sebelum kita menyantap pizza mereka,  sebelumnya kita disajikan Antipasti terlebih dahulu, menunya ada;

* Bruchetta yaitu Roti yang diatasnya ada tomat, daun basil, italian herbs dan virgin olive oil.
* Arancini yaitu berbentuk bulat yang di dalam isinya ada nasi dengan bolognese dan daging cincang, karna di Indonesia jadi harus ada menu yang menggunakan nasi.


Setelah itu kita disajikan menu Insaltone menunya ini berupa salad, bagi kalian yang tidak menyukai salad, silakan mencoba salad yang ada di Resto ini, karna dijamin kalian pasti akan berubah pikiran. Karena cita rasa salad yang ada di Eataly Resto ini fresh dan sangat berbeda dengan salad pada umumnya.



Finally menu yang di tungu-tungu hadir di atas meja, begitu melihat ukurannya ternyata benar-benar besar. Pizza disini memang tidak tebal, bisa dikatakan pizzanya tipis dan ukurannya lebar, pilihan topingnya juga bervariasi. Rasanya memang selezat penampilannya dan yang paling penting anak2 suka dengan rasa pizzanya karna rasanya yang gurih tersebut dan tidak terlalu tebal.

Pada saat kami sedang menyantap pizza, sang pemilik resto Ibu Indrawati Murti memberi tahu kepada kami cara terbaik untuk makan pizza. Ada yang suka makan pizza menggunakan tangan karena lebih nikmat. Ada juga yang lebih senang pakai garpu dan pisau karena dianggap lebih sopan dan bersih.



Sebenarnya, mana cara makan pizza yang paling benar?

Untuk hal tersebut menurut sang pemilik resto memang ada perbedaan dalam mengkonsumsi pizza. Ada yang berpendapat bahwa makan pizza menggunakan pisau dan garpu akan lebih rapi. Namun ada juga yang senang memakannya langsung dengan tangan. Negara asalnya sendiri di Itali, pizza dianggap sebagai  social food, pizza sering disajikan sebagai sajian andalan saat sedang berkumpul bersama teman ataupun keluarga.

Karena sering dinikmati saat santai dengan suasana yang kekeluargaan dan nyaman, sehingga orang Itali sering menikmati pizza dengan cara memakannya langsung dengan tangan. Potongan segitiga pizza tersebut dimakan dengan cara melipatnya di bagian tengah kemudian pizza tersebut diarahkan ke mulut dan dimakan mulai dari bagian sudut terkecilnya.

Cara tersebut diyakini menjadikan makan pizza menjadi lebih enak, apalagi saat pizza masih hangat yang dikunyah bersama saus dasar tomat, plus aneka toping dan keju yang meleleh.. Ehmm ini sudah paling nikmat.

Lalu bagaimana jika kita memakan pizza menggunakan pisau dan garpu? Cara inipun sebenernya dibenarkan, apalagi jika pizza disajikan dalam suasana formal, maka menikmati pizza dengan sendok dan garpu dianggap lebih sopan karena pastinya tidak akan meninggalkan sisa minyak di tangan kita.

Jika kita menggunakan pisau dan garpu maka irislah pizza terlebih dahulu hingga ukurannya kecil dan pas untuk sekali suap. Banyak yang mengatakan dengan cara ini dianggap membuat kelezatan pizza menjadi kurang.

Sekarang pilihan ada di tangan kalian mau menikmati makan pizza dengan cara apa, namun yang perlu dicatat tempat makannya akan lebih nikmat jika kita datang ke Eataly Resto. Disana kita tidak hanya menikmati makannya saja, tetapi untuk proses pembuatan pizza pun kita bisa meyaksikannya langsung.

Setelah puas menyantap pizza, selanjutnya kami disajikuan menu Pasta, ada spaghetti, fettuccine, risotto dan lasagna. Dari semua menu itu rasanya memang luar biasa karena homemade jadinya sangat cocok di lidah orang Indonesia, termasuk saya yang ada didalam barisan tersebut.



Bukan hanya makanannya saja, minuman yang ada di resto ini juga tak kalah enaknya, seperti minuman yang di berikan kepada saya sebagai welcome drink yang di sebut dengan Elderflower, rasanya seger banged.

Memang di Eataly Resto ini belum mengantongi sertifikasi halal, namun bagi yang muslim tidak perlu khawatir karena makanan dan minuman yang ada di Eataly Resto ini dijamin halal dan tidak menggunakan alkohol.

So what are you waiting for? Silakan datang ke Eataly Resto untuk membuktikannya sendiri, dijamin pasti kalian akan suka. Kalian bisa datang bersama dengan sahabat, teman kantor dan keluarga karena suasana resto telah di design senyaman mungkin untuk keluarga.

Oh iyaa di bulan April ini, Eataly Resto ini memberikan promo juga lho hanya untuk kalian semua dan itu diberikan EVERDAY . Untuk promo yang diberikan kalian bisa melihatnya di sosmed mereka: IG : eatalyresto










6 komentar:

  1. Wow pastanya ijo banget. Ini uniknya pizza di Eataly, sausnya dibikin sendiri.

    BalasHapus
  2. Bener Mbak pastanya home made jadi warnanya alami, rasa saus pizzanya beneran enak.

    BalasHapus
  3. patut di coba nih di Eataly Resto, ada sertifikasi halalnya pula ...

    BalasHapus
  4. Silakan dicoba, dijamin suka dech. Untuk saat ini sertifikasi halal belum ada, karna resto ini baru buka sekitar akhir tahun yang lalu. Tapi bahan dan tempat yang digunakan dijamin halal.

    BalasHapus
  5. Yuuuk aah kesana lagi...masih penasaran sama pizzanya.

    BalasHapus
  6. Yukkk Ferr, lumayan deket dari rumah, pangen nyobain menu lasagnanya niyyy.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.