Seni Bela Diri untuk Cewe-Cewe Keceh Bersama WSDK

18.22 Evi Fadliah 0 Comments

Seni Bela diri saat ini bukanlah hanya mengandalkan pukulan, tendangan dan tangkis saja, apa Benar..? Akhirnya pertanyaan tersebut terjawab dan telah saya buktikan sendiri. Pada kegiatan Ladiesiana, Kompasiana yang bertempat di Mitra Terrace, Jumat 23 Desember 2016. Sebelum sesi latihan bersama dimulai, kita dapat menikmati snack yang telah tersedia di Star Dim Sum, sambil menikmati indahnya lingkungan dan bangunan di sekitar Mitra Terrace. Suasana hari itu sangat bersahabat, cerah dan angin sepoi-sepoi.  Jadi menimbulkan semangat yang luar biasa untuk latihan Bela Diri.

Snack yang di sediakan untuk para Ladiesiana sebelum latihan Bela Diri
 Sebelumnya Mas Eko Hendrawan, Coach Women Self  Defense Of  Kopo Ryu ( WSDK ), menjelaskan tentang seni bela diri yang ada di WSDK. Dalam WSDK sendiri, ada 4 P yang harus kita ketahui, yaitu :

1. Pray
Yaitu kekuatan dari Doa, akan lebih baik sebelum melakukan kegiatan atau aktivitas apapun kita selalu minta perlindungan kepada Allah SWT, sebagai sebaik-baiknya pelindung.
2  Prediksi
Yaitu bagaimana kemampuan kita dalam membaca situasi sekitar.
Misalnya pada saat Kita naik kendaraan umum, sebelum Kita mengeluarkan gadget, alangkah baiknya Kita melihat keadaan sekitar, sehingga kita tidak menunjukan aktivitas yang menarik perhatian orang jahat.
3.  Preventif
Yaitu melakukan Persiapan, ketika Kita sudah membaca situasi sekitar, langkah selanjutnya adalah kita mengeluarkan benda apapun yang ada di dalam tas Kita. Misalnya : Lipstik, bedak, parfum, kartu ATM, tongsis bahkan Tisu pun yang sebelumnya tak pernah terpikirkan ternyata bisa loh menjadi senjata Kita. Semua benda itu bisa Kita gunakan dengan cara mengepal benda tersebut, karena dengan mengepal sesuatu maka akan memberikan kekuatan 3 x lipat. 
4.    4.  Proteksi
Yaitu setelah kita melakukan 3 konsep tersebut diatas yang paling penting adalah kita mau berlatih,  berlatih dan berlatih agar kita memiliki kepercayan diri dan tetap bersikap tenang.

Mas Eko Hendrawan Coach Women Self  Defense Of Kopo Ryu ( WSDK )  
Dalam kesempatan kali ini Mas Eko Hendrawan, menjelaskan 4 konsep tersebut dibumbui dengan gerakan dan candaan, sehingga kita tidak dibuat tegang dan kaku. Meskipun kita sedang mengikuti latihan seni bela diri yang pesertanya ladiesiana, suasananya sangat menyenangkan dan ceria, jadi Ilmu yang diberikan dapat dipraktekan dengan baik. Pada jaman sekarang kita sebagai wanita harus mempunyai Kemampuan/Keberanian untuk melakukan perlawanan atas kejahatan atau pelecehan seksual yang ada di sekitar kita.

Seni Bela Diri yang ada di WSDK ini, semua teknik yang diajarkan sangat sederhana namun sangat mematikan. Karena teknik yang diajarkan semuanya menyerang titik lemah musuh. Jadi meskipun musuh kita memiliki tubuh dan tenaga yang kuat, namun dengan teknik yang diajarkan di WSDK ini benar-benar dapat mematikan gerakan musuh. Selain itu kita juga harus selalu mensugesti kepada diri Kita sendiri bahwa “ Lembut Bukan Berarti Lemah, di Dalam Kelembutan Tersimpan Kekuatan. Saya Yakin, Saya Kuat, Saya Tangguh dan Saya Percaya Diri.”

Salah satu Teknik yang diajarkan oleh Mas Eko menggunakan Tongsis
Salah satu teknik yang diajarkan pada kesempatan itu adalah, apabila tangan Kita ditarik oleh musuh maka yang kita lakukan adalah jangan melakukan perlawanan dengan melakukan tarik menarik,  kuncinya kita ikuti saja tetapi dengan tetap menyiapkan serangan. Kita bisa menggunakan teknik bercermin dan menggaruk punggung. Tadinya saya sempat meragukan hal tersebut bagaimana Kita bisa melepaskan cengkraman tangan Kita dari musuh apabila yang Kita hadapi memiliki postur dan tenaga yang lebih kuat. 

Tetapi hal itu terpatahkan sudah, jika Kita menggunakan teknik yang telah diajarkan dengan benar maka Kita dapat melepaskan cengkraman tangan Kita dari musuh dengan mudah. Selain itu ada juga Teknik Lope dan Teknik Menunjuk Satu Bintang.. Heheheheh.. Namanya kocak yahh, tapi teknik itu semua sangat mematikan musuh loch. Nama Teknik sengaja dengan nama sebutan yang unik agar mudah diingat oleh para Ladies.

DalamTeknik bela Diri di WSDK ini, sangat cocok buat Kita para wanita, terlebih lagi buat Saya sebagai seorang Ibu karena teknik yang digunakan tidak harus memukul, menendang atau menangkis. Tapi dengan teknik yang sederhana dan Kita harus mengetahui bagian vital yang harus di serang, maka Kita dapat mengalahkan musuh dengan mudah. Meskipun sesi latihan sangat singkat tapi semua teknik yang diajarkan sangat bermanfaat untuk para peserta dan pastinya bisa kita terapkan dalam melawan kejahatan

Karena kejahatan dapat terjadi dimana saja, kapan saja dan bisa terjadi sama siapa saja, sehingga kita harus terus waspada dan pandai menjaga diri. Paling tidak kita dapat meminalisir kejahatan dengan tidak bersikap yang memancing para penjahat diluar sana. Kita juga harus membekali dengan Ilmu bela diri dan teknik yang diterapkan oleh WSDK ini sangat cocok buat Kita para Ladies.

Para Pemenang Live IG dan Peserta yang paling aktif selama Latihan
Pada hari itu semua peserta sangat Happy berlatih bersama Mas Eko Hendrawan sang Coach dari WSDK. Diharapkan apa yang sudah Kita dapat harus di asah terus di rumah, agar teknik- teknik yang sudah diajarkan dapat kita ajarkan pula kepada saudara, dan teman-teman wanita diluar sana. Pesan dari WSDK for all ladies yaitu : Keep Spirit, Be Strong, Be Tough, Be Confident... Selalu Keren dan Tetap Semangat Bersama Tim Ladiesiana.


0 komentar:

Terima kasih sudah mampir di Blog saya, dan memberikan coment mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.