Belajar Menulis Reportase Ala Blogger Reporter

01.09 Evi Fadliah 26 Comments


Mba Hani sang MC dengan ciri khas suaranya yang lembut membuka acara
kegiatan Reportase Ala Blogger Reporter ( Dok Pri ) 
Akhirnya setelah menunggu waktu beberapa lama, saya bisa bergabung di group Blogger Reporter Indonesia, tanpa pikir panjang saya langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti acara #InHouseTrainingBRID bersama dengan teman Blogger lainnya, dengan tema yang diangkat adalah "Menulis Reportase Ala Blogger Reporter." Senangnya terasa berlipat ganda, akhirnya bisa bertemu dan belajar dari orang-orang hebat di dunia Blogger.
Meskipun perjalanan menuju lokasi di guyur hujan tapi tak sedikitpun melunturkan semangat saya untuk menuntut ilmu. Karena di tanggal 28 Januari 2017 yang berlokasi di @Wisma Riat Pangadegan, Jakarta Selatan akan menjadi catatan tersendiri untuk perjalanan saya di dunia blogger. Setibanya saya di lokasi sudah ada beberapa teman blogger lainnya termasuk pembicara yang hadir pada hari itu, diantaranya ada Mas Hazmi Fitriyasa ( Founder BRID ), Teh Ani Berta (Co Founder BRID)  dan Mas Wahyu Vidyanto ( Owner Jakarta Nasi Tumpeng ). 

Yang berlaku sebagai pembawa acara pada siang itu adalah Mbak Hani, dengan suaranya yang lemah lembut mengajak kita dan  membawa kita untuk mendengarkan materi yang akan di sampaikan oleh pembicara yang pertama, yaitu Mas Hazmi Fitriyasa ( founder BRID ) yang di kenal dengan panggilan Om Srondol. Pastinya beliau memiliki banyak keahlian dan prestasi, yang membuat  saya semangat untuk menyerap ilmu yang di sampaikan oleh beliau.

Mas Hazmi Fitriyasa  Founder BRID  ( Dok Pri )
Pada kesempatan tersebut Mas Hazmi menjelaskan alasan kenapa dibentuknya Blogger Reporter Indonesia?, karena BRID bukanlah organisasi biasa, ini merupkan organisasi Blogger yang multi platform dan Blogger yang memiliki kekuatan yang begitu luar biasa. Karena para blogger dapat melakukan Twitting, Posting dimana kita merekap dari hasil tweet di olah menjadi sebuah berita, kemudian tahap selanjutnya yang dilakukan para blogger adalah Linking. ( Twitting + Posting + Linking ), hal ini lah yang menjadi kekuatan dari seorang Blogger. 

Mas Hazmi juga memaparkan tentang hal apa saja yang dapat menjadi daya tarik utama dalam tulisan kita (Blogger), diantaranya adalah :
1. Bergaya Storytelling adalah sebuah teknik untuk menyampaikan sebuah cerita dengan cara mendongeng. Storytelling menggunakan kemampuan penyaji untuk menyampaikan sebuah cerita dengan gaya, intonasi, dan alat bantu yang menarik minat pendengar. 76.2% Konsumen Indonesia menganggap konsep story telling adalah salah satu kriteria iklan menarik. Lalu Bagaimana Storytelling terbentuk?
- Ada Fiksi, karangan yang berisi cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang.
- Ada Non Fiksi, karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita atau hal-hal yang benar-benar dan    terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

2. Penjiwaan yang kuat di dalam konten dengan ciri-ciri sosial media yang menarik :
- Ide/Tema
- Plot
- Riset
- 5W+1H+ user experiment
- Naratif dan mengalir
- Penyesuaian platform social media
- Kelengkapan tulisan dengan konten gambar dan video
- SEO Friendly, " Content is the king "

3. Menyesuaikan Platform, sesuaikanlah setiap tulisan di masing-masing media sosial yang akan digunakan.
4. Penuh ilustrasi, gambar dan video

Teh Ani Berta Co Founder BRID ( Dok. Pri )
Siang itu Teh Ani yang bertindak sebagai pembicara selanjutnya, yang tak kalah pula memiliki keahlian, pengalaman serta prestasi yang patut di contoh memberikan materi tentang "reportase ala blogger." Dalam kesempatan ini Teh Ani menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan reportase adalah kegiatan mengumpulkan informasi yang diliput sesuai kejadian, data, survey dan peryataan-peryataan narasumber atau khalayak ramai. Reportase dapat dituangkan dalam bentuk laporan langsung atau tulisan. Pada dasarnya, reportase tulisan tidak boleh memasukkan opini, harus ikut pakem jurnalis.

Selanjutnya mengenai reportase blogger, Teh Ani menjelaskan bahwa kita tidak sepenuhnya harus terikat pakem jurnalistik, sebaiknya kita menggunakan bahasa personal jangan menggunakan bahasa alay, misalnya menulis kata nama dengan angka ( N4m4 ) dan kata-kata alay lainnya. Dalam reportase blogger kita tidak dibatasi, kita dapat menceritakan laporan secara detail, hebatnya lagi dari seorang blogger yaitu menjadi editor dan promote dari tulisannya sendiri.

Perlengkapan Reporter ( Dok. Pri )
Sebagai seorang Blogger kita juga harus memiliki perlengkapan yang lengkap ala reporter, yaitu membawa notes, camera DSLR, camera pocket, voice recorder, smartphone, powerbank, pulpen dan kabel data. Pada kesempatan ini Teh Ani memberikan tips menulis reportase ala blogger sebagai berikut :
1. 5W 1H : ( What, Who, When, Why dan How )
2. Sisipkan kalimat aktif  ( Peryataan dari narasumber dan pengisi acara atau kutipan langsung dari  narasumber )
3. Tidak salah menuliskan gelar narasumber dan pengisi acara
4. Sebelum menulis reportase acara, riset kecil-kecilan sebagai bahan komparasi 
5. Live tweet kalaupun tak ada kompensasi berupa hadiah dari penyelengggara , live tweet bermanfaat sebagai arsip jika akan menulis reportase, jangan lupa menggunakan hashtag agar mudah menemukan arsipnya
6. Multitasking : foto, menulis poin-poin wawancara, video dan live tweet.

Selain itu ada hal lain yang juga sangat penting bagi para blogger, yaitu : Press Release, biasanya disediakan sebagai acuan menuliskan berita, sebaiknya blogger tidak berpatokan terhadap press release. Pada dasarnya fungsi press release sendiri bagi seorang blogger hanyalah sebagai nama dan gelar narasumber acara, sejarah brand dan intisari acara. 

Kita sebagai seorang blogger juga harus mempunyai etika dalam kegiatan reportase, diantaranya : berusaha hadir tepat waktu, menyimak jalannya acara, menyampaikan pertanyaan dan mengambil kesimpulan. Meskipun blogger tidak diakui instansi secara resmi, tapi perannya sangat lah penting. maka dari itulah kita harus pandai dalam menempatkan diri.

Mas Wahyu Vidyanto Owner Jakarta Nasi Tumpeng ( Dok.Pri )
Tak terasa hari telah beranjak semakin siang, dalam belajar sebaiknya isi perut pun tak dalam keadaan kosong. Beruntung sekali makan siang kita di sponsori oleh Jakarta Nasi Tumpeng. Sebelum acara selesai Mas Wahyu Vidyanto mengatakan alasan kenapa memilih nasi tumpeng sebagai bisnisnya, karena ingin tetap melestarikan budaya Indonesia, dan nasi tumpeng sering di hadirkan dalam berbagai acara yang istimewa. Namun karena sudah jarang orang yang membuat nasi tumpeng sehingga Jakarta Nasi Tumpeng hadir untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Jakarta.

Mas Vidy juga menjelaskan keuntungan dari Jakarta nasi Tumpeng itu sendiri dimana rasa di sesuaikan dengan cita rasa orang Jakarta, dan memang saat ini Mas Vidy fokus untuk market pasar di Jakarta. Fasilitas pesanan di antar ke tempat tujuan, ini pengalaman banget waktu masih kerja kantoran dan ada acara untuk pesan tumpeng pasti kita yang harus mengambil sendiri, sehingga mengganggu jam kerja. Tapi kalau sekarang saya pasti akan memberikan rekomendasi ke seluruh teman yang ingin memesan nasi tumpeng sekarang sudah bisa pesan nasi tumpeng di www.jakartanasitumpeng.com. Selain itu ada pelayanan Before and arter service, jadi meskipun nasi tumpeng telah mendarat ke tempat tujuan dengan selamat, pihak nasi tumpeng tetap akan memberikan pelayanan kepada pelanggannya mengenai kepuasan mereka terhadap jakarta nasi tumpeng.

Jakarta Nasi Tumpeng ( Dok.Pri )
Sebagai bocoran, ternyata Mas Vidy mempunyai usaha lain yang sudah terkenl yaitu Royal Sandwich. Sehingga bersyukur sekali beliau mau berbagi ilmu tentang poin-poin bisnisnya dimana Ia mengatakan ada 5 Point penting yaitu :
1. Memaksimalkan penggunaan search engine, penggunaan SEO agar halaman promosi kita mudah    ditemukan.
2. Landing Page, buat halaman semanarik mungkin agar target kita suka berlama-lama di web kita.
3. Customer Service, ini sangat berperan penting karena kebanyakan orang Indonesia lebih suka        berbicara dari pada harus mendengarkan informasi melalui mesin.
4. Produk, Point yang sangat penting yang akan menentukan repeat order atau tidak.
5. After self service, hal tersebut dilakukan agar ada kedekatan antara pelanggan dan pemilik usaha.

Karena bagi Mas Vidy percaya " Jika bisnis mau hidup maka terus maintanance pelanggan lama, jika ingin kaya maka cari pelanggan baru. "Untuk itu Mas Vidy sudah memiliki target pasar untuk orang kantoran di hari kerja dan untuk perumahan di hari libur. Buat teman-teman yang mau memesan Jakarta Nasi Tumpeng silakan menghubungi di nomer 0812-9430-9199. Dijamin selain rasanya yang enak paket yang ditawarkan juga sangat lengkap, ada nasi, lauk pauk berupa ayam, perkedel, sambal kentang ati, tempe orek, telur tak lupa sambal dan kerupuknya pun sudah tersedia. Tampilannya pun sangat menarik, harga yang di tawarkan juga sangat terjangkau dan free ongkir. Jadi tak perlu menunggu lama, langsung saja kepoin webnya di www.jakartanasitumpeng.com

Tanpa terasa jam terus berlalu dan hari pun semakin sore, akhirnya kebersamaan kita hari itu harus di sudahi. Begitu banyak ilmu yang di dapat dari para pembicara. Sangat bersyukur bisa menjadi peserta #InHouseTrainingBRID. Semoga ilmu yang sudah di dapat bisa di praktekan oleh para peserta yang telah hadir khususnya untuk saya pribadi, dan pesan dari Teh Ani yang masih melekat adalah bahwa kita harus Sabar, terus belajar dan jangan malu untuk share tulisan kita di media sosial. Berharap jika Blogger Reporter Indonesia mengadakan acara kembali, saya bisa bergabung menjadi pesertanya.

All Narasumber dan Admin BRID ( Dok. Pri )
Pemberian Potongan Nasi Tumpeng kepada Bang Nur ( Dok. Pri )






26 komentar:

  1. Terimakasih artikel yang bermanfaat, nasi tumpeng nya menggoda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih Mbak Riaa.. Heehh nasi tumpengnya enak Mbaak.

      Hapus
  2. Makasih reportasenya Mba Eviii, semoga bisa hadir di training lanjutan yaa. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mbak Hanii.. Di tunggu Mbakk, semoga bisa gabung lagi.

      Hapus
  3. Terima kasih sudah hadir di acara ini Mba Evi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku yang terima kasih banyak Teh Ani atas ilmu yang sudah diberikan, semoga bisa ikutan lagi..

      Hapus
  4. Seru ya..bisa datang ke acara yang sarat ilmu, bisa dekat dengan pembicara yang keren dan bisa kumpul bareng sama teman-teman blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mbak Nurul beruntung banged bisa ikutan acara ini, dapet ilmu dari orang2 yang hebat..

      Hapus
  5. Evi,,, apik susunan bahasanya... Noted infnya haha kepingin jd reporter Tp pingin yg traveling biar bs jln2 gratisan^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seriuss Mbakk...? Next kita ikut belajar bareng yukk..

      Hapus
  6. Wah voice recorder perlu juga ya. Senang sekali dapat ilmu baru, makasih sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mbak, ini yg sering Teh Ani lakukan. Apalagi kalau narsumnya pake bhs.inggris perlu banged si Voice recorder ini.

      Hapus
  7. Wahh Tips keren dari para blogger kerenn..
    terima kasih sdah meliput untuk kami Mbak..
    Tipsnya mantap heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mbak, tips yang bermanfaat banget buat newbie seperti saya.
      Kembali kasih Mbak Ajen, salam kenl yahhh.

      Hapus
  8. Sayang banget saya gak bisa ikut. Acara keren banget tuh. Cocok banget newbie seperti saya. Smoga next event harinya cocok & bisa ikutan deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next time kita ikutan acara ini bareng yaa, Ilmu yg selanjutnya pasti lebih keren lagi.
      Apalagi buat kita yang newbie yahhhh.. heheheh

      Hapus
  9. Kyaaaaa ... thanks Mba Evi, buat ilmunya, meski nggak mengikuti jadi ngerti banyak
    enaknya berbagi itu gini ya :-D buat yang nggak ngerti jadi ngerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih Mbak, iyaa Mbak ilmu yang keren dari para senior jadi tambah semangat buat belajarnya.
      Makasih ya Mbak udah mampir

      Hapus
  10. Makasih u share materinya, mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih Mbak Inna, emoga bermanfaat yahh.

      Hapus
  11. iya saya termasuk pengagum story telling, kayak mengikuti aliran cerita. makasi ya sharingnya mba

    BalasHapus
  12. infonya bagus banget mbak, saya juga masih belajar nulis dengan format 5W yang gak akan dilupakan ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benerr rumus 5 W sangat bermanfaat.. Terima kasih sudah mampir di blog Aku.

      Hapus

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.